Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kisi-kisi Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Mata Pelajaran Biologi Kelas XII

Adik-adik kelas XII, tak terasa kita sudah menginjak perengahan semester ganjil pada tahun pelajaran 2022/2023. Dengan demikian, pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) akan segera dilaksanakan. Demi hasil yang maksimal, sebelum dimulainya ujian maka pelajari dan pahami kisi-kisi PTS Mapel Biologi. Jadikan kisi-kisi ini sebagai panduan, semoga berhasil.

Kisi-kisi Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Mata Pelajaran Biologi Kelas XII

Berikut adalah tabel kisi-kisi PTS Ganjil Biologi Kelas XII. Selamat Belajar.

INDIKATOR SOAL PENJELASAN
Disajikan pernyataan terkait ciri makhluk hidup, peserta didik mampu menyebutkan arti pertumbuhan. Pelajari dan pahami konsep pertumbuhan, termasuk sifat, dan contohnya.
Disajikan pernyataan tentang pertumbuhan dan perkembangan, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri tumbuhan yang telah mengalami dewasa. Pelajari dan pahami konsep perkembangan, sifat, dan contohnya pada tumbuhan.
Disajikan gambar biji yang sedang mengalami pertumbuhan, peserta didik mampu mengidentifikasi faktorr-faktor yang dapat mempengaruhi perkecambahan pada biji. Pelajari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.
Disajikan ilustrasi seorang siswa melakukan percobaan pertumbuhan, peserta didik mampu mengidentifikasi peristiwa dormansi pada biji. Pelajari pengertian masa dormansi pada biji, dan hal-hal yang dapat mengakhiri masa dormansi
Disajikan gambar proses perkecambahan biji, peserta didik mampu membedakan tipe perkecambahan epigeal dan hipogeal Pelajari perbedaan perkecambahan monokotil dan dikotil.
Disajikan pernyataan tentang pengaruh cahaya terhadap kinerja hormon auksin, peserta didik mampu menganalisis tumbuhan yang seolah-olah mengikuti arah datanhnya cahaya. Pelajari fungsi hormon auksin pada pertumbuhan tumbuhan. Pahami juga faktor cahaya terhadap hormon auksin.
Disajikan narasi seorang petani yang melukai bagian tumbuhan, peserta dapat mengidentifikasi faktor hormon asam traumalin dalam menutup luka. Pelajari fungsi hormon pada pertumbuhan, terutama fungsi hormon asam traumalin.
Disajikan sebuah percobaan pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan, peserta didik mampu menganalisis perbedaan pertumbuhan yang disimpan di tempat gelap dan terang. Pelajari dan pahami pengaruh faktor cahaya terhadap pertumbuhan. Ingat juga hasil percobaan yang pernah dilakukan secara manidir di rumah (warna daun, tinggi tanaman, kecepatan pertumbuhan) [terdiri dari 4 soal]
Disajikan beberpa pernyataan mengenai fungsi hormon, peserta didik mampu mengidentifikasi fungsi hormon giberelin. Pelajari dan pahami fungsi hormon giberelin pada tumbuhan.
Pelajari dan pahami fungsi hormon giberelin pada tumbuhan. Pelajari fungsi hormon etilen. Pelajari juga penggunaan karbit untuk mempercepat pemasakan buah. (2 soal)
INDIKATOR PENJELASAN
Disajikan pernyataan tentang unsur-unsur, peserta mampu mengidentifikasi jenis nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Pelajari contoh unsur yang termasuk makronutrien (dibutuhkan dalam jumlah banyak) dan mikronutrien (dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit)
Peserta didik mampu memberikan contoh sifat reversible pada perkembangan makhluk hidup Pelajari contoh perkembangan dalam kehidupan.
