Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kisi-kisi Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Mata Pelajaran Biologi Kelas XI

Adik-adik kelas XI, tak terasa kita sudah menginjak perengahan semester ganjil pada tahun pelajaran 2022/2023. Dengan demikian, pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) akan segera dilaksanakan. Demi hasil yang maksimal, sebelum dimulainya ujian maka pelajari dan pahami kisi-kisi PTS Mapel Biologi. Jadikan kisi-kisi ini sebagai panduan, semoga berhasil.

Kisi-kisi Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Mata Pelajaran Biologi Kelas XI

INDIKATOR SOAL PENJELASAN
Disajikan pernyataan tentang sel, peserta didik dapat menjelaskan teori sel yang dikemukakan oleh ilmuwan. Pelajari beberapa teori tentang sel. Tipsnya: baca kesimpulan dari beberapa penelitian ilmuwan. Baca materi dari banksoalbiologi.com (materi powerpoint)
Disajikan gambar sel hewan, peserta didik mampu menjelaskan fungsi organel sel yang ditunjuk. Pelajari bentuk organel dan fungsinya dari: 1) Membran sel 2) Badan Golgi 3) Nukleus (inti sel) 4) Mitokondria 5) RE halus. Tips: Lihat gambar sel hewan. (Terdirii dari 3 Soal)
Disajikan gambar sel prokariotik dan sel eukariotik, peserta didik mampu membedakan keduanya berdasarkan ada tidaknya membran inti sel. Pelajari perbedaan sel prokariotik dan eukariotik berdasarkan ada tidaknya membran inti sel, beserta contohnya. *Pahami gambar sel hewan, sel tumbuhan, dan sel bakteri*
Disajikan pernyataan tentang fungsi mikroskop elekron SEM, peserta didik mampu menjelaskan tujuan penggunaan mikroskop elektron jenis SEM. Pelajari fungsi mikroskop elektron jenis SEM dan TEM
Disajikan tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, peserta didik mampu menyimpulkan perbedaan organel yang dimiliki oleh sel hewan dan tumbuhan. Pelajari perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang meliputi organel sel seperti dinding sel, vakuola, plastida, sentriol.
Disajikan struktur membran sel, peserta didik dapat menunjukkan bagian yang ditunjuk. Pelajari struktur membran sel dan pahami mana yang dinamakan: 1) Protein 2) Lemak 3) Karbohidrat 4) Glikolipid 5) Glikoprotein
Disajikan gambar percobaan osmosis, peserta didik mampu menganalisis hasil percobaan. Pahami pengertian osmosis dengan benar. Secar singkat osmosis adalah perpindahan larutan encer ke larutan yang pekat. Atau dengan kata lain berpindahnya konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi. Perpindahan larutan ini melalui membran semipermeabel. Atau fosfolipid bilayer pada memran sel. (Terdiri dari 3 soal)
Disajikan pernyataan penerapan transpor zat dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik mampu mengidentifikasi kedalam peristiwa difusi Pelajari dan pahami konsep difusi. Difusi dapat terjadi pada molekul cair maupun gas.
Disajikan gambar percobaan tentang osmosis pada kentang, peserta didik dapat menganalisis perpindahan larutan. Pelajari kembali hasil percobaan osmosis pada kentang yang sudah pernah dilakukan di kelas. Pahami konsep pergerakan larutan pada peristiwa osmosis. (Terdiri dari 2 soal)
Disajikan gambar kelompok makhluk hidup, peserta didik mampu menggolongkan kedalam makhluk hidup yang selnya tergolong prokariotik. Pelajari makhluk hidup yang tergolong kedalam prokariot dan eukariot.
INDIKATOR SOAL PENJELASAN
Peserta didik mampu menjelaskan pengertian jaringan. Pahami dengan baik pengertian jaringan. Untuk mempermudah, pelajari struktur organisasi kehidupan mulai dari yang terkecil hingga terbesar.
Disajikan pernyataan-pernyataan yang berhubungan dengan ciri-ciri jaringan, peserta didik dapat mengidentifikasi kedalam kelompok jaringan epidermis tumbuhan. Pelajari ciri-ciri dari jaringan epidermis. (terdiri dari 2 Soal)
Peserta didik mampu menjelaskan ciri jaringan parenkim. Pelajari ciri-ciri jaringan parenkim
Disajikan pernyataan singkat tentang ciri jaringan, peserta didik mampu menyebutkan nama jaringan yang dimaksud. Pelajari tentang jaringan penyokong dan macamnya. Jaringan penyokong dibedakan menjadi kolenkim dan sklerenkim (silakan pelajari perbedaan fungsi jaringan kolenkim dan sklerenkim)
Disajikan gambar tumbuhan, peserta didik mampu menunjukkan letak atau posisi meristem sekunder. Pelajari jenis-jenis mersitem berdasarkan asal pembentukannya. Pahami juga fungsinya
Disajikan pernyataan tentang jaringan meristem, peserta didik mampu menjekaskan peran meristem primer dalam pertumbuhan. Pelajari fungsi jaringan meristem primer dalam pertumbuhan.
