Kisi-kisi PSTS Biologi Kelas XII | Tahun Pelajaran 2023/2024

banksoalbiologi.com - Adik-adik kelas XII, tak terasa kita sudah memasuki pertengahan semester ganjil pada tahun pelajaran 2023/2024. Dengan demikian, pelaksanaan Penilaian Sumatif Tengah Semester (PSTS) akan segera dilaksanakan. Demi hasil yang maksimal, sebelum dimulainya ujian maka pelajari dan pahami kisi-kisi PSTS Mapel Biologi. Jadikan kisi-kisi ini sebagai panduan, semoga berhasil.

Kisi-kisi PSTS Biologi Kelas XII | Tahun Pelajaran 2023/2024

Materi: Pertumbuhan dan Perkembangan

Materi: Pertumbuhan dan Perkembangan
NO INDIKATOR SOAL PENJELASAN
1. Disajikan pernyataan terkait ciri makhluk hidup, peserta didik mampu menyebutkan arti pertumbuhan. Pahami pengertian pertumbuhan. Ingat, pertumbuhan memiliki sifat irreversible (tidak kembali ke semula. Selengkapnya pelajari DISINI.
2. Disajikan pernyataan tentang pertumbuhan dan perkembangan, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri tumbuhan yang telah mengalami dewasa. Pelajari contoh perkembangan pada tumbuhan. Contoh perkembangan pada tumbuhan diantaranya yaitu munculnya bunga dan buah.
3. Disajikan pernyataan tentang contoh pertumbuhan dan perkembangan, peserta didik mampu menunjukkan contoh yang termasuk kedalam pertumbuhan. Pelajari contoh pertumbuhan pada manusia. Ingat, kata kunci ciri pertumbuhan yaitu bertambahnya ukuran.
4. Disajikan gambar biji yang sedang mengalami pertumbuhan, peserta didik mampu mengidentifikasi faktorr-faktor yang dapat mempengaruhi perkecambahan pada biji. Pelajari faktor-faktor yang dapat memengaruhi perkecambahan pada biji. Lihat contoh soalnya DISINI.
5. Disajikan gambar pengaruh cahaya dan hormon auksin terhadap pertumbuhan tanaman, peserta didik mampu menyimpulkan dengan tepat berdasarkan gambar tersebut. Ingat, hormon akan rusak atau terurai jika terkena cahaya matahari. Oleh sebab itu bagian tumbuhan yang terkena cahaya matahari akan sedikit hormon auksin.
6. Disajikan grafik hubungan dengan tinggi batang tanaman, peserta didik mampu menyimpulkan dengan tepat. Suhu berpengaruh terhadap pertumbuhan. Untuk menjawab soal ini, cermati setiap opsi jawaban lalu samakan dengan grafik. Kalian hanya perlu memahami grafik.
7. Disajikan gambar proses perkecambahan biji, peserta didik mampu membedakan tipe perkecambahan epigeal dan hipogeal Pelajari tipe perkecambahan epigeal. Pelajari juga melalui gambar.
8. Disajikan pernyataan tentang pengaruh cahaya terhadap kinerja hormon auksin, peserta didik mampu menganalisis tumbuhan yang seolah-olah mengikuti arah datangnya cahaya. Lihat penjelasan kisi-kisi nomor 5.
9. Disajikan narasi seorang petani yang melukai bagian tumbuhan, peserta dapat mengidentifikasi faktor hormon asam traumalin dalam menutup luka. Pelajari hormon tumbuhan yang berperan dalam menutup luka pada tumbuhan.
10. Disajikan sebuah percobaan pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan, peserta didik mampu menganalisis perbedaan pertumbuhan yang disimpan di tempat gelap dan terang. Ingatlah kecambah yang disimpan di tempat yang gelap, batangnya akan selalu lebih tinggi dari pada yang disimpan di tempat terang. 
Hal ini karena di tempat gelap hormon auksin  berfungsi dengan sangat baik sehingga tumbuh lebih cepat. Jadi, semakin gelap (intensitas cahaya rendah), maka tumbuhan akan tumbuh lebih cepat.
Tapi, tumbuhan yang tumbuh di tempat gelap kondisinya kurang baik, daunnya menguning, batangnya besar namun lemah, jumlah akar sedikit. *)
11. Disajikan data hasil percobaan pengaruh cahaya terhadap tinggi tanaman kacang tanah, peserta didik mampu menganalisis hasil percobaan. Lihat penjelasan kisi-kisi nomor 10. 
12. Disajikan beberpa pernyataan mengenai fungsi hormon, peserta didik mampu mengidentifikasi fungsi hormon giberelin. Pelajari fungsi hormon giberelin.
13. Disajikan data hasil percobaan pertumbuhan tanaman kacang hijau, peserta didik mampu menyimpulkan dari percobaan tersebut. Untuk menjawab soal seperti ini, kalian pahami dan cermati data yang diberikan. Lalu baca setiap opsi dengan seksama. Kalian hanya perlu teliti.
14. Peserta didik mampu membedakan tanaman yang disimpan di tempat gelap dan terang. Lihat penjelasan kisi-kisi nomor 10. 
15. Disajikan data hasil percobaan pertumbuhan tanaman kacang hijau, peserta didik mampu menyimpulkan dari percobaan tersebut.

