Widget HTML Atas

Khasiat Tumbuhan Sirih Bumi Untuk Mengatasi Asam Urat, Antikanker, dan Ambeien atau Hemoroid

Di alam ini, Allah telah titipkan berbagai macam jenis obat untuk mengatasi penyakit dalam sebuah tanaman yang tertancap di bumi. Namun, kehadirannya tak begitu diperhatikan dan bahkan diabaikan. Padahal jika kita amati dan praktikkan, tanaman-tanaman yang hadir di lingkungan kita mengandung zat yang mampu mengobati penyakit. Kehadiran tanaman-tanaman tersebut bukan hanya diabaikan namun dihilangkan alias dibabat habis karena kahadirannya tersebut dianggap hama pengganggu.

Tak tanggung-tanggung, ternyata tanaman yang tumbuh di sekitar kita mampu melawan penyakit kelas berat, misalnya saja penyakit kanker, jantung, diabetes, gagal ginjal, darah tinggi, dsb. Tak disangka, penyakit-sekelas itu bisa disembuhkan hanya dengan tanaman yang ada di lingkungan kita, bahkan tumbuhnya pun tidak disengaja alias muncul begitu saja.

Pada postingan kali ini, Saya akan mengupas tumbuhan kecil Sirih Bumi. Pernahkah mendengar tumbuhan sirih bumi? Kalau di tempat Saya namanya bukan sirih bumi namun sasaladaan (Sunda). Sasaladaan artinya selada-seladaan, dinamakan demikian karena memang mirip seperti tumbuhan selada. Tumbuhan mini yang biasanya tumbuh di tempat yang lembap di halaman rumah ini memiliki manfaat yang luar biasa.

Sirih bumi memiliki nama ilmiah Peperomia pellucida. Peperomia memiliki lebih dari 1.000 spesies. Pusat distribusi sirih bumi yaitu di Amerika Tengah dan Selatan. Di Asia Tenggara sendiri, ditemukan kurang lebih 50 – 90 spesies. Sebenarnya, sebelum tersebar ke berbagai daerah di dunia, tumbuhan ini merupakan tanaman asli Amerika Selatan tetapi dinaturalisasi di daerah tropis di Eropa, Asia, dan Afrika. Hingga kini tumbuhan ini bukan hal yang asing di Asia Tenggara. Seperti yang telah diutarakan sebelumnya, tumbuhan ini mudah ditemui di semak-semak, di pinggiran jalan, atau dekat selokan.

Struktur Tubuh Sirih Bumi

Sirih bumi memiliki batang yang tegak, agak transparan dan berwarna hijau pucat. Tinggi kurang lebih 20-40 cm. Sirih bumi ini memiliki akar adventif pada ruas bawahnya. Daunnya tumbuh berselang-seling semitransparan. Bentuk daunnya bulat telur dengan ujungnya yang meruncing. Panjang daunnya hampir sama dengan lebarnya. Jumlah urat daun kurang lebih 5 – 7. Bunganya tumbuh pada tandan dan menyerupai paku atau taji. Panjang tandannya itu 2 – 6 cm. Buahnya berbentuk bundar menyerupai bola (beri).

Nah, kurang lebih penjelasan perawakan tumbuhan sirih bumi seperti itu. Pasti kebayang kan, dan tentunya ada di halaman rumah. Kalau yang rumahnya di pedesaan jelaslah ada, kaya di daerah Saya hehee.

Supaya tidak terlalu membayangkan bentuk tumbuhannya kaya gimana, di bawah ini adalah potret tumbuhan sirih bumi.
Paperomia pellucida (Sirih Bumi)

Dari foto di atas, jelas kan ya itu adalah tumbuhan mini alias kecil yang tentunya sering dilihat di halaman rumah. Nah, mulai dari sekarang jika melihat ada tambuhan sirih bumi di sekitar rumah maka jangan cepat dibabat abis, janganlah anggap hama lagi ya, hehe.

Kandungan Kimia Tumbuhan Sirih Bumi

Penasaran dengan kandungan kimia yang dimiliki oleh tumbuhan kecil ini? Simak penjelasan berikut ini.

Kandungan kimia yang dimiliki oleh sirih bumi diantaranya yaitu:
Pellucidin A2
Asam linoleat
Asam alpha-linoleat
Secolignan
Tetrahydrofuran lignan
Methoxylated dihydronaphthalenone
Peperomins A, B, C, dan E
Sesamin
Isoswertisin

Nah itulah kandungan kimia dari sirih bumi. Aneh-aneh ya namanya, bahkan sulit untuk bacanya juga. Gapapalah ya yang penting khasiatnya dalam mengobati berbagai penyakit. Ngomong-ngomong masalah khasiatnya, setelah ini Saya paparkan khasiat atau manfaat tumbuhan sirih bumi dalam mengobati berbagai penyakit.

