Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Belajar dari Deuis Wulan Salah Satu Siswi Terbaik SMA PGRI Naringgul

banksoalbiologi.com - Sukses dalam suatu hal merupakan harapan bagi setiap orang. Terlebih sukses dalam setiap bidang. Menjadi sukses tentunya tidaklah mudah, harus ada usaha yang ekstra alias ikhtiar yang benar-benar dilakukan. Sudah bukan hal yang aneh lagi, jika seseorang terus berusaha maka akan meraih yang dinamakan dengan sukses. Hal itu dilakukannya bukan dalam waktu yang sebentar, bahkan ada yang hingga berpuluh-puluh tahun.

Lalu apa itu definisi sukses? 
Menjadi seorang pengusaha yang banyak uang, menjadi pejabat yang banyak merealisasikan programnya, menjadi artis yang banyak tampil di layar kaca, atau seorang penceramah yang telah banyak mengubah seseorang menjadi lebih baik? Apa itu yang dinamakan sukses?

Sukses memiliki arti yang sangat luas. Bahkan setiap orang memiliki pandangan yang berbeda. Sukses tidak dilihat dari seberapa besar atau kecilnya suatu keberhasilan. Saya sendiri mengartikan makna sukses yaitu tercapainya sesuatu yang diinginkan atau diharapkan. Menurut Saya, arti sukses cukuplah simpel. Misalnya saja ada seseorang yang berharap ingin membeli sebuah handphone yang baru, dan jarak dua bulan ia sudah memilikinya. Menurut Saya ia sudah sukses membeli handphone yang diinginkannya. Itu adalah contoh kecil saja.

Bagaimana cara mewujudkan keinginan agar tercapai sehingga dikatakan sukses? Pertanyaan tersebut sebetulnya tidak perlu dibahas, sebab kita tentu sudah tau jawabannya yakni berusaha atau ikhtiar.
Untuk mewujudkan keinginan, kita tidak bisa hanya duduk dan berdiam diri. Perlu tindakan dan strategi dalam mewujudkannya. Terlebih jika kita menargetkan keinginan atau cita-cita yang sangat besar. Karena tidak mudah mewujudkan kesuksesan di masa yang akan datang maka mulailah dari sekarang ini. Bahkan kalau perlu mulailah dari sejak duduk di bangku sekolah. Sebab dari sanalah semuanya berawal.

Bagi adik-adik yang sekarang sedang berada dalam masa sekolah maka jangan pernah sia-siakan sebelum rasa sesal tiba. Gunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya dan jangan pernah merasa bosan dengan belajar.

Menjadi seorang pelajar, tentunya tak bisa dilepaskan dari yang namanya belajar. Sebab, tujuan utama sekolah yaitu menuntut ilmu alias belajar. Padahal, belajar bukan hanya diwajibkan bagi siswa/i namun kepada semua orang baik muda ataupun tua. Ada banyak cara yang digunakan untuk menambah ilmu alias belajar ini, apalagi di zaman seperti sekarang dimana kecanggihan teknologi sudah sangat membantu. Hanya bermodalkan smartphone, maka kita dapat menjelajah dunia hanya dengan mengetikkan apa yang ingin kita ketahui.

Tetapi, walaupun kemajuan teknologi sudah bisa dirasakan di segala bidang, tetap saja ada yang tidak bisa diajarkan lewat teknologi, seperti bagaimana menjadi pribadi yang baik, belajar cara menjadi pemimpin, hingga bersosialisasi yang baik di lingkungan masyarakat.


Mendapatkan ranking 1 di kelas memang penting, tapi itu bukan yang utama. Keberhasilan seorang siswa tidak diukur dari nilai tertulis belaka. Keberhasilan sebenarnya yaitu diukur dari bisa atau tidaknya bersaing dalam kehidupan setelah lulus dari sekolah. Selama kalian menjadi siswa, selain sibuk belajar dalam bidang akademik namun perlu juga menyibukkan diri dalam berorganisasi baik intra maupun ekstra. Sudah banyak contoh, bahwa banyak siswa yang selama sekolahnya sibuk dalam organisasi maka lebih siap menghadapi tantangan kehidupan setelah lulus sekolah. Hal ini juga dialami oleh Deuis, siswi SMA PGRI Naringgul Kab. Cianjur yang baru lulus tahun ini. Dalam tulisan ini, akan diceritakan bagaimana ia menjadi salah satu siswi terbaik di sekolahnya.

