Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jawaban Soal Uraian Biologi Bab 1 Sel, Buku Erlangga Kelas XI

Jawaban Soal Uraian Biologi Bab 1 Sel, Buku Erlangga Kelas XI
Berikut ini adalah jawaban soal uraian Bab 1 Sel di Buku Erlangga Kelas XI. Untuk Soal PG-nya ada di SINI.

Selamat Belajar.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat.

1. Tuliskan contoh peristiwa difusi dan osmosis?

Jawab:
Peristiwa difusi dan osmosis dapat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Pengertian dan contoh difusi osmosis adalah sebagai berikut.

  • Difusi termasuk kedalam transportasi pasif. Difusi merupakan perpindahan suatu zat baik itu partikel, molekul, ion, gas, atau cairan dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi yang rendah. Singkatnya perpindahan zat dari yang pekat ke yang encer. Contoh difusi adalah minyak wangi atau parfum yang dibuka akan menyebar ke seluruh ruangan. 
  • Osmosis adalah perpindahan molekul pelarut (air) dari konsentrasi yang tinggi ke konsentrasi yang rendah melalui selaput selektif permeabel. Singkatnya, osmosis adalah perpindahan dari yang encer ke yang pekat melalui membran. Contoh peristiwa osmosis yaitu air laut yang meskipun memiliki beragam jenis zat terlarut, molekul airnya tetap akan bergerak ke laruta gula yang konsentrasinya sangat tinggi.


2. Mengapa mitokondria dan kloroplas disebut organel semiotonom?

Jawab:
Organel sel yang disebut organel semiotonom yaitu mitokondria dan kloroplas. Alasannya karena organel tersebut memiliki DNA yang dapat mengatur sintesis protein yang dilakukan oleh ribosom di dalam organel tersebut.

3. Jelaskan perbedaan antara leukoplas, kromoplas, dan kloroplas.

Jawab:
Leukoplas, kromoplas, dan kloroplas termasuk kedalam organel plastida. Plastida sendiri berperan dalam penyimpan materi. Plastida diselubungi oleh membran ganda. Plastida hanya terdapat pada sel tumbuhan dan ganggang (alga). Plastida dibedakan menjadi 3 macam, yaitu leukoplas, kromoplas, dan kloroplas.

  • Leukoplas adalah plastida yang memiliki warna putih atau tidak berwarna. Leukoplas misalnya terdapat pada sel-sel akar, biji, dan umbi. Leukoplas ada yang berperan penyimpan amilum (dinamakan amiloplas), penyimpan minyak (elailoplas), dan penyimpan protein (proteoplas).
  • Kromoplas adalah plastida yang mengandung pigmen selain warna hijau atau klorofil. Contoh kromoplas yaitu fikoeritrin (merah), fikosianin (biru), fikosantin (cokelat), atau karoten (kuning). Kromoplas banyak terdapat pada sel bunga dan buah-buahan yang telah masak.
  • Kloroplas merupakan plastida yang mengandung pigmen warna hijau. Kloroplas sudah sering dikenal oleh kita, berfungsi dalam proses fotosintesis.


4. Sebuah percobaan dilakukan dengan memasukkan larutan gula 20% ke dalam kantong usus. Kantong usus yang berisi larutan gula lalu dimasukkan ke dalam gelas beker yang berisi air. Perubahan apa yang terjadi pada larutan gula di dalam usus dan air di dalam gelas beker? Jelaskan jawabanmu. Peristiwa apakah yang terjadi?

Jawab:
Peristiwa yang terjadi pada percobaan tersebut adalah peristiwa osmosis. Kantong usus pada percobaan tersebut diibaratkan adalah membran semi permeabel. Adanya perbedaan konsentrasi larutan didalam kantong usus dan gelas beker maka akan terjadinya pergerakan molekul. Yang akan berpindah atau bergerak yaitu air yang ada di dalam gelas beker ke dalam kantong usus. Air di dalam gelas beker tentunya lebih encer daripada larutan di dalam kantong usus yang memiliki konsentrasi gula 20%. Oleh karena itu, kantong usus akan menggembung.

5. Tuliskan nama struktur membran plasma yang ditunjuk oleh huruf A, B, C, D, dan E.
Jawaban Soal Uraian Biologi Bab 1 Sel, Buku Erlangga Kelas XI

Jawab:
A. Glikoprotein
B. Karbohidrat
C. Glikolipid
D. Protein permukaan
E. Protein transmembran (struktur globular)

***
Terimakasih sudah berkunjung di blog banksoalbiologi. Update terus untuk soal dan pembahasan pada bab-bab berikutnya.

Post a Comment for "Jawaban Soal Uraian Biologi Bab 1 Sel, Buku Erlangga Kelas XI"