Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Titik Tumbuh Akar dan Batang Pada Tumbuhan

Setelah biji berkecambah, selanjutnya akan mmembentuk akar, batang, dan daun. Pada bagian ujung akar dan ujung batang, terdapat jaringan yang sel-selnya akif membelah secara mitosis, yang disebut meristem primer. Aktivitas sel-sel jaringan meristm primer menyebabkan pertumbuhan memanjang pada bagian ujung batang maupun ujung akar. Proses pertumbuhan memanjang pada ujung akar dan ujung batang tersebut dinamakan pula pertumbuhan primer. Pertumbuhan memanjang pada batang dapat diukur secara kuantitatif dengan menggunakan alat auksanometer. Tumbuhan  memiliki  dua titik  pertumbuhan primer, yaitu titik tumbuh pada akar dan titik tumbuh pada batang.

a. Titik tumbuh akar

Titik tumbuh akar merupakan bagian jaringan meristem akar yang dilindungi oleh tudung akar (kaliptra).  Tudung akar mengeluarkan lendir polisakarida yang berfungsi untuk melumasi akar sehingga mengurangi gesekan antara ujung akar dan butir-butir tanah pada saat akar  menembus tanah. Jaringan meritem akar banyak mengandung cadangan makanan yang diperlukan dalam metabolisme. Hasil metabolisme digunakan untuk proses perpanjangan akar.

Berdasarkan aktifitas sel dan struktur jaringannya, titik tumbuh akar dibagi menjadi tiga daerah, yaitu zona pembelahan sel (pembentukan sel), zona pemanjangan sel, dan zona diferensiasi. Namun, zona-zona tersebut bergabung tanpa ada batasan yang jelas.

1) Zona pembelahan sel (pembentukan sel) terusun dari kumpulan sel yang berukuran kecil, berdinding tipis, berbentuk seragam, dan sel-selnya aktif membelah secara  cepat.

2) Zona pemanjangan sel terletak di belakang zona pembelahan, sel-selnya memanjang sampai berukuran sepuluh kali panjang semula sehigga mendorong ujung akar. Sel-sel penyusun pada zona ini tampak berbeda baik ukuran maupun bentuknya.

3) Zona diferensiasi (pembelahan) sel menunjukan  perbedaan bentuk  dan ukuran sel-sel yang semakin jelas. Dinding sel mengalami penebalan disebabkan karena terjadi penimbunan substansi material di bagian dalamnya. Pada zona ini terjadi proses organogenesis dan lapisan epidermis akar telah mempunyai rambut-rambut akar untuk menyerap garam-garam mineral dari dalam tanah.

Jaringan primer akan terbentuk dari ketiga jenis jaringan meristem primer sebagai berikut.
1) Protoderm, yaitu meristem primer yang terletak paling luar dan akan membentuk epidermis.
2) Prokambium, terletak dibagian paling dalam, akan menjadi stele (silinder pusat) yang terdiri atas perisikel, bekas pembuluh xilem dan floem. Dari lapisan sel-sel perisikel, dapat tumbuh akar lateral (samping).
3) Meristem dasar, terletak di antara protoderm dan prokambium, akan membentuk jaringan dasar, yaitu sel-sel parenkim pengisi korteks.

Gambar. Titik tumbuh pada akar

b. Titik tumbuh batang   

Titik tumbuh batang merupakan bagian jaringan meristem pada ujung batang dengan tunas berupa kuncup.  Kuncup tersusun atas sejumlah daun kecil yang menyelubungi pusat kuncup. Pada bagian paling ujung, terdapat meristem apikal berupa masa sel bebentuk seperti kubah. Meristem apikal akan menjadi meristem primer (protoderm, prokambium, dan meristem dasar). Pada sisi meristem apikal, muncul primordia daun muda.

Titik tumbuhan batang tidak memiliki pelindung khusus seperti pada ujung akar, tetapi jaringan pembalut bakal daunnya berfungsi sebagai pelindung. Yaitu zona pembelahan sel, zona pemanjangan, dan zona diferensiasi.

1) Zona pembelahan sel, memiliki sel-sel  yang meristematik dan juga memiliki bakal daun. Permukaan bawah bakal daun lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan permukaan atas sehingga daun muda melengkung menutupi ujung titik tumbuhan.

2) Zona pemanjangan, sel-selnya mengalami pemanjangan dan pembesaran. Pada zona ini, mulai terlihat jaringan calon pembuluh. 

3) Zona diferensiasi (pematangan), sel-sel mengalami diferensiasi sehingga terbentuk beberapa lapisan jaringan dengan struktur yanng berbeda, seperti epidermis, korteks, floem, dan xilem.


Post a Comment for "Titik Tumbuh Akar dan Batang Pada Tumbuhan"