Deuis yang biasanya akrab dipanggil Deudeu, lahir pada tanggal 28 Maret 2002 dari pasangan Bapa Dana Kusmana dan Ibu Isum Sumyati. Sejak kecil, orangtua Deudeu selalu mengajarkan arti pentingnya sekolah. Terbukti, selama menjadi pelajar, Deudeu selalu menjadi salah satu siswi terbaik di sekolahnya.

Tips Belajar dari Deuis Wulan Salah Satu Siswi Terbaik SMA PGRI Naringgul

Berkat didikan orangtuanya yang disiplin, ia hampir tak pernah melewatkan meraih peringkat di kelasnya, mulai dari sekolah dasar hingga saat ini. Menjadi peringkat satu atau juara umum sudah menjadi hal yang biasa. Kalaupun sedang turun, paling tidak akan jauh dari 3 besar.
Berbeda dengan kebanyakan teman-temannya, ia menjadikan pelajaran Matematika adalah bidang yang paling ia sukai. Saat yang lain merasa bosan dengan angka-angka, malah ia senang saat mendapatkan konsep tentang aljabar. Tahu sendiri lah aljabar itu kaya gimana, rumit bagi kebanyakan siswa. Melihat angka-angka yang menari ingin rasanya muntah, hihi.

Saat ditanya mengapa suka akan pelajaran Matematika, ia beralasan bahwa karena belajar angka-angka tak perlu banyak membaca. Kalau sudah nempel, lama tuh nempelnya. Maksudnya tidak mudah lupa. Beda dengan pelajaran yang berbau hafalan, sudah nempel cepet pula ilangnyašŸ˜

Uniknya, remaja cantik ini tak hanya jago Matematika alias bidang akademiknya saja, namun tak disangka walau banyak menghabiskan waktu demi mempertahankan peringkatnya di kelas ternyata bidang seni dan olahraga juga ia gemari. Volly adalah olahraga yang menjadi favoritnya. Terbukti, bersama timnya ia selalu membawa nama baiknya menjadi juara 1 di ajang SMA Cup Kec. Naringgul. Di luar sekolah pun ia selalu aktif bertanding bersama anggota masyarakat dalam even-even tertentu. Terakhir, ia bersama timnya berhasil menjadi runner-up pada Kompetisi Volly Ball SMA Swasta se-Kabupaten Cianjur Selatan. Mengembangkan bakat di bidang Volly bukan hal yang mudah, mulai dari patah jari tangan, jari kaki, hingga nyeri pinggang akibat sering jatuh. Tapi ya begitulah yang dinamakan hobi, ia tak pernah merasa kapok.

Selain mengasah kemampuannya dalam bidang olahraga Volly, ia juga aktif di ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Dua tahun yang lalu yakni 2018, ia berkesempatan untuk menjadi anggota Paskibra Kecamatan Naringgul Cianjur dan mengibarkan bendera pada Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

Pun begitu dalam bidang seni, keahlian menari jaipong selalu membawa nama baik sekolahnya menjadi juara 1. Prestasi terbaiknya yaitu juara ke-5 Lomba Jaipong Rampak tingkat Provinsi Jawa Barat. Walau bukan menjadi juara pertama, tapi ini merupakan prestasi yang patut diacungi jempol. Gerakan tangannya saat menari membuat takjub bagi yang melihatnya.

