Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Manfaat Jahe untuk Kesehatan
Allah SWT berfirman dalam Qur’an Surat Al-insan : 17
Yang artinya : “Di dalam surga itu mereka diberi minuman segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe,” (QS Al-insan : 17).

Jahe adalah rempah yang digunakan bagian rimpangnya. Nama latinya adalah Zingiberis officinale. Selain dibuat bumbu, jahe digunakan untuk minuman dan bahan baku obat herbal.
Jahe dengan sifat panasnya mampu menjadikan makanan yang berat, lembap, berlendir, dan dingin menjadi darah. Selain itu, bisa membongkar penyumbatan seperti uap yang tertahan di usus penyebab kolik. Karena itu jahe cocok dijadikan bumbu untuk daging sapi atau diminum setelah mengkonsumsi daging tersebut.

Biasanya jahe diparut dan diambil airnya untuk dicampurkan dengan masakan dan obat tradisional. Jahe yang diparut serat serabutnya dapat mengotori hidangan, tetapi rasanya lebih terasa. Sebaliknya, jika digunakan air jahenya saja, rasanya kurang pedas dan kurang harum, karena minyak atsiri pada jahe mudah menguap.

Apabila ingin digunakan sebagai bahan obat tradisional, pilihlah jahe yang banyak mengandung minyak atsiri. Jahe yang tua dan segar banyak mengandung serat tersebut, tidak banyak mengandung air dan banyak mengandung minyak atsiri. Semakin tua jahe semakin banyak kandungan minyak atsirinya.

Jahe Herbal Andalan Flu

Jahe telah lama dikenal ampuh untuk atasi flu. Bahkan kini diketahui manfaat jahe untuk flu dikarenakan aktivitasnya sebagai immunomodulator (meningkatakan sistem imun). Selain itu senyawa kimia yang terkandung dalam jahe dapat meningkatkan suhu tubuh.

Rimpang jahe kaya akan minyak atsiri sehingga membuatnya  beraroma harum semerbak. Minyak atsiri yang terkandung dalam jahe berkisar antara 0,2-0,3 %, kandungan utama adalah sitral a dan sitral b, serta seskuiterpen yang utamanya beta seskuifelandren, beta bisabolen, ar-kurkumen dan alfa-singiberen. Adapun rasa pedas berasal dari gingerol, shogaol dan turunan keton fenolat.

Begitu banyak manfaat jahe diantaranya bisa dibuat dalam beberapa resep untuk atasi flu:

Resep I
Ambil satu bagian rimpang jahe yang telah dipanggang dan dikupas, satu bagian kayu manis, dua bagian sereh atau jika tidak ada bisa digantikan akar manis, tumbuk hingga berbentuk pasta, satu sendok pasta ini kemudian di seduh dengan satu cangkir air panas selama 10 menit lalu di saring. Tambahakan madu sebagai pemanis secukupnya lalu minum tiga kali dalam sehari.

Resep II
Cara lain memanfaatkan jahe adalah dengan membuatnya menjadi teh. Ambil dua bagian jahe yang telah dipanggang lalu dikupas kulitnya, tiga bagian kayu manis, satu jumput kapulaga, tumbuk hingga menjadi pasta. Seduh dengan satu cangkir air panas selama 10 menit, tutup sampai diangkat. Tambahkan madu lalu setelah hangat minum ramuan ini.


Resep III
Masukan satu sendok makan bubuk jahe, bubuk adas, dan kayu manis, serta sejumput bubuk cengkeh ke dalam satu cangkir air panas. Biarkan ramuan terseduh selama 10 menit sambil ditutup kemudian saring sebelum diminum. Minumlah teh rempah tersebut sebanyak yang dibutuhkan.

Inhalasi jahe
Terkadang flu disertai hidung tersumbat atau pilek. Keluhan ini dapat diatasi dengan menggunakan ramuan inhalasi sebagai berikut:

Masukan tiga-empat tetes minyak cengkeh, jahe atau minyak kayu putih ke dalam air lalu rebuslah. Matikan kompor setelah mendidih kemudian letakan kepala anda diatas wajan dan tutup belakang kepala dengan handuk agar uap dapat dihirup optimal. Selain itu anda juga dapat menggunakan satu sendok bubuk jahe kering, kemudian uapnya dihirup sebagai terapi inhalasi.

Cara lain untuk meredakan hidung berlendir (ingus) adalah dengan menggosokan pasta yang terbuat dari jahe secukupnya dan air panas ke kulit dekat sinus-samping kiri dan kanan-hidung. Pasta ini juga dapat mengurangi sakit kepala saat flu yakni dengan menggosokan pasta ke dahi anda.

Mengobati tidak selalu dengan zat kimia yang tentunya banyak sekali efek sampinya, begitu banyak tanaman obat tradisional yang ada di sekeliling perumahan kita, maka dari itu manfaatkanlah yang ada. Sekian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi yang membaca. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.


0 Response to "Manfaat Jahe untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel