Download Soal Latihan Persiapan PSAJ Biologi Tahun 2024

Download Soal Latihan Persiapan PSAJ Biologi Tahun 2024

Assalaamu'alaikum. Halo adik-adik hebat kelas 12. Ciee yang sebentar lagi lulus nih, mau meninggalkan sekolahnya dongg😁 Eitss, tapi tunggu dulu nggak segampang itu Fergusoo😂 Kalian, adik-adik kelas 12 mesti menghadapi ujian akhir (Penilaian Sumatif Akhir Jenjang/PSAJ). Nah, agar ujiannya sukses maka perlu belajar dengan sungguh-sungguh atuh biar lancar jaya. 

Di bawah ini adalah kumpulan soal-soal yang dapat dijadikan latihan sebelum pelaksanaan ujian nanti. Silakan pelajari satu per satu soalnya ya. Selamat belajar, gass teruss💪

Indikator soal:

Disajikan gambar pengaruh cahaya dan hormon auksin terhadap pertumbuhan tanaman, peserta didik mampu menyimpulkan dengan tepat berdasarkan gambar tersebut.

Soal:
Perhatikan gambar berikut.

pengaruh-cahaya-terhadap-hormon-auksin
Gambar tersebut menunjukkan pengaruh cahaya dan hormon auksin terhadap pertumbuhan tanaman. Simpulan yang tepat sesuai dengan gambar tersebut adalah ...
A. sinar matahari menyebabkan hormon auksin semakin banyak dihasilkan.
B. bagian tanaman yang tidak terkena sinar matahari menyebabkan kerusakan hormon auksin.
C. Bagian tanaman yang tidak terkena sinar matahari menyebabkan hormon auksin tidak berfungsi dengan baik.
D. Posisi sinar matahari yang berada tepat di atas tanaman menyebabkan hormon auksin tersebar merata.
E. Posisi hormon auksin berpindah ke bagian tanaman yang terkena sinar matahari sehingga tanaman tumbuh mengarah ke matahari.

***

Indikator Soal:
Disajikan gambar daun yang kekurangan nutrisi, peserta didik mampu menyebutkan pengertian unsur makro beserta contohnya.

Soal:
Perhatikan gambar berikut.
mikronutrien-makronutrien

Tumbuhan memerlukan nutrisi, baik makro maupun mikro untuk kelangsungan hidupnya. Gambar (A) menunjukkan daun yang kekurangan magnesium, tampak daun tidak berwarna hijau karena kekurangan klorofil. Sedangkan gambar (B) tampak ujung-ujung daunnya mati, mengering, dan berwarna kecoklatan karena kekurangan kalium (potasium). 
Berdasarkan penjelasan di atas, tentukan apakah pernyataan di bawah ini benar atau salah.
  • Unsur makro merupakan nutrisi yang diperlukan tumbuhan dalam jumlah banyak, misalnya magnesium dan kalium (potasium).
  • Magnesium tergolong unsur makro, karena jika kekurangan akan menyebabkan klorosis (berwarna kuning), sedangkan kalium tergolong unsur mikro karena dibutuhkan dalam jumlah sedikit.
***

Indikator Soal:
Disajikan suatu percobaan pengaruh faktor eksternal terhadap pertumbuhan kecambah, peserta didik mampu menganalisis hasil percobaan tersebut dengan tepat.

Soal:
Sekelompok siswa melakukan percobaan pengaruh faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan pada kecambah kacang hijau dengan cara menyimpan pada tempat yang berbeda. Setelah hari ke-5, kedua kecambah menunjukkan perbedaan yang mencolok, seperti tampak pada gambar berikut.

Berdasarkan hasil analisis bersama dengan kelompoknya, berikut merupakan kesimpulan yang paling tepat dari percobaan tersebut …
  • Pertumbuhan kecambah tidak memerlukan cahaya
  • Warna daun yang disimpan pada tempat dengan intensitas cahaya tinggi berwarna hijau sehat, karena pengaruh faktor suhu yang optimum
  • Pertumbuhan kecambah di tempat dengan intensitas cahaya rendah lebih lambat
  • Pertumbuhan kecambah yang disimpan di tempat dengan intensitas cahaya rendah lebih cepat, namun menunjukkan kondisi akar, batang, dan daun kurang sehat
  • Warna daun yang disimpan pada tempat dengan intensitas cahaya rendah yaitu kuning, disebabkan karena faktor suhu yang lebih rendah
  • Cahaya dapat menghambat pertumbuhan, karena hormon auksin akan terurai jika terkena cahaya matahari 
***

Indikator:
Disajikan pernyataan tentang pengaruh hormon terhadap pertumbuhan makhluk hidup, peserta didik mampu menyebutkan jenis hormon pada tumbuhan.

Soal:
Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan maupun pada tumbuhan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor hormon berperan penting dalam mengendalikan berbagai fungsi di dalam tubuh. Di bawah ini yang tidak termasuk hormon yang terdapat pada tumbuhan adalah …
  • Tiroksin
  • Auksin
  • Giberelin
  • Testosteron
  • Asam absisat
  • Etilen 
***

Indikator:

Soal:
Sejak diterbitkan pada 1859, buku karya Darwin telah mengundang banyak perdebatan, bahkan hingga saat ini. Bagi kalangan yang tidak mempercayai teori evolusi, mengungkap tidak menemukan fakta yang benar-benar nyata sebagai bukti adanya evolusi. Namun, bagi para pendukung teori evolusi, berusaha meyakinkan dengan menemukan bukti-bukti evolusi. Berikut adalah bukti-bukti terjadinya evolusi yang dimaksud para pendukungnya.
  • fosil 
  • perbandingan anatomi
  • perbandingan tingkah laku
  • alat tubuh tersisa
  • struktur tangan
***
Indikator:

Soal:
Evolusi dapat berlangsung dalam jangka waktu yang sangat lama, sehingga sulit untuk membuktikan bahwa evolusi itu benar-benar terjadi atau hanya sekadar teori yang hasilnya belum dapat dipastikan. Namun, para ahli berpendapat bahwa terjadinya evolusi setidaknya dapat dilihat dari tanda-tanda yang dapat dijumpai pada organisme, salah satunya adalah anatomi. Anatomi meliputi proses membandingkan struktur tubuh, seperti jantung dan rangka pada hewan berbeda.
Di bawah ini merupakan pernyataan yang tepat mengenai perbandingan anatomi.
  • sayap burung dengan kaki depan kuda merupakan contoh homologi
  • sirip paus dengan tangan manusia merupakan contoh homologi
  • kaki kuda dengan kaki harimau merupakan contoh analogi
  • sayap kupu-kupu dengan sayap kelelawar merupakan contoh analogi

Sebagai bahan latihan silakan download soal PSAS di bawah ini.
UNDUH SOAL PSAS Kelas XII.

Post a Comment for "Download Soal Latihan Persiapan PSAJ Biologi Tahun 2024"