Disajikan data hasil percobaan pertumbuhan tanaman kacang hijau, peserta didik mampu menyimpulkan dari percobaan tersebut. Pelajari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, terutama faktor cahaya.
Disajikan gambar pembengkokan batang, peserta didik mampu menganalisis faktor yang dapat mempengaruhi peristiwa tersebut. Pelajari cara kerja hormon auksin sehingga dapat menyebabkan peristiwa pembengkokan batang pada tanaman.
Disajikan data percobaan pengaruh suhu terhadap pertumbuhan kecambah kacang, peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan. Pelajari faktor suhu terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
Peserta didik mampu menjelaskan pengertian metabolisme Pelajari dan pahami pengertian metabolisme.
Disajikan pernyataan tentang metabolisme, peserta didik mampu mengidentifikasi yang tergolong katabolisme Pelajari tentang katabolisme, terutama pengertian dan kaitannya dengan energi (menghasilkan atau membutuhkan)
Disajikan pernyataan tentang proses fotosintesis, peserta didik mampu mengidentifikasi contoh anabolisme. Pelajari pengertian anabolisme beserta contoh reaksi yang tergolong anabolisme. Bedakan juga dengan katabolisme dan contohnya.
Peserta didik mampu memberikan contoh peristiwa katabolisme yang dapat terjadi pada tubuh manusia. Pelajari contoh reaksi yang tergolong katabolisme. Katabolisme merupakan perombakan senyawa kompleks menjadi sederhana. Contoh katabolisme yaitu respirasi, termasuk respirasi aerob dan anaerob atau yang dikenal dengan fermentasi.
Peserta didik mempu memberikan contoh senyawa yang tergolong gugus prostetik koenzim Pelajari bagan komponen enzim yang pernah dikerjakan di kelas (kertas TTS Biologi)
INDIKATOR SOAL PENJELASAN
Peserta didik mampu menyebutkan sifat-sifat enzim Pelajari sifat-sifat enzim (lihat bagan yang sudah pernah dikerjakan bersama dengan TTS)
Disajikan data percobaan pengaruh kerja enzim, peserta didik mampu menyimpulkan hasil percobaan tersebut. Pelajari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kerja enzim, terutama faktor pH atau keasaman.
Disajikan gambar cara kerja enzim, peserta didik mampu menjelaskan sifat enzim yang berhubungan dengan gambar tersebut. Untuk menjawab soal seperti ini, kalian harus memahami dan membaca tabel dengan baik dan benar. Kerja enzim dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti misalnya pH (keasaman). Enzim banyak terdapat dalam hati ayam. Jadi, ekstrak hari ayam maksudnya enzim katalase. 
Apabila enzim bekerja efektif, maka pada tabel ditunjukkan dengan "Gelembung yang dihasilkan banyak" dan "Bara api menyala". Semakin banyak gelembung yang dihasilkan berarti enzim bekerja sangat baik. Begitu juga dengan bara api yang menyala.
Peserta didik mampu menyebutkan pengertian respirasi anaerob Respirasi anaerob merupakan respirasi yang tidak melibatkan oksigen. Respirasi anerob disebut juga fermentasi. Fermentasi dibedakan menjadi repirasi alkohol dan respirasi asam laktat. Silakan baca dan pelajari lagi materi tentang respirasi anaerob.
Disajikan pernyataan reaksi yang terjadi pada saat fotosintesis, peserta didik mampu mengurutkan reaksi gelap. Reaksi fotosintesis terdiri dari dua tahap yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Reaksi gelap terjadi di stroma (lihat gambar kloroplas yang dimiliki oleh tumbuhan). Secara singkat, reaksi gelap terdiri dari 3 tahap yaitu:
