Kisi-kisi PSTS Biologi Kelas XI | Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024

banksoalbiologi.com - Adik-adik kelas XI, tak terasa kita sudah memasuki pertengahan semester ganjil pada tahun pelajaran 2023/2024. Dengan demikian, pelaksanaan Penilaian Sumatif Tengah Semester (PSTS) akan segera dilaksanakan. Demi hasil yang maksimal, sebelum dimulainya ujian maka pelajari dan pahami kisi-kisi PSTS Mapel Biologi. Jadikan kisi-kisi ini sebagai panduan, semoga berhasil.

soal pts psts biologi kelas xi


Materi Pokok: Struktur dan Fungsi Sel
Sub Materi Pokok: Organel Sel dan Transpor Sel

 
NO INDIKATOR SOAL PENJELASAN
1. Disajikan pernyataan tentang sel prokariotik dan eukariotik, peserta didik mampu menjelaskan ciri-ciri sel prokariotik. Silakan pelajari ciri-ciri sel prokariotik. 
Ingat sel prokariotik tidak memiliki membran inti sel, misalnya pada kelompok bakteri (Bacteria dan Archae) atau kelompok Monera. Untuk lebih lengkapnya lihat materi DISINI.
2. Disajikan pernyataan tentang perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, peserta didik mampu menyebutkan organel sel yang hanya terdapat pada sel hewan. Pelajari tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Lihat DISINI
3. Disajikan gambar sel tumbuhan, siswa dapat menjelaskan fungsi organel sel dengan benar Pelajari organel sel beserta fungsinya, terutama mitokondria, vakuola, inti sel (nukleus). Pelajari juga gambarnya.
4. Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat memilih pernyataan yang termasuk fungsi badan Golgi. Pelajari ciri-ciri organel badan Golgi beserta fungsinya. Ingat, badan Golgi itu bentuknya seperti kantong pipih bertumpuk. Lihat DISINI (buka unduh ppt, ada di halaman 23)
5. Disajikan ciri-ciri suatu organel sel, peserta didik mampu menyebutkan ciri dari Retikulum Endoplasma Pelajari ciri dan fungsi Retikulum Endoplasma (RE). Lihat DISINI (buka unduh ppt, ada di halaman 22)
6. Disajikan gambar sel hewan, peserta didik dapat menunjukkan jenis organel yang berperan dalam pembentukan lisosom. Cari dan pelajari organel sel yang fungsinya membentuk lisosom.
7. Disajikan gambar sel tumbuhan, siswa dapat menunjukkan jenis organel sesuai dengan fungsi yang dimaksud dengan benar Baca dan pelajari gambar dan fungsi kloroplas.
8. Disajikan gambar struktur membran sel, peserta didik dapat menunjukkan bagian fosfolipid bilayer. Pelajari ciri-ciri fosfolipid bilayer dan fungsinya.
9. Disajikan pernyataan tentang transpor di dalam sel, siswa dapat memilih pernyataan yang termasuk dalam aktifitas eksositosis dengan  benar Baca DISINI (silakan klik Unduh File Materi Lengkap, lalu lihat halaman 5 materi tentang eksositosis)
10. Disajikan pernyataan tentang kloroplas, siswa dapat menjelaskan fungsi stroma dengan benar Carilah fungsi stroma.