Lihat penjelasan kisi-kisi nomor 10. 

16. Disajikan data hasil percobaan pertumbuhan tanaman kacang hijau, peserta didik mampu menyimpulkan dari percobaan tersebut. Untuk menjawab soal seperti ini, kalian pahami dan cermati data yang diberikan. Lalu baca setiap opsi dengan seksama. Kalian hanya perlu teliti.

17. Disajikan gambar pembengkokan batang, peserta didik mampu menganalisis faktor yang dapat mempengaruhi peristiwa tersebut. Ingat, hormon akan rusak atau terurai jika terkena cahaya matahari. Oleh sebab itu bagian tumbuhan yang terkena cahaya matahari akan sedikit hormon auksin. Lihat contoh soalnya DISINI

18. Disajikan data percobaan pengaruh suhu terhadap pertumbuhan kecambah kacang, peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan. Untuk menjawab soal seperti ini, kalian pahami dan cermati data yang diberikan. Lalu baca setiap opsi dengan seksama. Kalian hanya perlu teliti.

19. Disajikan pernyataan mengenai tumbuh kembang anak, peserta didik mampu menganalisis faktor yang dapat menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan menjadi baik. Cari dan pelajari cara yang dapat dilakukan agar anak dapat mengalami pertumbuhan dengan baik. Salah satu caranya yaitu dengan memberi asupan nutrisi yang cukup.
20. Disajikan tahapan perkembangan dan pertumbuhan embrio hewan, peserta didik mampu mengurutkan tahapan dengan tepat. Cari dan pelajari urutan tahap pertumbuhan embrio. Baca DISINI (unduh.doc lalu baca halaman 17)

Materi: Enzim dan Metabolisme
NO INDIKATOR SOAL PENJELASAN
1. Disajikan pernyataan mengenai peran enzim sebagai biokatalisator, peserta didik mampu menjelaskan tujuan enzim pada proses metabolisme. Pelajari sifat-sifat enzim. Ingat enzim berperan dalam mempercepat laju reaksi. Misalnya mempercepat pemecahan amilum, asam peroksida (H2O2) oleh enzim katalase di dalam hati, dsb.
2. Disajikan gambar cara kerja enzim, peserta didik mampu menjelaskan dengan tepat berdasarkan gambar tersebut. Pelajari cara kerja enzim, terutama melalui gambar.

