Kisi-kisi Soal PAS (Penilaian Akhir Semester) Biologi Kelas XI Semester Ganjil

Kisi-kisi Soal PAS (Penilaian Akhir Semester) Biologi Kelas XI Semester Ganjil

Halo adik-adik kelas XI, tak terasa ya kita sudah berada di penghujung semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Itu artinya, Penilaian Akhir Semester (PAS) sebentar lagi akan segera dilaksanakan. Tentunya, PAS ini wajib dilalui oleh seorang siswa sebagai bentuk evaluasi per semester. 

Postingan ini dibuat tiada lain adalah untuk mempermudah adik-adik dalam menaklukkan soal PAS nanti. Dengan mempelajari kisi-kisi ini, adik-adik akan mendapatkan gambaran bagaimana bentuk soal PAS dan materi apa yang mesti dikuasai.

Tips sukses agar dapat mengerjakan soal PAS dengan mudah, yaitu:

Pelajari kisi-kisi soal PAS, baca dan pelajari soal PTS ganjil, juga pelajari soal pra-PAS

 Baiklah, berikut adalah kisi-kisi soal PAS Biologi Kelas XI. Silakan dipelajari, semoga sukses😍

Materi Bab 1 Struktur dan Fungsi Sel
No Petunjuk / Indikator Soal Keterangan
1 Disajikan pernyataan tentang sel, peserta didik dapat menjelaskan teori sel yang dikemukakan oleh ilmuwan. Baca dan pelajari teori tentang sel.
2 Disajikan sebuah pernyataan tentang ciri sel, siswa dapat mengelompokkan ciri dari struktur sel dengan benar. Baca dan pelajari ciri-ciri sel prokariotik
3 Disajikan gambar hasil pengamatan mikroskop, peserta didik mampu membedakan fungsi mikroskop SEM dan TEM Baca dan pelajari fungsi mikroskop SEM dan TEM
4 Disajikan gambar sel prokariotik dan sel eukariotik, peserta didik mampu membedakan keduanya berdasarkan ada tidaknya membran inti sel dengan benar Baca dan pelajari makhluk hidup yang tergolong sel prokariotik.
5 Disajikan beberapa ciri organel sel, siswa dapat menentukan organel yang dimaksud  dengan benar Baca dan pelajari organel sel seperti badan Golgi, RE halus, RE kasar, mitokokondria.
6 Disajikan gambar sel hewan, siswa dapat menunjukkan jenis organel berdasarkan dengan fungsinya dengan benar. Pelajari fungsi organel sel.
7 Disajikan gambar sel tumbuhan, siswa dapat menunjukkan jenis organel sesuai dengan fungsi yang dimaksud dengan benar. Pelajari organel sel yang hanya dimiliki oleh tumbuhan beserta fungsinya.
8 Disajikan gambar percobaan osmosis, peserta didik mampu menganalisis hasil percobaan dengan benar. Pelajari hasil percobaan osmosis pada kentang.
9 Disajikan gambar proses transpor membrane pada sel tumbuhan, peserta didik dapat menyimpulkan proses yang terjadi di dalam sel dengan benar. Pelajari konsep osmosis dengan baik.

Materi Bab 2 Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
No Petunjuk / Indikator Soal Keterangan
1 Disajikan gambar tumbuhan, peserta didik mampu menunjukkan meristem yang berperan dalam pertumbuhan ke arah samping Pelajari macam meristem berdasarkan letaknya (meristem apikal, lateral, dan interkalar)
2 Peserta didik menyebutkan ciri-ciri jaringan epidermis Pelajari ciri-ciri jaringan epidermis
3 Disajikan gambar melintang batang dikotil, peserta didik mampu menunjukkan bagian-bagian beserta fungsinya Pelajari bagian-bagian korteks, floem, xilem, kambium.
4 Disajikan gambar proses penyadapan nira, peserta didik mampu mengidentifikasi pembuluh xilem dan floem Pelajari pembuluh xilem dan floem yang memiliki peran sebagai pengangkutan.
5 Disajikan gambar jaringan tumbuhan, peserta didik mampu mengelompokkan kedalam jaringan tertentu berdasarkan gambar. Pelajari ciri-ciri jaringan permanen melalui gambar.
6 Disajikan ciri-ciri suatu jaringan, peserta didik mampu mengelompokkan kedalam jaringan tertentu. Pelajari ciri jaringan epidermis, kolenkim, slerenkim, dsb.

Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan
No Petunjuk / Indikator Soal Keterangan
1 Disajikan pernyataan ciri-ciri jaringan pada hewan, peserta didik mampu menggolongkannya kedalam jaringan otot polos, rangka, dan jantung Pelajari ciri-ciri jaringan otot polos dan otot rangka.
2 Disajikan ciri-ciri suatu jaringan, peserta didik mampu menyebutkan ciri-ciri yang dimaksud Pelajari ciri-ciri jaringan epitel, ikat, otot, dan saraf
3 Disajikan gambar struktur otot, peserta didik mampu membedakan dari kedua otot tersebut. Pelajari fungsi dari jaringan otot lurik, polos, dan jantung.

Materi Bab Sistem Gerak
No Petunjuk / Indikator Soal Keterangan
1 Disajikan bentuk-bentuk tulang, peserta didik mampu mengidentifikasi kedalam bentuk tulang dengan benar  Pelajari bentuk-bentuk tulang beserta contohnya
2 Disajikan gambar gangguan fungsi sistem gerak, peserta didik mampu menyebutkan jenis gangguan yang dimaksud. Pelajari jenis kelainan tulang belakang (skoliosis, lordosis, kifosis)
3 Disajikan gambar kelainan tulang, peserta didik mampu menganalisis penyebab osteoporosis Pelajari penyebab serta pencegahan penyakit osteoporosis pada tulang
4 Disajikan gambar teknologi sistem gerak, peserta didik mampu menyebutkan nama jenis teknologi yang dimaksud. Pelajari macam-macam teknologi untuk menanggulangi kelainan sistem gerak.

Materi Bab Sistem Peredaran Darah
No Petunjuk / Indikator Soal Keterangan
1 Peserta didik mampu menyebutkan konsep transfusi darah berdasarkan kandungan aglutinogen dan aglutinin Pelajari tabel golongan darah (pahami kandungan aglutinogen dan aglutinin setiap golongan darah)
2 Peserta didik mampu menyebutkan golongan darah sebagai donor universal dan resipien universal Baca dan pelajari golongan darah yang bersifat donor universal dan resipien universal
3 Peserta didik mampu membedakan penyakit leukimia, anemia, leukopenia, hipertensi, hipotensi Baca dan pelajari penyakit pada sistem peredaran darah
4 Peserta didik mampu menyebutkan upaya pencegahan penyakit jantung Baca dan pelajari tentang faktor penyebab gangguan pada jantung beserta pencegahannya
5 Peserta didik mampu mendeskripsikan gangguan penyakit hemofilia Baca dan pelajari penyakit hemofilia.
6 Peserta didik mampu menentukan tekanan darah sistol dan diastol Baca dan pelajari perbedaan sistol dan diastol.
7 Peserta didik menjelaskan fungsi leukosit Baca dan pelajari fungsi leukosit (sel darah putih)
8


Materi Bab Sistem Pencernaan
No Indikator Soal Keterangan
1 Peserta didik mampu menghitung berat badan ideal Pelajari bagaimana cara menghitung berat badan ideal.
2 Peserta didik mampu menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT) seseorang Pelajari bagaimana cara menghitung IMT 
3 Peserta didik menjelaskan gangguan / penyakit ulkus Baca dan pelajari penyakit ulkus
4 Peserta didik mampu menjelaskan penyakit diabetes Baca dan pelajari penyebab obesitas serta pencegahannya.
5 Peserta didik menjelaskan penyakit sembelit dan diare Baca dan pelajari tentang sembelit dan diare, serta faktor penyebabnya.
6 Peserta didik menjelaskan macam penyakit sistem pencernaan Baca dan pelajari penyakit gastritis, konstipasi, parotitis, xerostomia, apendisitis
7 Peserta didik menyebutkan fungsi pemberian obat lambung (maag atau tukak lambung) Baca dan pelajari tentang fungsi obat lambung, khususnya maag/tukak lambung

Demikian kisi-kisi soal PAS Biologi Kelas XI. Semangat belajar💪

Post a Comment for "Kisi-kisi Soal PAS (Penilaian Akhir Semester) Biologi Kelas XI Semester Ganjil "