11. Disajikan pernyataan tentang sel, siswa dapat menentukan bagian sel yang paling banyak mengandung asam nukleat dengan    benar.  Pelajari ciri-ciri dan fungsi nukelus (inti sel)
12. Disajikan pernyataan tentang organel sel, peserta didik mampu menjelaskan fungsi lisosom dan sentrosom Silakan baca dan pelajari fungsi lisosom dan sentrosom. Baca DISINI (lihat fungsi lisosom dan sentriol/sentrosom)
13. Disajikan pernyataan tentang sifat/karakteristik suatu bagian sel, siswa dapat memadukan sifat sel dengan bagian selnya dengan benar.  Baca dan pelajari tentang organel sel, terutama ciri-ciri sitoplasma.
14. Disajikan pernyataan tentang sel, siswa dapat menghubungkan ciri dengan struktur sel dengan benar Baca dan pelajari tentang organel sel, terutama ciri membran sel.
15. Diberikan sebuah gambar percobaan osmosis pada kentang, siswa dapat menyimpulkan hasil percobaan  Pelajari kembali praktikum osmosis pada kentang. Ingat yang dinamakan osmosis itu perpindahan dari larutan encer ke pekat. Amati dari gambar kentang tersebut, mana yang encer dan mana yang pekat.
16. Diberikan pernyataan tentang transpor membran, siswa dapat mengaitkan ciri dengan jenis transpor membran dengan benar Pelajari tentang difusi sederhana. Baca DISINI (silakan klik Unduh File Materi Lengkap, lalu lihat halaman 1 tentang Difusi)
17. Disajikan sebuah gambar transpor aktif pada membran sel, siswa dapat menganalisis peristiwa yang terjadi dengan benar.  Baca dan pelajari tentang mekanisme endositosis. Baca DISINI (silakan klik Unduh File Materi Lengkap, lalu lihat halaman 5 tentang endositosis, terutama poin pertama)
18. Disajikan pernyataan tentang pompa natrium- kalium pada transpor membran, siswa dapat memilih jenis transpor membran yang cocok dengan peristiwa yang digambarkan dengan benar Baca dan pelajari materi tentang Transportasi Aktif Primer dan Transpor Aktif Sekunder. Silakan cari di google.
19. Disajikan gambar transpor membran, siswa dapat menjelaskan mekanisme transpor aktif sekunder dengan benar Baca dan pelajari mekanise transpor aktif sekunder. Silakan cari di google.
20. Disajikan gambar sel prokariotik dan sel eukariotik, peserta didik mampu membedakan keduanya berdasarkan ada tidaknya membran inti sel  Pelajari perbedaan sel prokariotik dan eukariotik. Ingat, prokariotik dan eukariotik dibedakan berdasarkan ada tidaknya membran inti sel.
21. Disajikan gambar proses transpor membrane pada sel tumbuhan, peserta didik dapat menyimpulkan proses yang terjadi di dalam sel dengan benar Pelajari konsep perpindahan larutan berdasarkan pengertian osmosis. Pelajari lagi kisi-kisi nomor 15.
22. Disajikan pernyataan tentang sel, peserta didik mampu menjelaskan pengertian sel sebagai unit terkecil dari makhluk hidup. Pelajari definisi atau arti sel sebagai unti terkecil dari makhluk hidup/kehidupan. *)

