Rangkuman Materi Sistem Peredaran Darah | Darah, Jantung, Pembuluh Darah, Limfa, Penyakit Sistem Peredaran Darah

Rangkuman Materi Sistem Peredaran Darah | Darah, Jantung, Pembuluh Darah, Limfa, Penyakit Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran darah pada manusia terdiri atas darah, organ peredaran darah, dan limfa. Organ atau alat peredaran darah yaitu terdiri dari jantung dan juga pembuluh darah yang berisi darah didalamnya. 

Alat Peredaran Darah

1. Jantung

Jantung terletak di sebelah kiri rongga dada, tepatnya diantara paru-paru kanan dan kiri. Jantung berperan sebagai alat pemompa darah dan juga sebagai pusat sistem peredaran darah. 

Jantung berdenyut saat otot jantung sedang melakukan kontraksi. Jumlah denyut jantung per menit pada setiap orang berbeda-beda. Perbedaan tersebut diakibatkan oleh usia, berat badan, jenis kelamin, kondisi tubuh, dan aktivitas atau kegiatan.

Tekanan darah atau juga biasa disebut dengan tensi merupakan tekanan yang timbul akibat kerja jantung untuk memompa darah. Tekanan darah normal pada orang dewasa adalah 120/80 mmHg. Angka 120 menunjukkan bahwa tekanan darah ketika jantung berkontraksi, dinamakan dengan tekanan sistol. Sedangkan angka 80 menunjukkan tekanan darah saat jantung berelaksasi, dan dinamakan diastol.

2. Pembuluh Darah

Pembuluh darah memiliki peran sebagai saluran-saluran tempat darah mengalir dari jantung ke seluruh tubuh. Pembuluh darah dibedakan menjadi pembuluh nadi atau arteri dan pembuluh darah balik atau vena, serta pembuluh darah kapiler.

Pembuluh nadi adalah pembuluh yang membawa darah meninggalkan jantung. Ukuran pembuluh tidak sama, sehingga dapat dibedakan menjadi aorta, arteri, dan arteriol. 

Pembuluh darah balik merupakan pembuluh yang membawa darah menuju jantung. Dinamakan balik karena balik lagi ke jantung setelah dari seluruh tubuh.

Darah

Darah merupakan cairan tubuh yang terdapat di dalam jantung serta pembuluh darah. Darah sendiri terdiri dari komponen plasma dan sel-sel darah.

Plasma darah merupakan bagian yang bersifat cair dan memiliki warna kuning muda. Plasma darah berperan sebagai pengangkut gas, makanan, sisa metabolisme, dan berbagai hormon. Selain itu juga, plasma berperan dalam pembekuan darah.

Sedangkan sel darah merupakan sel yang hidup, terdiri atas sel darah merah, sel darah putih, dan keping-keping darah atau trombosit. Sel darah merah memiliki hemoglobin sehingga berwarna merah. Hemoglobin memiliki fungsi untuk mengikat oksigen. Sel darah putih berfungsi untuk melindungi tubuh dari bibit penyakit dan benda asing lainnya. Sedangkan sel darah putih berperan dalam proses pembekuan darah.

Sistem Peredaran Darah

Manusia memiliki sistem peredaran darah tertutup karena darah selalu beredar di dalam pembuluh darah. Peredaran darah manusia terdiri atas peredaran darah kecil dan peredaran darah besar. Hal tersebut dikarenakan, darah mengalir melalui jantung sebanyak dua kali. Itulah makanya dinamakan peredaran darah ganda. 

1) Peredaran darah kecil

Dinamakan peredaran darah kecil karena darah mengalir dari jantung menuju paru-paru dan masuk kembali ke jantung.

2) Peredaran darah besar

Peredaran darah besar merupakan peredaran darah yang mengalir dari jantung menuju ke seluruh tubuh dan kembali lagi ke dalam jantung.

Limfa

Limfa atau disebut juga getah bening, merupakan cairan berwarna kekuningan. Cairan limfa berisi sel-sel darah putih, keping darah, dan fibrinogen. Limfa memiliki peran diantaranya sebagai transfer substansi zat antar sel, jaringan, dan darah; absorpsi atau penyerapan lemak dari usus; menghancurkan bakteri secara fagosit; menghasilkan sel limfosit pada kelenjar limfa; dan menghasilkan zat antibodi oleh limfosit.

Penyakit pada Sistem Peredaran Manusia

Penyakit pada sistem peredaran darah dapat terjadi karena adanya gangguan pada alat-alat atau organ peredaran darah.

1). Ambeien, merupakan pelebaran pembuluh darah di area anus.

2) Anemia, merupakan kurangnya sel darah merah (hemoglobin).

3) Arteriosklerosis, merupakan penyumbatan pembuluh darah oleh zat kapur.

4) Aterosklerosis, merupakan penyumbatan pembuluh darah oleh lemak.

5) Hemofilia, merupakan kelainan darah sukar membeku.

6) Hipertensi, merupakan tekanan darah di atas normal.

7) Hipotensi, merupakan tekanan darah di bawah normal.

8) Leukimia, dinamakan juga kanker darah karena sel darah putih yang tak terkendali.

9) Varises, merupakan pelebaran pembuluh darah pada kaki.


Post a Comment for "Rangkuman Materi Sistem Peredaran Darah | Darah, Jantung, Pembuluh Darah, Limfa, Penyakit Sistem Peredaran Darah"