Materi Sistem Pertahanan Tubuh | Biologi SMA

Sistem kekebalan tubuh atau biasa juga disebut imunitas, merupakan kemampuan tubuh dalam menahan atau menghilangkan benda asing/sel-sel abnormal dari dalam tubuh. Benda asing dapat dengan mudah masuk kedalam tubuh kita. Sistem ini berperan dalam mengenal, menghancurkan, serta menetralkan benda asing tersebut yang tentunya dapat merugikan tubuh. Pada bab ini akan dibahas terutama fungsi sistem kekebalan tubuh, mekanisme sistem kekebalan tubuh (spesifik dan nonspesifik), faktor yang memengaruhi sistem kekebalan tubu, serta gangguan atau penyakit yang dapat terjadi pada sistem pertahanan tubuh. 
Materi Sistem Pertahanan Tubuh | Biologi SMA

1. Fungsi Sistem Pertahanan Tubuh
Fungsi pertahanan tubuh yakni sangat jelas untuk melindungi tubuh dari benda asing yang memasuki tubuh, misalnya virus, bakteri, dan mikroorganisme lainnya. 

2. Pertahanan Nonspesifik (Alamiah)
Pertahanan nonspesifik merupakan pertahanan tubuh yang dibawa sejak lahir sehingga dikenal dengan pertahanan alamiah. Pertahanan nonspesifik meliputi pertahanan fisik, kimia, dan mekanis. Misalnya kulit yang sehat dan utuh, membran mukosa, cairan tubuh yang mengandung zat kimia antimikroba, serta pembilasan oleh air mata, saliva, dan juga urine. Selain itu, fagositosis juga tergolong pertahanan tubuh nonspesifik. Pertahanan berikutnya yaitu inflamasi dan zat antimikroba nonspesifik yang diproduksi tubuh seperti interferon dan komplemen.

3. Pertahanan Spesifik (Adaptif)
Pertahanan spesifik pembahasannya meliputi komponen respons imunitas spesifik (antigen dan antibodi), interaksi antibodi dan antigen, jenis imunitas, sel-sel yang terlibat dalam respons imun, mekanisme respons imunitas humoral (diperantarai antibodi), dan mekanisme respons imunitas seluler (diperantarai sel).

4. Program dan Jenis Imunisasi
Jenis imunisasi sangat banyak jenisnya, yang disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Misalnya imunisasi BCG, imunisasi hepatitis A dan B, imunisasi polio, imunisasi DPT, imunisasi campak, imunisasi Hib, imunisasi MMR, imunisasi tifoid, imunisasi PVC, imunisasi varisela, dan imunisasi influenza.

5. Faktor yang Memengaruhi Sistem Pertahanan Tubuh
Faktor-faktor yang dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh diantaranya yaitu genetik, fisiologis, stres, hormon, olahraga, tidur, nutrisi, pajanan zat berbahaya, racun tubuh, dan penggunaan obat-obatan. 

6. Gangguan Sistem Pertahanan Tubuh
Sistem pertahanan tubuh dapat mengalami gangguan seperti hipersensitivitas atau alergi, penyakit autoimunitas, dan imunodefisiensi.

Untuk materi lebih lengkap, silakan unduh >> Sistem Pertahanan Tubuh << 

Post a Comment for "Materi Sistem Pertahanan Tubuh | Biologi SMA"