Materi Pokok: Struktur dan Fungsi Sel
Sub Materi Pokok: Pembelahan Sel

NO INDIKATOR SOAL PENJELASAN
1. Disajikan pernyataan tentang ciri suatu tahap pembelahan, peserta didik mampu menyebutkan tahap pembelahan tersebut. Pelajari ciri-ciri tahap pembelahan sel, terutama ciri tahap sitokinesis.

Kuasai perbedaan pembelahan amiotis, mitosis, meiosis. *)

2. Disajikan gambar tahapan pembelahan sel, siswa dapat menentukan tahapan pembelahan sel dengan benar Pelajari gambar tahap-tahap pembelahan mitosis, terutama tahap anafase.
3. Disajikan gambar siklus sel, siswa dapat menunjukkan kode terjadinya replikasi kromosom dengan benar.  Pelajari tahap interfase pada pembelahan mitosis. Pelajari ciri-ciri tahap S (Sintesis)

Kuasai 3 tahap interfase (G1 - S - G2) beserta penjelasannya. *)
4. Diberikan gambar pembelahan sel, siswa dapat membedakan tahapan pembelahan  sel  Pelajari tahap-tahap pembelahan sel, terutama tahap Metafase (pelajari juga gambarnya).
5. Diberikan gambar pembelahan mitosis, siswa dapat mengemukakan proses yang terjadi dalam pembelahan sel dengan benar  Pelajari ciri-ciri tahap pembelahan Metafse.
6. Diberikan sebuah data pengamatan, siswa dapat menentukan fase pembelahan sel dengan benar Pelajari ciri-ciri tahap pembelahan Profase.
7. Disajikan gambar Oogenesis, siswa dapat mengurutkan tahapan oogenesis dengan benar Pelajari gambar Oogenesis (silakan pelajari melalui gambar yang telah dibahas).
8. Disajikan pernyataan tentang pembelahan sel, siswa dapat memilih ciri khas pembelahan mitosis dengan benar Pelajari ciri-ciri tahap pembelahan Anafase. Baca DISINI

Materi Pokok: Sistem Pencernaan
NO INDIKATOR SOAL PENJELASAN
1. Disajikan gambar sistem pencernaan manusia, peserta didik mampu menyebutkan organ yang berfungsi dalam mencerna lemak Pelajari organ pankreas dan usus halus (pelajari juga gambarnya). Cari aja di google ya.

Kuasai perbedaan pencernaan mekanis dan kimiawi. *)
2. Disajikan sebuah pernyataan tentang zat makanan, siswa dapat memilih jenis nutrisi dalam bahan makanan yang tidak akan mengalami pencernaan kimiawi dan mekanis dengan benar Ingat, zat makanan yang tidak dicerna yaitu mineral, vitamin, dan air. Maksudnya zat-zat tersebut tidak perlu untuk dipecah terlebih dahulu sebelum diserap tubuh.
3. Peserta didik dapat menjelaskan reaksi enzim dalam usus halus Silakan pelajari enzim-enzim yang terdapat dalam usus halus beserta fungsinya.
4. Disajikan pernyataan tentang vitamin, siswa dapat menghubungkan antara nama, sumber dan fungsi vitamin dengan benar.  Pelajari fungsi vitamin B12
5. Disajikan narasi tentang nutrisi yang berperan penting dalam tubuh, siswa dapat menjelaskan peran enzim pada proses pencernaan protein Pelajari Enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan protein.
6. Disajikan beberapa proses pencernaan makanan, siswa dapat menentukan proses pencernaan yang terjadi dalam usus besar  Silakan pelajari proses pencernaan yang terjadi di dalam usus besar.
7. Disajikan gambar anatomi gigi, peserta didik dapat menunjukkan bagian gigi yang banyak mengandung pembuluh saraf dan pembuluh darah  dengan benar.  Pelajari bagian gigi yang mengandung pembuluh saraf dan pembuluh darah. Pelajari melalui gambar.
8. Disajikan pernyataan tentang pencernaan makanan, siswa dapat membuat urutan proses pencernaan makanan dengan benar Ingat kembali urutan saluran pencernaan mulai dari Mulut hingga anus.
9. Disajikan pernyataan tentang fungsi zat makanan makanan, siswa dapat menentukan beberapa fungsi protein dengan benar Pelajari fungsi protein.
10. Disajikan pernyataan tentang hasil pencernaan makanan, siswa dapat menjelaskan penetralan asam lambung dengan benar Pelajari fungsi pankreas dalam hal menetralkan asam lambung. (pelajari zat apa yang dihasilkan pankreas)

Tips Sukses Mengerjakan Soal PSTS Biologi:
1. Baca satu per satu indikator soal dengan seksama.
2. Pelajari contoh soal PSTS tahun lalu (Klik DISINI untuk melihat lebih lengkap)
3. Untuk materi sistem pencernaan, silakan lihat kembali soal-soal yang terdapat dalam menu SMANSI - LATIHAN UJIAN
😊

Post a Comment for "Kisi-kisi PSTS Biologi Kelas XI | Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024"