Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Soal UP PPG Biologi Beserta Pembahasannya Berdasarkan Kisi-kisi dari Kemendikbud [Part 3]

Bismillah, Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Halo sahabat guru Biologi yang saat ini tengah menunggu untuk melaksanakan Uji Pengetahuan (UP) PPG. UP ini merupakan ujian yang wajib dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa PPG sebagai gerbang terakhir kelulusan. Dan apa artinya jika sudah lulus UP ini? Ya benar, Anda dinobatkan sebagai Guru Profesional 😀 Dan semoga tahun ini adalah rezekinya ya, Aamiin YRA 😊

Berdasarkan dari pengalaman-pengalaman sebelumnya bahwa UP ini menjadi momok yang sangat mengerikan. Bagaimana tidak, tak sedikit mahasiswa yang kurang beruntung. Dan tentunya harus mengulang pada ujian berikutnya. 

Baiklah, dalam kesempatan ini mari kita belajar bersama untuk menghadapi ujian ini dengan baik. Mari kita berikhtiar, Insyaalloh diberikan jalan terbaik. Berikut ini adalah contoh soal yang kemungkinan muncul pada ujian nanti. Soal yang dibahas disini disesuaikan dengan kisi-kisi yang dikeluarkan oleh kemendikbud. Jadi nggak ngarang-ngarang amat 😅 Bagi rekan-rekan yang belum mengunduh kisi-kisinya, silakan unduh di disini

Yuk kita mulai pembahasan soalnya.

Materi/Topik : Struktur dan Fungsi pada Hewan dan Tumbuhan

Sub Materi/Sub Topik: Struktur dan Fungsi pada Hewan atau Manusia

Indikator:

Diberikan gambar struktur otak, peserta dapat menentukan bagian mana yang mengalami kerusakan jika ditentukan gangguan yang terjadi (misalnya gangguan pendengaran, penglihatan, keseimbangan, dsb.

Pembahasan:

Dari gambar soal, sangat jelas bahwa bagian X itu merupakan oksipital yang memiliki peran utama dalam mengatur penglihatan. Sehingga jika bagian ini rusak maka akan mengakibatkan terjadinya gangguan penglihatan.

 

Catatan: 

Dalam soal ujian kemarin (angkatan 1), memang muncul lagi gambar otak (sesuai dengan kisi-kisi dari kemendikbud). Hanya saja, tidak menanyakan soal sesimpel ini. Jadi tipsnya: Temen-temen pelajari saja dimana letak kelenjar pituitari, talamus, hipotalamus, dan bagian lain (intinya tidak menanyakan fungsi bagian lobus otak, karena mungkin terlalu mudah). Jangan lupa pahami berserta fungsinya.

3 comments for "Soal UP PPG Biologi Beserta Pembahasannya Berdasarkan Kisi-kisi dari Kemendikbud [Part 3]"

  1. terimakasih min, sungguh sangat membantu...ditunggu soal yg lain, khususnya gambar otak dan gambar yg lainnya...

    ReplyDelete
  2. terimakasih ka...ditunggu kisi-kisi yg lainnya yah..

    ReplyDelete