Disajikan gambar penampang melintang dikotil dan monokotil, peserta didik mampu menjelaskan perbedaan dari kedua struktur batang tersebut. Pelajari gambar penampang melintang batang dikotil dan monokotil. Pahami perbedaan dari keduanya. Mana yang memiliki kambium. Apa peranan kambium tersebut.Untuk memudahkan, hubungkan dengan peran meristem sekunder.
Disajikan gambar stomata sebagai derivat dari jaringan epidermis, peserta didik mampu menjelaskan fungsinya. Pelajari jenis-jenis modifikasi epidermis, terutama stomata dan fungsinya. Pelajari juga bentuk stomata melalui gambar.
Disajikan pernyataan ciri-ciri jaringan tumbuhan, peserta didik mampu mengidentifikasi jaringan yang dimaksud. Pelajari ciri-ciri jaringan meristem pada tumbuhan.
Disajikan gambar penampang melintang batang dikotil, peserta didik mampu menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk. Pelajari bagian-bagian batang dikotil, terutama xilem, floem, kambium, korteks, dan epidermis. Pahami juga ciri-cirinya.
INDIKATOR SOAL PENJELASAN
Disajikan gambar proses penyadapan nira, peserta didik mampu menganalisis bagian jaringan yang berperan dalam mengalirkan cairan nira. Pelajari fungsi xilem, floem, parenkim.
Disajikan pernyataan tentang jaringan pembuluh, peserta didik mampu mengidentifikasi jaringan yang berperan dalam pengangkutan zat hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan. Pelajari fungsi xilem dan floem pada jaringan pengangkut tumbuhan.
Disajikan gambar penampang melintang daun tumbuhan dikotil, peserta didik mampu menunjukkan fungsi bagian yang ditunjuk. Pelajari struktur anatomi bagian-bagian daun dikotil. Pelajari fungsi jaringan palisade, epidermis, dan stomata.
Peserta didik mampu menjelaskan pengertian jaringan sekretori. Pelajari apa itu jaringan sekretori dan contohnya.
Disajikan pernyataan ciri-ciri suatu jaringan, peserta didik mampu mengidentifikasi jenis jaringan yang dimaksud. Pelajari ciri-ciri jaringan epitel, ikat, otot, dan saraf.
Disajikan tabel sel-sel penyusun jaringan ikat, peserta didik mampu menjelaskan jenis sel, ciri, dan fungsinya. Pelajari jenis-jenis sel-sel penyusun jaringan ikat, terutama ciri dan fungsi dari: leukosit, fibroblas, sel plasma, makrofag, dan sel adiposa
Disajikan gambar struktur jaringan otot lurik, peserta didik mampu menjelaskan fungsi jaringan yang dimaksud. Pelajari ciri-ciri otot lurik/rangka, terutama cara kerjanya.
Peserta didik mampu menyebutkan ciri-ciri jaringan epitel. Pelajari dan pahami ciri-ciri jaringan epitel secara umum.
Disajikan pernyataan fungsi jaringan pada hewan, peserta didik mampu menyebutkan jaringan yang dimaksud kedalam jaringan ikat. Pelajari dan pahami ciri-ciri jaringan ikat pada hewan.
Peserta didik mampu menyebutkan contoh jaringan yang termasuk jaringan ikat. Pelajari macam-macam jaringan yang termasuk kedalam jaringan ikat.
INDIKATOR SOAL PENJELASAN
Disajikan gambar sel saraf (neuron), peserta didik mampu menjelaskan ciri/karakteristik dengan benar. Pelajari ciri-ciri jaringan saraf, mulai dari cara sel beregenarasi, bagian sel, fungsi, dsb.
Disajikan pernyataan tentang sistem pencernaan, peserta didik mampu mengidentifikasi organ-organ yang termasuk kedalam sistem pencernaan. Pelajari dan pahami organ-organ yang termasuk kedalam suatu sistem organ. Misalnya organ yang termasuk pencernaan dan pernapasan.
Peserta didik mampu membedakan ciri jaringan epitel kelenjar endokrin dan eksokrin. Pelajari perbedaan jaringan epitel kelenjar eksokrin dan endokrin, termasuk contohnya.
Disajikan gambar jaringan otot hewan, peserta didik mampu menganalisis hubungan antara gambar otot dengan ciri/karakteristiknya. Pelajari perbedaan otot polos dan otot lurik/rangka, mulai dari ciri-ciri selnya, cara bekerjanya, saraf yang mempengaruhi, dan letaknya pad organ.
Disajikan cuplikan artikel mengenai data penduduk Indonesia yang mengidap penyakit kanker, peserta didik mampu menganalisis faktor-faktor yang diduga menjadi pemicu kanker. Pelajari faktor-faktor yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.
Disajikan gambar tumbuhan, peserta didik mampu mengelompokkan jaringan meristem berdasarkan letak beserta fungsinya. Pelajari jenis-jenis meristem berdasarkan letaknya. Pahami juga fungsinya.

Pelajari kembali Soal Ulangan Harian Bab 1 Sel >> Klik DISINI
Pelajari kembali Soal Ulangan Harian Bab 1 Sel (Ulangan Susulan) >> Klik DISINI
Pelajari Soal Quist Bab 2 Jaringan Tumbuhan >> Klik DISINI

Itulah kisi-kisi soal Penilaian Tengah Semester mata pelajaran Biologi Kelas XI.

Post a Comment for "Kisi-kisi Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Mata Pelajaran Biologi Kelas XI"