Soal dan Pembahasan UN Materi Mutasi

banksoalbiologi.com - Berikut adalah contoh soal UN Biologi materi tentang Mutasi. Dibahas per butir soal agar lebih mudah untuk dipahami. Selamat belajar semoga membantu. 

1. Perhatikan gambar kromosom berikut!
soal un biologi tentang mutasi

Peristiwa mutasi pada gambar tersebut adalah ...
A. inverse
B. delesi
C. duplikasi
D. translokasi
E. katenasi

Jawab : D
Pembahasan :
Translokasi merupakan peristiwa pindahnya potongan sebuah kromosom ke potongan kromosom lain yang bukan homolognya sehingga terbentuk kromosom baru. Pada kromosom di atas, kromosom ABCDEFG terpotong menjadi AB dan CDEFG terpotong, sedangkan kromosom HIJKLMNO terpotong menjadi HIJK dan LMNO. Kromosom tersebut saling berpindah sehingga terbentuk kromosom baru yaitu ABLMNO dan HIJKDEFG.

2. Berikut yang bukan pernyataan tentang mutasi gen adalah ...
A. perubahan kodon dalam dna gen dapat mengakibatkan mutasi pada protein
B. mutasi gen tidak selalu terdeteksi dikarenakan sifatnya resesif.
C. mutasi gen adalah sumber penting untuk menghasilkan varian genetik baru
D. mutasi gen adalah perubahan yang terjadi pada susunan basa nitrogrn molekul DNA.
E. mutasi gen yaitu perubahan yang terjadi pada susunan basa nitrogen molekul RNA.
Jawab : E
Pembahasan :
Mutasi gen merupakan perubahan yang terjadi pada susunan basa nitrogen molekul DNA. Perubahan susunan basa nitrogrn akan menyebabkan perubahan kodon yang dihasilkan sehingga berpengaruh pada perubahan asam amino yang dihasilkan.

3. Jika duplikasi kromosom X pada anak laki-laki menghasilkan XXY yang muncul sekali dalam 200 kelahiran hidup. Orang dengan kelainan ini menderita sindrom ...
A. Klinefelter
B. Patau
C. Down
D. Edwards
E. Turner 

Jawab : A
Pembahasan :
Berdasarkan letaknya, mutasi pada manusia dibedakan menjadi mutasi somatik (mutasi pada sel kromosom tubuh) dan mutasi germinal (mutasi pada sel kromosom kelamin). Duplikasi kromosom X pada anak laki-laki menghasilkan XXY yang muncul sekali dalam 200 kelahiran hidup. Orang dengan kelainan ini menderita sindrom Klinefelter.
(1) Sindrom Patau
Kelainan ini disebabkan karena adanya trisomi pada autosom nomor 13 sehingga penderita mempunyai rumus kromosom 22AA + XX + 13 atau 22AA + XY + 13.
(2) Sindrom Down
Kelainan yang disebabkan karena adanya trisomi pada autosom nomor 21 sehingga penderita memiliki rumus kromosom 22AA+XX+21 atau 22AA+XY+21.
(3) Sindrom Edward
Kelainan ini disebabkan karena adanya trisomi pada autosom nomor 18 sehingga penderitanya memiliki rumus kromosom 22AA+XX+18 atau 22AA+XY+18.
(4) Sindrom Turner
Kelainan ini disebabkan karena adanya mutasi pada gonosom sehingga rumus kromosom penderitanya adalah 22AA+X0.

4. Jika terdapat pengurangan jumlah kromosom menjadi 45 (44A+X0), penderitanya akan mengalami ...
A. sindrom Down
B. sindrom Turner
C. sindrom Patau
D. sindrom Klinefelter
E. sindrom Edwards 

Jawab : B
Pembahasan :
Mutasi kromosom dapat berupa penambahan maupun pengurangan jumlah kromosom. Jika terdapat pengurangan jumlah kromosom menjadi 45 (44A+X0), penderitanya akan mengalami sindrom Turner.

5. Perubahan pada makhluk hidup yang terjadi karena peristiwa trisomi pada kromosom nomor 21 sehingga susunan kromosomnya menjadi 45A+XY atau 45A+XX adalah ...
A. sindrom Down
B. sindrom Turner
C. sindrom phildelphia
D. penyakit blue baby
E. sindrom Klinefelter 

Jawab : A
Pembahasan :
Peristiwa trisomi merupakan peristiwa penambahan attau kromosom. Pada peristiwa trisomi kromosom 21 menyebabkan perubahan kromosom menjadi 45A+XY atau 45A+XX, peristiwa ini menyebabkan sindrom Down.

