Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tata Cara Pemberian Nama Ilmiah Biologi pada Hewan dan Tumbuhan

Tata cara pemberian nama pada makhluk hidup diawali oleh Carolus Linnaeus dengan sistem tata nama ganda (binomial nomenclature). Carolus Linnaeus dikenal sebagai Bapak Taksonomi. Ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi dalam menulis nama jenis adalah sebagai berikut:

Tata Cara Pemberian Nama Ilmiah Biologi pada Hewan dan Tumbuhan

1. Nama ilmiah suatu makhluk hidup terdiri dari dua kata, kata pertama menunjukkan marga (genus), sedangkan kata kedua menunjukkan penunjuk jenis (spesies). Huruf pertama dari marga ditulis dengan kapital sedangkan untuk nama spesies ditulis kecil semua. Contoh: Zea mays.

2. Jika nama jenis ditulis dengan tangan, harus diberi garis bawah terpisah dari kedua nama tersebut. Namun, jika diketik harus memakai huruf miring. Contoh: Zea mays jika ditulis tangan, dan Zea mays jika diketik.

3. Apabila penunjuk jenis lebih dari dua kata, kedua kata terakhir tersebut harus dirangkaikan dengan tanda penghubung. Contoh: Hibiscus rosa sinensis menjadi Hibiscus rosa-sinensis.

4. Apabila nama jenis itu diberikan untuk mengenang jasa orang yang menemukannya maka nama penemu dapat dicantumkan pada kata kedua dengan menambahkan huruf (i) di belakangnya. Contohnya, tanaman pinus yang ditemukan oleh Merkus, maka nama tanaman itu Pinus merkusii. Adapun spesies yang ditemukan oleh Linnaeus maka di belakang bisa diberi tanda (L.)

5. Nama suku (famili) biasanya diambil dari nama makhluk hidup yang bersangkutan dengan ketentuan tumbuhan ditambahkan akhiran aceae, sedangkan untuk hewan ditambah akhiran idea.
Contoh: Soalnum + aceae รจ Solanaceae, Felis + idea --> Felidae.
Berikut contoh tata nama takson dalam tingkatan klasifikasi tumbuhan dan hewan.

Tumbuhan Hewan 
Kingdom : Plantae 
Kingdom : Animalia 
Divisi : Spermatophyta 
Filum : Chordata 
Subdivisi : Angiospermae 
Subfilum : Vertebrata 
Kelas : Dicotyledoneae 
Kelas : Mamalia 
Ordo : Solanales 
Ordo : Carnivora 
Famili : Solanaceae 
Famili : Felidae 
Genus : Solanum 
Genus : Felis 
Species: Felis domestica (kucing) 
Species: Solanum tuberosum (kentang) 

Post a Comment for "Tata Cara Pemberian Nama Ilmiah Biologi pada Hewan dan Tumbuhan"