Bab Materi Biologi SMA Kelas 10 Semester Genap

Materi Biologi kelas X Semester Genap terdiri dari beberapa bab materi, dimana jumlahnya lebih sedikit dibandingkan pada semester 1. Materi bab yang akan dibagikan pada postingan ini yaitu berdasarkan KI dan KD pada kondisi normal (bukan kondisi darurat Covid-19).

Bab Materi Biologi SMA Kelas 10 Semester Genap

Baiklah, tanpa basa-basi lagi berikut adalah materi bab biologi kelas X semester genap. 

Bab Kingdom Plantae

Bab Kingdom Animalia

Bab Ekosistem

Bab Perubahan Lingkungan Hidup

Jumlah bab dalam semester genap memang lebih sedikit dibandingkan dengan pada materi semester ganjil. Adapun gambaran materinya kurang lebih seperti berikut ini. 

Bab Kingdom Plantae

Materi pokok yang dibahas meliputi:

a. Ciri kingdom plantae yang membedakan dengan kingdom lainnya. Plantae merupakan tumbuhan, berarti bab ini membahas dunia tumbuhan. 

b. Pengelompokkan plantae. 

Berdasarkan ada tidaknya pembuluh, plantae dibedakan menjadi tumbuhan yang tidak berpembuluh dan tumbuhan yang berpembuluh. Tumbuhan tidak berpembuluh contohnya yaitu lumut (bryophyta), sedangkan tumbuhan berpembuluh adalah tumbuhan paku dan tumbuhan biji (spermatophyta). 

Lumut (bryophyta) 

Pada bab ini, kita akan mempelajari bagaimana ciri-ciri lumut, pengelompokkan lumut, metagenesis atau pergiliran keturunan, hingga cintoh dan manfaatnya dalam kehidupan. Pada materi lumut, biasanya pembelajaran melalui pengamatan lingkungan sekitar, sebab tumbuhan lumut banyak dijumpai di lingkungan sekitar. 

Tumbuhan Paku

Tumbuhan paku dipisahkan dari lumut, salah satunya yaitu karena paku memiliki pembuluh (xilem dan floem). Tumbuhan paku lebih maju daripada lumut (tumbuhan talus). Ciri-ciri lumut, pengelompokkan, hingga manfaat paku dalam kehidupan dibahas dalam materi ini. Sama halnya dengan lumut, tumbuhan paku juga dapat diamati di lingkungan sekitar. 

Tumbuhan biji (spermatophyta) 

Tumbuhan biji dikelompokkan bersama dengan tumbuhan paku karena keduanya memiliki pembuluh. Namun dalam hal perkembangbiakkan, tumbuhan biji menggunakan / menghasilkan biji. Berbeda dengan paku yang menggunakan spora. Dalam pembahasannya, biasanya difokuskan kedalam klasifikasi tumbuhan biji yang meliputi Angiospermae (tumbuhan biji tertutup), dan Gymnospermae (tumbuhan biji terbuka). 

Bab Kingdom Animalia

Pada materi kingdom animalia, seperti halnya plantae memiliki pembahasan yang sangat luas mulai dari ciri-ciri kingdom animalia, klasifikasi, hingga manfaat atau peranannya dalam kehidupan. Pembahasan biasanya fokus pada kelompok hewan invertebrta dan vertebrata. Dalam soal US, yang sering keluar muncul yaitu dari ciri kedua kelompok ini. 

Bab Ekosistem

Konsep ekosistem juga sangat luas pembahasannya muli dari komponen ekosistem, contoh ekosistem, bioma hingga aliran energi. 

Bab Perubahan Lingkungan Hidup

Bab ini akan membahas bagaimana peristiwa pencemaran yang terjadi dapat merusak lingkungan serta mengancam makhluk hidup. Pembahasan di awal biasanya mengenai pengertian pencemaran, jenis pencemaran dan penanggulangannya. 

Nah, itulah gambaran singkat mengenai materi yang akan dibahas pada semester grnap ini. Semoga bermanfaat, selamat belajar.


Post a Comment for "Bab Materi Biologi SMA Kelas 10 Semester Genap"