Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kisi-kisi Soal PAT (Penilaian Akhir Tahun) Mata Pelajaran Biologi Kelas X

Kisi-kisi Soal PAT (Penilaian Akhir Tahun) Mata Pelajaran Biologi Kelas X

Assalamu'alaikum Wr. Wb., halo adik-adik SMAPNA sebentar lagi kita akan menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk tahun ajaran 2021/2022. Bagaimana nih udah siap ikut PAT? Atau jangan-jangan lupa bahwa sebentar lagi mau ujian. Kalau begitu gawat😆
Nah, melalui blog BSB ini, adik-adik bisa pelajari kisi-kisi PAT Biologi kelas X. Tepatnya, ini bukan kisi-kisi sih tapi bocoran soal😁 Yok, langsung saja pelajari berikut ini. Silakan klik unduh aja untuk melihat secara lengkap. Selamat belajar, semoga bermanfaat.

No Indikator Soal Penjelasan
1 Siswa mampu mengidentifikasi komponen biotik dan abiotik dari suatu ekosistem Komponen biotik: terdiri dari makhluk hidup (misal: tumbuhan, hewan, mikroorganisme). Komponen abiotik: terdiri dari benda tak hidup (air, cahaya matahari, batu, dsb)
2 Siswa mampu memberikan contoh organisme heterotrof dan autotrof Organisme heterotrof: organisme yang tidak dapat membuat makanannya sendiri. Organisme autotrof: organisme yang mampu membuat makanan sendiri, misalnya tumbuhan (karena mampu melakukan fotosintesis)
3 Siswa mampu menjelaskan peran organisme dalam jaring-jaring makanan pada sebuah ekosistem Dalam jaring-jaring makanan terdiri dari produsen, konsumen I, konsumen II, konsumen III, pengurai, dsb. Misalnya dalam jaring-jaring makanan di ekosistem sawah, peranan tumbuhan padi adalah sebagai produsen, ulat sebagai konsumen I, belalang konsumen I, dsb. Untuk memudahkan, pelajari jaring-jaring makanan melalui gambar.
4 Siswa mampu menganalisis jaring-jaring makanan jika terjadi perubahan jumlah/populasi pada kelompok tertentu di suatu ekosistem Misalnya dalam ekosistem sawah, apabila populasi tikus diberantas apa yang akan terjadi terhadap padi? Atau apa yang akan terjadi pada ular? Atau bagaimana jika populasi ular yang diberantas, apa yang akan terjadi terhadap populasi tikus? Tipsnya pelajari kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dengan memperhatikan arah panah aliran energi.
5 Siswa mampu menentukan jumlah energi terbesar dan terkecil pada piramida energi Pada piramida energi, semakin ke puncak jumlah energi semakin kecil. Sebaliknya, paling bawah memiliki energi paling besar. Energi paling besar ini dimiliki oleh piramida bagian bawah yaitu kelompok produsen, seperti tumbuh-tumbuhan.
6 Siswa mampu memberi contoh hubungan atau interaksi komensalisme dalam suatu ekosistem Cari contoh interaksi atau simbiosis komensalisme.
7 Siswa mampu membedakan produsen, konsumen, dan pengurai Dalam ekosistem, produsen merupakan kelompok tumbuhan hijau. Sedangkan konsumen I herbivora (hewan pemakan tumbuh-tumbuhan). Konsumen II biasanya karnivora, yakni hewan pemakan daging (memakan hewan lain).
Silakan klik UNDUH untuk melihat secara lengkap.

Post a Comment for "Kisi-kisi Soal PAT (Penilaian Akhir Tahun) Mata Pelajaran Biologi Kelas X"