Sirih Bumi Efektif Mengobati Penyakit Asam Urat

Bagi para penderita asam urat mungkin sudah tahu ya bagaimana rasa sakitnya yang menjengkelkan. Penderita asam urat ini selalu mengalami yang namanya pegal. Rasa pegal yang hebat biasanya muncul saat malam hari, yakni saat sedang istirahat.

Biasanya para penderita asam urat ini akan segera mengonsumsi obat penurun rasa nyeri yaitu allopurinol. Nah, daripada mengonsumsi obat seperti itu alangkah baiknya menggunakan tanaman herbal seperti sirih bumi. Selain daripada aman tanpa efek samping, juga hemat biaya dan mudah membuat racikannya.

Berikut adalah langkah-langkah membuat resep dari sirih bumi. Siapkan sirih bumi Peperomia pellucida sebangak 250 gr. Cucilah sirih bumi beserta akarnya sampai benar-benar bersih, tiriskan dan angin-anginkan supaya air yang menempel pada tanaman menghilang. Kemudian sirih bumi yang sudah bersih direbus hingga mendidih dalam air 1,5 liter. Rebus ramuan tersebut hingga tersisa setengahnya. Dinginkan, dan kemudian siap untuk diminum.

Itulah cara membuat resep menggunakan tanaman sirih bumi untuk mengobati asam urat. Mudah kan ya? 😊 Namun tentunya, agar pengobatan ini lebih efektif maka mesti dibarengi dengan menjaga makanan yang dikonsumsi. Bagi Anda yang memiliki penyakit asam urat jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin yang tinggi. Misalnya mengurangi konsumsi daging kambing, jeroan, kacang-kacangan, dsb.

Manfaat Sirih Bumi Selain Mengobati Penyakit Asam Urat

Selain ampuh mengobati penyakit asam urat, sirih bumi pun efektif mengobati berbagai penyakit lain. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sebagai tumbuhan antikanker
Kandungan salah satu secolignan dan peperomin E pada Peperomia pellucida menunjukkan efek penghambatan pada 3 sel kanker. Kandungan secolignan lainnya menunjukkan aktivitas melawan sel HL-60 (human promyelocytic leukimia cells).

2. Sebagai obat hemoroid atau ambeien. Hal ini biasa dilakukan oleh orang-orang di barat daya Nigeria. Para pengobat tradisional di daerah tersebut selalu menggunakan tumbuhan sirih bumi dalam mengobati ambeien.

3. Sebagai obat sakit kepala
Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit kepala yaitu sirih bumi bersama dengan rhizoma jeringau Acorus calamus, daun sirih Piper betle, rhizoma temu putri Kaempferia rotunda, dan cengkih ditambah gula dan garam. Oleskanlah pastanya pada bagian dahi.

4. Efektif mengatasi pilek
Caranya sama seperti dalam mengobati sakit kepala, namun campurannya tersebut dididihkan kemudian uapnya dihirup.

5. Berdasarkan pengalaman yang dilakukan di berbagai negara lain, sirih bumi juga dapat digunakan untuk penutup luka yang teriris dengan cara mengoleskan pasta yang terbuat dari seluruh bagian tumbuhan. Ada juga yang digunakan untuk mengatasi peradangan pada kulit . Bahkan di Karibia digunakan untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan ginjal.

Berdasarkan paparan di atas, jelas bahwa tumbuhan sirih bumi mampu menjadi obat dari berbagai penyakit. Bagi temen-temen yang sedang mengalami penyakit yang disebutkan di atas alangkah baiknya mulai saat ini segera melindungi tumbuhan sirih bumi atau kalau perlu ditanam di pot khusus. Memang jarang yang membudidayakan tumbuhan ini dikarenakan banyak dijumpai di semak-semak dengan tanah yang lembap. Namun tidak menutup kemungkinan jika di daerah tempat temen-temen tinggal tidak seperti yang Saya sebutkan. Misalnya, tempat tinggal temen-temen ada di daerah perkotaan, hal tersebut tentunya harus di budidayakan.

Itulah sedikit penjelasan bagaimana manfaat tumbuhan sirih bumi. Silakan dishare artikel ini, agar orang lain yang sedang mencari info ini dapat terjawab dan merasakan manfaatnya.
 Terimakasih. Tunggu artikel selanjutnya mengenai tumbuhan lainnya.

No comments for "Khasiat Tumbuhan Sirih Bumi Untuk Mengatasi Asam Urat, Antikanker, dan Ambeien atau Hemoroid"