6. Bagan berikut menunjukkan tipe kromosom I menjadi II.
soal un biologi tentang mutasi dan pembahasan
Peristiwa yang menyebabkan perubahan kromosom tersebut adalah ...
A. delesi
B. aberasi
C. inversi
D. translokasi
E. katenasi 

Jawab : A
Pembahasan :
Delesi merupakan peristiwa hilangnya sebagian gen pada kromosom karena patah. Pada kromosom di atas, kromosom ABCKLM mengalami delesi dengan kehilangan gen M sehingga terbentuk kromosom ABCKL.

7. Kandungan di dalam suatu produk makanan kaleng terdiri atas daging sapi, terigu, protein, garam, gula, bumbu, MSG, tokoferol, glycikol, dan natrium nitrit. Dari zat-zat tersebut yang berpotensi sebagai mutagen yaitu ...
A. protein, garam, dan terigu
B. garam, gulam bumbu
C. MSG, tokoferol, dan bumbu
D. MSG, garam, dan bumbu
E. MSG, glycikol, dan natrium 

Jawab : E
Pembahasan :
Mutagen atau zat yang dapat menyebabkan mutasi dapat berasal dari alam atau zat kimia. Mutagen kimia dapat dijumpai pada makanan. Suatu makanan kaleng memiliki kandungan yang terdiri atas daging sapi, terigu, protein, garam, gula, bumbu, MSG, tokoferol, glycikol, dan natrium nitrit. Dari senyawa-senyawa yang terkandung dalam makanan kaleng yang berpotensi sebagai mutagen adalah MSG, glycikol, dan natrium nitrit.

8. Perhatikan diagram susunan basa berikut!
AAA ATG CTT CTC CAA > DNA asal
AAA ATG CTC CTC CAA > DNA mutasi
Mutasi diatas termasuk ...
A. transversi
B. transisi
C. inversi
D. delesi
E. duplikasi 

Jawab : B
Pembahasan :
Diagram tersebut menunjukkan adanya substitusi atau penggantian basa nitrogen dari CTT menjadi CTC. Penggantian basa tersebut terjadi dari basa nitrogen yang sama, yaitu pirimidin (T) digantikan dengan pirimidin (C). Penggantian basa nitrogen dari satu pirimidin oleh pirimidin yang lain atau satu purin oleh purin yang lain disebut transisi. Sementara itu, apabila penggantian suatu purin oleh pirimidin atau suatu pirimidin oleh purin disebut dengan transversi.

9. Seorang laki-laki memiliki karakteristik testis menyusut, tumbuh payudara, suara mirip wanita, mental terbelakang, kariotipe kromosom (47, Xxy). Berdasarkan ciri-ciri tersebut, kemungkinan laki-laki tersebut mengalami sindrom ...
A. Cry du cat, trisomi autosom
B. Patau, trisomi gonosom
C. Down, trisomi gonosom
D. Klinefelter, trisomi gonosom
E. Turner, monosomi gonosom 

Jawab : D
Pembahasan :
Mutasi dapat menyebabkan terjadinya kelainan pada individu. Jika terdapat seorang laki-laki yang memiliki karakteristik testis menyusut, tumbuh payudara, suara mirip wanita, mental terbelakang, kariotipe kromosom (47, XXY) kemungkinan laki-laki tersebut mengalami sindrom Klinefelter yang disebabkan karena adanya trisomi pada gonosom (sel kelamin) akibat adanya peristiwa gagal berpisah.

10. Berikut ini adalah ciri-ciri mutan:
(1) Jumlah kromosom 47
(2) Ovarium menyusut
(3) Keterbelakangan mental
(4) Testis kecil
(5) Anti sosial
Penderita sindrom klinefelter memiliki ciri ...
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 4, dan 5
C. 2, 3, dan 5
D. 3, 4, dan 5
E. 4, 3, dan 1 

Jawab : E
Pembahasan :
Lihat pembahasan soal nomor 9.

Post a Comment for "Soal dan Pembahasan UN Materi Mutasi"