Simbol-simbol Bahan Kimia di Laboratorium

Salah satu faktor terjadinya kecelakaan kerja di laboratorium yaitu penanganan bahan kimia yang tidak sesuai. Penyimpanan bahan kimia harus mempertimbangkan kualifikasi dan sifat bahan. Bahan kimia tidak harus disimpan sesuai dengan urutan abjad, namun penggunaan dengan abjad akan memudahkan mengelompokkannya. Penyimpanan bahan cair dan padat harus terpisah dan harus disesuaikan dengan sifatnya. Bahan cair yang telah diencerkan dan bahan padat yang telah dibuat dalam larutan harus disimpan dalam wadah yang sesuai dan diberi label. Label bahan kimia minimal menyertakan nama, konsentrasi, dan tanggal pembuatan. Bahan kimia yang tidak memiliki label harus disingkirkan dan tidak diperbolehkan untuk digunakan, jika perlu ditelusur identitasnya.

Beberapa jenis zat kimia serta peralatannya digunakan di laboratorium IPA. Dengan demikian, kita harus mengetahui sifat-sifat dari semua bahan-bahan kimia yang terdapat di laboratorium. Adapun sifat dari bahan-bahan kimia antara lain beracun, korosif atau mudah terbakar. Oleh karena itu, bahan-bahan ini disimpan dan dikemas dalam botol atau wadah yang diberi dan simbol tertentu. Beberapa simbol dan cara penanganannya dapat dilihat pada tabel berikut.


Simbol Sifat Contoh Cara penanganan 
Radioaktif Karbon-14, uranium, dan plutonium 
Kalau tidak perlu jangan menggunakan bahan ini, karena bahan ini memancarkan sinar-sinar radioaktif yang dapat merusak atau mematikan sel-sel tubuh. 
Beracun Mercuri, sianida, gas klorin, dan karbon tetraklorida 
a.Jika bersentuhan, basuh dengan sabun dan alirkan air di atasnya. 
b.Jika terhirup atau tertelan, segera muntahkan. 
c.Konsumsi susu setelah experimen dengan bahan-bahan ini. 
Mudah terbakar 
Alkohol, natrium, fosforus, dan minyak tanah 
Sediakan lap basah jika terjadi kebakaran oleh minyak atau alkohol, gunakan tabung pemadam kebaran untuk memadamkan api. 
Berbahaya, berbau tajam, dan menyengat 
Uap bromin, amonida, dan asam sulfat. 
Pada saat menggunakan bahan ini tutuplah hidung dan mulut dengan masker dan lakukan di dalam lemari. Muntahkan jika tercium bahan ini dan segera hubungi guru pembimbing. 
Mudah meledak 
Campuran hidrogen dan oksigen, dan kalium 
Disimpan dalam minyak parafin dan jangan disimpan di dalam laboratorium yang lembap. 

Post a Comment for "Simbol-simbol Bahan Kimia di Laboratorium"