7 Faktor Penyebab Penyakit Tumor atau Kanker

7 Faktor Penyebab Penyakit Tumor atau Kanker
Tumor adalah benjolan atau pembengkakan akibat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tumbuh tidak terkontrol, berdasarkan pertumbuhannya, tumor dapat dibedakan dua jenis, yaitu tumor ganas (malignant tumor) dan tumor jinak (benign tumor). Tumor yang bersifat ganas disebut kanker. Kanker ditandai dengan pembelahan sel yang tidak terkendali dan kemampuan sel-sel tersebut untuk menyerang jaringan lain, baik dengan pertumbuhan langsung pada jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastasis). Pertumbuhan sel yang tidak terkendali tersebut disebabakan oleh mutasi DNA atau gen yang mengontrol pembelahan sel. Ketika seseorang bertambah usia, akan bertambah pula akumulasi mutasi pada DNA orang tersebut.  Hal tersebut berarti resiko menderita tumor semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Tumor jinak dapat berubah menjadi ganas (mengalami progesi), contohnya tumor jinak payudara jika dibiarkan bertahun-tahun ada yang berubah menjadi ganas. 

Faktor Penyebab Tumor/Kanker
Penyebab kanker biasanya tidak dapat diketahui secara pasti karena penyebab kanker bisa saja merupakan gabungan dari sekumpulan faktor genetik dan lingkungan. Beberapa faktor yang diduga meningkatkan resiko terjdinya kanker adalah sebagai berikut. 

a. Faktor keturunan (genetik)
Jenis kanker yang cenderung diturunkan dalam keluarga, antara lain: kanker payudara, kanker indung telur, kanker kulit, dan kanker usus besar. Sebagai contoh, resiko seorang wanita terkena kanker akan meningkat 1,5 hingga 3 kali jika ibunya atau saudara perempuannya menderita kanker payudara. 

b. Faktor lingkungan
Lingkungan berpengaruh cukup besar bagi penyebab timbulnya kanker. Perokok aktif atau perokok pasif berisiko besar terkena kanker paru-paru, mulut, laring (pita suara), dan kandung kemih. Sinar ultraviolet dari matahari, radiasi dari sinar rontgen, radiasi  dari pembangkit listrik tenaga nuklir, dan radiasi dari ledakan bom atom bersifat karsinogenik (menyebabkan mutasi pada DNA). Contohnya, orang  yang selamat dari bom atom di Hirosima dan Nagasaki pada Perng Dunia II beresiko tinggi menderita kanker sel darah, seperti leukemia. 

c. Faktor makanan yang mengandung bahan kimia 
Contohnya, makanan yang diolah dengan pengasapan, diasamkan, minuman yang mengandung alkohol, zat kimia pewarna makanan, logam berat, seperti merkuri yang sering terdapat pada bahan makanan laut yang tercemar (ikan, kerang, dan udang), dan makanan manis yang diproses secara berlebihan. 

d. Virus
Virus yang dicurigai dapat menyebabkan kanker antara lain sebagai berikut. 
Virus Papiloma yang menyebabkan kutil alat kelamin (genitalis) dicurigai merupakan salah satu penyebab kanker leher rahim pada wanita. 
Virus Hepatitis B dapat menyebabkan kanker hati. 
HIV menyebabkan limfoma (kanker limfosit) dan kanker darah lainnya. 
Virus Sitomegalo menyebabkan sarkoma kaposi (kanker sistem pembuluh darah yang ditandai oleh lesi kulit berwarna merah). 

e. Infeksi
Infeksi yang dapat menyebabkan berkembangnya kanker, antara lain sebagai berikut. 
Infeksi cacing Clonorchis sinensis dapat menyebabkan kanker pankreas dan saluran empedu.
Infeksi cacing Schistosoma sp. dapat menyebabkan kanker kandung kemih karena terjadi iritasi menahun pada kandung kemih. 
Bakteri Helicobakter pylori menyebabkan kanker lambung dan diduga menyebabkan cedera serta peradangan lambung kronis sehingga terjadi peningkatan kecepatan siklus sel. 

f. Gangguan keseimbangan hormonal 
Contohnya, ada kecenderungan bahwa kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progesteron menyebabkan meningkatnya resiko kanker paudara, kanker leher rahim, dan kanker rahim. 

g. Faktor kejiwaan dan emosional 
Stres berat dan keadaan  yang menimbulkan gangguan emosional dapat menyebabkan sel menjadi hiperaktif dan racun-racun kimiawi dari makanan dan minuman, udara yang terpolusi, serta radiasi sinar ultraviolet dari matahari. 

0 Response to "7 Faktor Penyebab Penyakit Tumor atau Kanker"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel