Kisi-kisi PSAT (Penilaian Sumatif Akhir Tahun) Biologi Kelas XI

banksoalbiologi.com - Adik-adik kelas XI, tak terasa kita sudah memasuki akhir semester genap pada tahun pelajaran 2022/2023. Dengan demikian, pelaksanaan Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAT) akan segera dilaksanakan. Demi hasil yang maksimal, sebelum dimulainya ujian maka pelajari dan pahami kisi-kisi PSAT Mapel Biologi. Jadikan kisi-kisi ini sebagai panduan, semoga berhasil.

Kisi-kisi PSAT (Penilaian Sumatif Akhir Tahun) Biologi Kelas XI

Materi Pokok: Sistem Pernapasan

NO INDIKATOR SOAL PENJELASAN
1. Disajikan gambar struktur organ pernapasan manusia, peserta didik mampu menjelaskan bagian organ beserta fungsinya dengan tepat. Pelajari struktur alveolus beserta fungsinya. Cari dan kenali gambar alveolus melalui internet.
2. Disajikan data volume udara pernapasan, peserta didik mampu menentukan kapasitas vital paru-paru. Pelajari bagaimana cara menentukan (menghitung) kapasitas vital paru-paru manusia. Ingat dan pahami juga rumusnya.
3. Disajikan pernyataan mengenai salah satu tekbologi pada sistem pernapasan, peserta didik mampu menyebutkan jenis teknologi yang dimaksud dengan tepat. Silakan pelajari jenis teknologi pada sistem pernapasan manusia. Klik disini untuk membuka file materi sistem pernapasan (materi teknologi ada pada halaman 15-16)
4. Disajikan pernyataan mengenai faktor laju pernapasan, peserta didik mampu menentukan pernyataan yang tepat mengenai pengaruh faktor dengan frekuensi bernapas Pelajari faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan seseorang (pahami terutama faktor posisi tubuh dan aktivitas)
5. Disajikan gambar hasil percobaan paru-paru perokok, peserta didik mampu menyimpulkan dampak negatif rokok bagi kesehatan. Dalam soal disajikan gambar hasil percobaan tentang rokok. Terdapat dua gambar rokok. Pertama, rokok tanpa filter dan kedua rokok dengan filter. Hasilnya, terdapat perbedaan keasaman/pH namun tidak signifikan (artinya, pH-nya tidak terlalu jauh berbeda).
Silakan pelajari bagaimana bahaya rokok.
6. Disajikan gambar praktikum laju pernapasan serangga, peserta didik mampu menentukan faktor yang membuat eosin bergerak  Pelajari fungsi KOH, eosin pada praktikum uji pernapasan serangga. (*)

Materi Pokok: Sistem Ekskresi
NO INDIKATOR SOAL PENJELASAN
1. Disajikan gambar paru-paru, peserta didik mampu menentukan fungsi dari paru-paru Pelajari alasan mengapa paru-paru digolongkan kedalam organ ekskresi.
2. Disajikan skema pemecahan eritrosit, peserta didik mampu menganalisis proses tahapan yang terjadi dengan tepat. Pelajari proses pembentukan empedu (proses pemecahan eritrosit) oleh organ hati. Agar memudahkan, pelajari melalui bagan/skema.
3. Disajikan skema cuci darah (hemodialisis), peserta didik mampu menjelaskan prinsip alat kerja tersebut dengan tepat. Pelajari prinsip cuci darah (hemodialisis). Hemodialisis memiliki konsep kerjanya seperti ginjal yakni menyaring darah (dialisis).
4. Disajikan pernyataan tentang peran minuman elektrolit, peserta didik mampu menganalisis hubungannya dengan sistem ekskresi. Pelajari peranan elektrolit terhadap keseimbangan cairan tubuh.
5. Disajikan skema pembentukan urine, peserta didik mampu menyebutkan bagian yang berlabel secara berurutan Pelajari proses pembentukan urine. Pahami 3 tahap prosesnya, yaitu filtrasi, reabsorpsi, dan augmentasi.
Filtrasi > urine primer
Reabsorpsi > urine sekunder
Augmentasi > urine sesungguhnya 
(*)
6. Disajikan gambar Kapsula Bowman, peserta didik mampu menentukan fungsi dari gambar tersebut  Pelajari bagian ginjal beserta fungsinya. Terutama bagian ginjal yang bernama kapsula bowman dan glomerulus. Cari gambar kapsula bowman dan glomerulus di internet.
7. Disajikan hasil tes urine, peserta didik mampu menentukan kelainan fungsi yang terjadi Pelajari proses yang terjadi pada 3 tahapan pembentukan urine.

Materi Pokok: Sistem Koordinasi
NO INDIKATOR SOAL PENJELASAN
1. Disajikan gambar sel saraf (neuron), peserta didik mampu menganalisis fungsi dari gambar bagian sel saraf tersebut. Pelajari bagian-bagian sel saraf (neuron), terutama fungsi dendrit, akson, dan badan sel.
2. Disajikan pernyatan mengenai kerusakan pada otak, peserta didik mampu menentukan akibat yang akan terjadi akibat kerusakan tersebut pada otak Pelajari bagian otak kecil dan fungsinya. 
Pelajari juga bagian otak (lobus) beserta fungsinya. (*)
3. Disajikan gambar seorang atlet sedang memanah, peserta didik mampu mengurutkan alur kerja sistem saraf yang terjadi. Pelajari urutan kerja saraf disadari, mulai dari reseptor hingga efektor.
4. Disajikan pernyataan mengenai dampak penggunaan narkoba, peserta didik mampu mengidentifikasi dampak penyalahgunaan narkoba tersebut dengan benar. Pelajari dampak negatif penyalahgunaan narkoba.
5. Disajikan penrnyataan mengenai dampak penggunaan narkoba, peserta didik mampu menyebutkan dampak penyalahgunaan terhadap fisioneurologic. Pelajari dampak negatif penyalahgunaan narkoba terhadap fisioneurologic. Cari pengertian fisioneurologic.
6. Disajikan pernyataan ciri-ciri salah satu gangguan pada sistem saraf, peserta didik mampu mengidentifikasi nama jenis gangguan dengan benar.  Pelajari gangguan terhadap sistem saraf, seperti ensefalis, alzheimer, dan narkolepsi.
7. Disajikan fungsi dari salah satu hormon, peserta didik mampu menentukan pasangan hormon yang sesuai dengan fungsi tersebut Pelajari fungsi hormon, terutama hormon insulin dan adrenalin.
8. Disajikan ciri-ciri salah satu kelenjar endokrin, peserta didik mampu menentukan kelenjar yang sesuai dengan ciri-ciri tersebut Pelajari ciri dan fungsi dari kelenjar hipofisis. Cari gambarnya di internet.
9. Disajikan gambar kelainan pertumbuhan pada manusia, peserta didik mampu menyebutkan kelainan akibat hiperseksekresi hormon pertumbuhan yang dimaksud. Pelajari hormon yang berperan dalam pertumbuhan, baik kelebihan maupun kekurangan hormon tersebut.
10. Disajikan gambar kelainan pada mata, peserta didik mampu menganalisis penyebab serta penganggulangannya dengan tepat. Pelajari gangguan yang dapat terjadi pada mata, terutama perbedaan miopi (rabun jauh) dengan hipermetropi (rabun dekat). Pelajari juga bagaimana penanggulangannya (penggunaan jenis lensa kacamata).
11. Disajikan gambar struktur indera pendengaran, peserta didik mampu menunjukkan bagian organ beserta fungsinya. Pelajari bagian-bagian telinga, terutama struktur membran timpani, koklea (rumah siput), dan tulang-tulang pendengaran.
12. Disajikan gambar penampang kulit, peserta didik mampu menyebutkan reseptor rasa nyeri. Pelajari jenis-jenis repeptor pada kulit dan fungsinya.
13. Disajikan pernyataan mengenai gangguan pada indra pembau, peserta didik mampu menyebutkan jenis gangguan yang dimaksud dengan benar. Pelajari gangguan yang dapat terjadi pada hidung sebagai indra pembau. Lihat materi gangguan pada indra pembau disini (halaman 6 s.d 9)
14. Disajikan gambar lidah, peserta didik mampu menunjukkan area gangguan tidak bisa mengecap rasa manis. Pelajari gambar lidah, kenali area yang merespon rasa manis, asin, asam, dan pahit.

