Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Rangkuman Materi Biologi Kelas XI : Sistem Pernapasan (Alat pernapasan, Mekanisme Pernapasan Dada dan Perut, Gangguan dan Kelainan Sistem Pernapasan)

Rangkuman Materi Biologi Kelas XI : Sistem Pernapasan (Alat pernapasan, Mekanisme Pernapasan Dada dan Perut, Gangguan dan Kelainan Sistem Respirasi)

Sistem pernapasan Manusia
Sistem pernapasan manusia terdiri atas serangkaian saluran respirasi yang berakhir dengan sepasang paru-paru di dalam rongga dada. Paru-paru merupakan organ penting sehingga dilindungi oleh dua belas pasang tulang rusuk dan juga sebuah lembaran otot tunggal yang dinamakan diafragma. Otot diafragma memiliki peran memisahkan rongga dada dari rongga perut.

Sistem pernapasan manusia tersusun atas organ-organ pernapasan, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Rongga hidung : merupakan saluran udara yang memiliki peran penting yakni untuk menyaring partikel, melembapkan udara, juga membunuh kuman penyebab penyakit. 
  • Faring : merupakan saluran bersama antara hidung dengan mulut, atau istilah lainnya adalah persimpangan diantara dua saluran (saluran dari hidung dan mulut).
  • Laring : merupakan saluran yang menghubungkan ke trakea.
  • Trakea : merupakan saluran kelanjutan dari laring yang dapat menyaring udara menggunakan silia (rambut-rambut halus) yang dimilikinya.
  • Bronkus: merupakan cabang dari trake (terdiri dari dua cabang, menghubungkan paru-paru kanan dan kiri).
  • Paru-paru : merupakan organ pernapasan utama, yakni tempat terjadinya pertukaran gas oksigen dan karbondioksida.
Mekanisme Pernapasan
Mekanisme pernapasan tidak terlepas daridua proses penting, yakni inspirasi dan ekspirasi. Inspirasi yaitu masuknya udara kedalam paru-paru atau singkatnya menghirup udara. Sedangkan ekspirasi merupakan proses mengeluarkan udara dari dalam paru-paru. Ada dua jenis mekanisme pernapasan, yaitu mekanisme pernapasan dada dan pernapasan perut. Berikut adalah penjelasan singkatnya dari kedua mekanisme tersebut.

Pernapasan Dada
  • Inspirasi: Bermula dari berkontraksinya ruas antartulang rusuk (otot interkostal) --> tulang rusuk terangkat --> volume rongga dada membesar --> tekanan udara dalam paru-paru turun atau mengecil --> udara masuk ke dalam paru-paru.
  • Ekspirasi: Bermula dari berelaksasinya otot antartulang rusuk --> tulang rusuk turun --> volume rongga dada mengecil --> tekanan udara dalam paru-paru membesar --> udara keluar dari paru-paru.
Pernapasan Perut
  • Inspirasi : Bermula dari otot diafragma berkontraski --> diafragma mendatar --> volume rongga dada membesar --> tekanan udara dalam paru-paru mengecil --> udara masuk ke dalam paru-paru.
  • Ekspirasi: Bermula dari otot diafragma berelaksasi --> diafragma melengkung --> volume rongga dada mengecil --> tekanan udara dalam paru-paru membesar --> udara kelauar dari paru-paru.
*artikel ini masih dalam proses*

Post a Comment for "Rangkuman Materi Biologi Kelas XI : Sistem Pernapasan (Alat pernapasan, Mekanisme Pernapasan Dada dan Perut, Gangguan dan Kelainan Sistem Pernapasan)"