Kuasai juga teori kerja enzim menurut teori gembok dengan anak kunci dan teori kecocokan terinduksi *)
3. Disajikan tabel perlakuan pengamatan terhadap enzim katalase, peserta didik dapat menentukan hasil dari perlakuan tersebut dengan tepat. Ingat, enzim katalase banyak terdapat dalam hati. Enzim katalase berfungsi untuk mengurai racun dalam tubuh. Dalam praktikum Uji Enzim Katalase, yang berperan sebagai racun yaitu asam peroksida (H2O2).
H2O2 ini akan diurai menjadi senyawa yang tidak berbahaya yaitu H2O (air) dan O2 (oksigen).
Saat praktikum, gelembung yang dihasilkan menandakan adanya H2O, sedangkan bara api yang menyala menandakan adanya gas oksigen.
Semakin banyak menghasilkan gelembung gas dan bara api menyala terang berarti semakin baik kerja enzim katalase.
Berbeda dengan saat enzim katalase bekerja dalam keadaan asam atau basa (pengaruh pH), serta dalam keadaan suhu yang rendah atau tinggi maka kerja enzim katalase akan terganggun, sehingga saat praktikum ditandai dengan gelembung gas yang sedikit dan bara api yang tidak menyala terang.
4. Disajikan pernyataan tentang reaksi metabolisme, peserta didik mampu menunjukkan aktivitas katabolisme dengan benar. Pelajari contoh katabolisme.
Katabolisme merupakan reaksi perombakan dari senyawa yang kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana. Tujuannya untuk menghasilkan energi. Contoh katabolisme yaitu respirasi. Respirasi merupakan perombakan zat makanan untuk menghasilkan energi. 
Ingat, untuk menjawab soal ini, kalian harus ingat katabolisme akan selalu berhubungan dengan proses pengubahan makanan dalam tubuh. Yang berhubungan dengan tumbuhan yakni contoh Anabolisme.
5. Disajikan tabel pengamatan enzim katalase, peserta didik mampu menyimpulkan hasil dari perlakuan tersebut. Baca dan pelajari kisi-kisi soal nomor 3.
6. Disajikan gambar cara kerja enzim, peserta didik mampu menjelaskan sifat enzim yang berhubungan dengan gambar tersebut. Pelajari sifat enzim yang bekerja hanya pada substrat tertentu atau bersifat spesifik (bentuk sisi aktif enzim sama dengan bentuk substrat).
7. Disajikan data percobaan pengaruh kerja enzim, peserta didik mampu menyimpulkan hasil percobaan tersebut. Baca dan pelajari kisi-kisi soal nomor 3.
8. Disajikan pernyataan tentang proses fotosintesis, peserta didik mampu mengidentifikasi contoh anabolisme. Anabolisme merupakan penyusunan senyawa kompleks dari senyawa sederhana, misalnya proses fotosintesis pada tumbuhan.
9. Disajikan pernyataan reaksi yang terjadi pada saat fotosintesis, peserta didik mampu mengurutkan reaksi gelap. Pelajari mekanisme reaksi gelap fotosintesis. Mekanisme reaksi gelap secara singkat terdiri dari 3 tahap, yaitu: fiksasi, reduksi, dan regenerasi.
a) fiksasi karbondioksida (CO2)
b) reduksi, yaknni perubahan PGA menjadi PGAL
c) sintesis senyawa organik dari PGAL.
Selengkapnya lihat DISINI (klik UNDUH, materinya ada di halaman 30)
10. Disajikan pernyataan tentang proses katabolisme, peserta didik mampu mengidentifikasi tahap respirasi pengubahan asam piruvat menjadi asetil Ko-A. Pahami tahapan respirasi aerob.
Terdiri dari 4 tahap, yaitu glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus Krebs, dan transpor elektron. Cari dan pelajari pada tahap apakah asam piruvat diubah menjadi asetil Ko-A. Selengkapnya lihat DISINI (klik UNDUH, baca dari halaman 18 materi respirasi aerob). 
Atau dapat melihat tugas peta konsep yang pernah dibuat DISINI 
Kuasai 4 tahap respirasi aerob, mulai dari tempat reaksi sampai hasil reaksi*)
11. Peserta didik mampu menyebutkan hasil respirasi aerob pada tahap siklus Krebs. Pelajari hasil dari tahap siklus Krebs. Selengkapnya baca DISINI (klik UNDUH, baca halaman 19)
12. Disajikan gambar seseorang yang sedang mengalami lelah setelah berolahraga, peserta didik mampu menjelaskan faktor penyebabnya. Pelajari materi respirasi anaerob, khususnya fermentasi asam laktat. Baca DISINI (klik UNDUH, baca halaman 22-23)
13. Peserta didik mampu menyebutkan hasil akhir reaksi terang pada fotosintesis. Pelajari materi reaksi terang fotosintesis, baca DISINI (klik UNDUH, baca halaman 28)
14. Disajikan tabel perbedaan reaksi terang dan reaksi gelap, peserta didik mampu menjelaskan perbedaan kedua reaksi tersebut. Pelajari perbedaan reaksi gelap dan terang, dilihat dari hasil akhir. 
15. Disajikan gambar bagan respirasi aerob, peserta didik mampu menganalisis tahap respirasi yang terjadi serta hasil reaksinya. Terdapat bagan yang menggambarkan tahap reaksi respirasi aerob. 
Ingat kembali 4 tahap reaksi respirasi aerob, mulai dari Glikolisis hingga transpor elektron. Pelajari proses pengubahan zat apa dan hasil akhirnya dari keempat tahap reaksi tersebut.
16. Disajikan pernyataan tentang tahapan respirasi, peserta didik mampu mengidentifikasi peristiwa yang terjadi antara glikolisis dan daur Krebs. Lihat penjelasan kisi-kisi nomor 10.
17. Disajikan gambar siklus Calvin, peserta didik mampu menganalisis tahapan yang terjadi serta hasilnya. Pelajari kisi-kisi nomor 9. 
Lihat bagan siklus Calvin atau reaksi gelap DISINI (Cara baca, lihat urutan nomor)
18. Disajikan data tabel respirasi aerob dan anaerob, peserta didik mampu membedakan antara keduanya. Pelajari hasil akhir respirasi aerob dan anaerob.
Pelajari melalui tabel, lihat DISINI (klik UNDUH, pelajari Tabel Perbandingan respirasi sel secara aerob dengan anaerob, halaman 23)
19. Disajikan pernyataan tentang fotosintesis, peserta didik mampu menentukan faktor lingkungan yang dapat mempercepat proses fotosintesis. Pelajari faktor-faktor yang memengaruhi laju fotosintesis (klik DISINI, halaman 32). *)
20. Disajikan gambar percobaan fotosintesis, peserta didik mampu menentukan produk yang dihasilkan dari percobaan tersebut. Ingat kembali praktikum fotosintesis Ingenhousz yang menggunakan tumbuhan Hydrilla sp. Lihat rancangan percobaannya DISINI. Ingat fotosintesis menghasilkan glukosa dan gas. Gas yang dimaksud dalam praktikum ini yaitu oksigen dari hasil pemecahan air.

Tips Sukses Mengerjakan Soal PSTS Biologi:
1. Baca satu per satu indikator soal dengan seksama.
2. Pelajari contoh soal PSTS tahun lalu (Klik DISINI untuk melihat lebih lengkap
3. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silakan di japri saja via WA.

Post a Comment for "Kisi-kisi PSTS Biologi Kelas XII | Tahun Pelajaran 2023/2024"