Materi Pokok: Sistem Reproduksi Manusia
NO INDIKATOR SOAL PENJELASAN
1. Disajikan gambar organ reproduksi laki-laki, peserta didik mampu mendeskripsikan fungsi organ yang ditunjuk. Pelajari bagian-bagian organ reproduksi pada laki-laki beserta fungsinya, terutama testis, epididimis, vas deferens, vesika seminalis.
2. Disajikan grafik siklus menstruasi, peserta didik mampu menganalisis tahap yang terjadi pada pra-ovulasi. Pelajari siklus menstruasi, terutama pada fase pra-ovulasi.
Ingat, hormon yang berperan pada saat ovulasi adalah LH.
3. Disajikan gambar struktur membran kehamilan, peserta didik mampu menyebutkan bagian yang ditunjuk beserta fungsinya. Pelajari bagian tali pusar dan plasenta pada bayi beserta fungsinya. Cari dalam bentuk gambar melalui internet.
4. Disajikan data ciri-ciri gangguan pada sistem reproduksi manusia, peserta didik mampu menyimpulkan jenis penyakit yang dimaksud. Pelajari penyakit pada sistem reproduksi manusia, terutama gonorhoe, sifilis, dan endometriosis.
5. Disajikan gambar organ reproduksi wanita, peserta didik mampu menjelaskan bagian yang ditunjuk beserta fungsinya dengan tepat. Pelajari gambar organ reproduksi pada wanita. Pelajari baian beserta fungsinya, seperti ovarium, tuba fallopi, uterus (rahim), endometrium, fimbrae, vagina.
6. Disajikan gambar organ reproduksi pada laki-laki, peserta didik mampu menjelaskan konsep kontrasepsi permanen dengan benar.  Pelajari prinsip utama mettode kontrasepsi. Pelajari metode kontrasepsi permanen pada laki-laki (vasektomi). Pelajari juga melalui gambar.
Bedakan pula dengan metode kontrasepsi pada wanita. (*)
7. Disajikan gambar spermatogenesis dan oogenesis, peserta didik mampu menyimpulkan dari kedua proses tersebut. Pelajari spermatogenesis dan oognesis. Bedakan keduanya, seperti jumlah pembelahan meiosis, jumlah jumlah akhir pembelahannya.
8. Disajikan pernyataan mengenai ASI, peserta didik mampu menjelaskan manfaat ASI bagi ibu dan bayi. Cari dan pelajaari manfaat ASI bagi ibu dan bayi.

Materi Pokok: Sistem Pertahanan Tubuh
NO INDIKATOR SOAL PENJELASAN
1. Disajikan ciri-ciri salah satu penyakit, peserta didik mampu menyimpulkan jenis imunisasi untuk pencegahan penyakit tersebut dengan tepat. Pelajari jenis-jenis imunisasi beserta  tujuan penggunaannya. Misalnya imunisasi BCG untuk pencegahan tuberkulosis (TBC). (*)
2. Disajikan pernyataan mengenai seseorang yang terkena cacar, peserta didik mampu menjelaskan alasan mengapa tidak akan terkena cacar di kemudian hari. Cari dan pelajari mengenai kekebalan tubuh saat terkena cacar.
3. Disajikan beberapa pernyataan mekanisme tentang sistem imun, peserta didik mampu menyebutkan fungsi sel pertahanan tubuh. Pelajari mekanisme reaksi yang dilakukan oleh makrofag, sel limfosit B, sel memori, dan sel sitotoksik.
4. Disajikan gambar seorang anak sedang melakukan vaksinasi, peserta didik mampu menyebutkan hal-hal yang berkaitan dengan vaksin secara benar. Pelajari konsep penggunaan vaksin.

Ket; (*) Soal uraian.
Demikian kisi-kisi PSAT Biologi kelas XI, selamat melaksanakan ujian.

Post a Comment for "Kisi-kisi PSAT (Penilaian Sumatif Akhir Tahun) Biologi Kelas XI"