  • Fiksasi, yakni pengikatan CO2 dari udara oleh RuBP yang akan membentuk PGA (asam fosfogliserat)
  • Reduksi, yaitu PGA direduksi menjadi PGAL (fosfogliseraldehid).
  • Regenerasi, yakni pembentukan kembali RuBP untuk mengikat CO2 lagi. Molekul PGAL akan dibentuk menjadi glukosa.
Disajikan pernyataan tentang proses katabolisme, peserta didik mampu mengidentifikasi tahap respirasi pengubahan asam piruvat menjadi asetil Ko-A. Pelajari dan pahami tahapan respirasi aerob, terutama tahap Dekarboksilasi Oksidatif. 
Peserta didik mampu menyebutkan hasil respirasi aerob pada tahap siklus Krebs. Pelajari dan pahami reaksi yang terjadi pada Siklus Krebs (dapat dilihat pada tugas yang pernah dikerjakan bersama dengan TTS).
Disajikan gambar seseorang yang sedang mengalami lelah setelah berolahraga, peserta didik mampu menjelaskan faktor penyebabnya. Pelajari dan pahami respirasi anaerob (fermentasi), terutama fermentasi asam laktat. Fermentasi asam laktat, secara singkatnya merupakan pengubahan asam piruvat (dari hasil glikolisis) menjadi asam laktat dan ATP. Fermentasi Asam laktat ini dapat terjadi pada otot yang bekerja terus menerus. Semakin banyak aktivitas, maka semakin banyak asam laktat yang dihasilkan. Hal inilah yang dapat menyebabkan pegal-pegal pada otot. 
Selebihnya, baca kembali pada materi tentang fermentasi asam laktat.
Peserta didik mampu menyebutkan hasil akhir reaksi terang pada fotosintesis. Reaksi terang merupakan bagian dari reaksi fotosintesis. Reaksi terang terjadi di tilakoid (lihat gambar kloroplas pada daun tumbuhan). Mengapa disebut reaksi terang? Karena reaksi terang sangat bergantung pada cahaya matahari. Reaksi terang menghasilkan  ATP, NADPH, dan Oksigen.
Disajikan tabel perbedaan reaksi terang dan reaksi gelap, peserta didik mampu menjelaskan perbedaan kedua reaksi tersebut. Baca kembali penjelasan di atas tentang reaksi terang dan reaksi gelap, terutama zat yang dihasilkannya.
INDIKATOR SOAL PENJELASAN
Disajikan gambar bagan respirasi aerob, peserta didik mampu menganalisis tahap respirasi yang terjadi serta hasil reaksinya. Pahami 4 tahapan reaksi respirasi aerob, terutama tahap glikolisis. Proses pengubahan apa menjadi apa.
Disajikan pernyataan tentang tahapan respirasi, peserta didik mampu mengidentifikasi peristiwa yang terjadi antara glikolisis dan daur Krebs. Pelajari kembali 4 tahapan reaksi respirasi aerob, terutama glikolisis dan siklus Krebs. Yang perlu diingat adalah tempat terjadinya, reaksi apa yang terjadi serta hasilnya.
Disajikan gambar siklus Calvin, peserta didik mampu menganalisis tahapan yang terjadi serta hasilnya. Jangan terkecoh dengan gambar yang rumit. Intinya adalah silakan pahami tahapan yang terjadi pada reaksi gelap fotosintesis (Fiksasi, reduksi, dan regenerasi). Pahami juga urutannya, jangan sampai terbalik.
Disajikan data tabel respirasi aerob dan anaerob, peserta didik mampu membedakan antara keduanya. Pelajari dan pahami perbedaan respirasi aerob dan anaerob dalam bentuk tabel. Silakan buka materi bab 2 enzim dan metabolisme pada banksoalbiologi.com

Pelajari kembali Soal Ulangan Harian Bab 1 Pertumbuhan dan Perkembangan >> Klik DISINI
Pelajari Soal Latihan Bab 2 ENzim dan Metabolisme >> Klik DISINI

Demikian kisi-kisi soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil Mata Pelajaran Biologi Kelas XII. Selamat Belajar. 

Post a Comment for "Kisi-kisi Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Mata Pelajaran Biologi Kelas XII"