Jiwa kepempinan sudah mulai terlihat sejak masuk SMA. Terbukti saat ia menjadi ketua Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) di sekolahnya. Belajar di organisasi membuat pikirannya banyak memikirkan berbagai hal, namun hasilnya menjadikan ia lebih disiplin dalam manajemen waktu serta yang paling penting mentalnya semakin kuat. Rentan Kisah dan A Cup of Tea adalah buku favoritnya. Ia banyak belajar dari buku tersebut.
Tips Belajar dari Deuis Wulan Salah Satu Siswi Terbaik SMA PGRI Naringgul

Lalu bagaimana cara ia membagi waktu belajar, berorganisasi, olahraga, dan seni yang menjadi bakat alaminya? Sesibuk dan sepadat apapun tak menurunkan kualitas belajarnya di kelas. Berikut adalah tips cara belajar dan membagi waktu dari Deuis Wulan Purnama.

1.Belajar malam lebih menyenangkan
Banyak waktu efektif buat belajar, namun ia lebih memilih waktu malam dibanding pagi atau siang. Ia beranggapan waktu malam lebih leluasa disamping suasananya yang hening.

2. Lebih fokus belajar sendiri dibanding bersama teman
Belajar sendiri lebih ia sukai daripada belajar rame-rame bersama teman. Alasannya karena lebih fokus aja katanya. Namun belajar sendiri bukan berarti menolak mentah-mentah juga saat diajak belajar bersama.

3. Suasana hening saat belajar lebih efektif
Suasana hening membuat otak lebih fresh saat belajar, ia tak suka mendengarkan musik saat belajar. Itulah sebabnya, waktu malam lebih cocok buat baca buku atau mengerjakan tugas sekolah.

4. Menempelkan rumus-rumus penting di dinding kamar
Untuk memperkuat ingatannya, menempelkan sesuatu yang dianggapnya penting itu jauh lebih efektif dibanding dengan hanya sekedar baca. Itu sebabnya, bidang eksak lebih ia sukai daripada sosial.

5. Tidak memaksakan untuk terus belajar
Terus belajar dan berlatih memang baik, tapi jika terus dipaksakan, misalnya sampai larut malam itu tidak dianjurkan karena akan merusak metabolisme tubuh. Durasi belajar tak perlu lama-lama yang penting efektif.

6. Bagi waktu antara belajar dan tugas organisasi
Mencampuradukkan tugas utama belajar dan tugas berorganisasi akan kacau nantinya. Sebaiknya tugas tambahan organisasi di tuntaskan di sekolah alias tidak dibawa ke rumah.

7. Konsultasi ke guru bersangkutan
Dalam belajar tentu akan banyak mendapatkan hambatan. Jika saat di sekolah bisa langsung menanyakannnya kepada guru, tapi bagaimana saat di rumah? Itulah perlunya nomor kontak guru. Saat ada sesuatu yang ingin ditanyakan, bisa menghubunginya.

8. Optimalkan penggunaan internet
Di zaman sekarang ini, tak ada alasan untuk malas dalam belajar. Banyak cara mudah yang bisa membantu, salah satunya dengan kecanggihan internet. Gunakan dengan bijak handphone kalian, cari sesuatu yang dibutuhkan dari internet seperti mengunduh materi pelajaran hingga menonton video pembelajaran agar lebih mudah untuk dipahami.

Itulah cara belajar yang dilakukan oleh Deudeu. Memang ada banyak cara belajar yang efektif, namun tentu setiap orang memiliki perbedaan. Mulai sekarang, kenali cara belajarmu belajar tidak mudah bosan. Bagi yang merasa penasaran atau bahkan ingin mengenal lebih dekat, silakan intip saja Instagramnya deuiswulan8167 atau facebook deuis wulan.
Tips Belajar dari Deuis Wulan Salah Satu Siswi Terbaik SMA PGRI Naringgul
Deuis Wulan Purnama
Terakhir, kita doakan semoga Deudeu yang sedang berjuang melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan jurusan favoritnya masa SMA agar selalu diberikan kelancaran dan dimudahkan rezekinya.
Aamiin ya Robbal’alamiin.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Tips Belajar dari Deuis Wulan Salah Satu Siswi Terbaik SMA PGRI Naringgul"