Soal UP PPG Biologi Beserta Pembahasan Berdasarkan Kisi-kisi Part 5 Materi Ekosistem

Banksoalbiologi.com - Halo rekan guru Biologi, selamat datang di blog banksoalbiologi.com yang selalu membahas seputar Biologi. Pada postingan kali ini, admin akan membagikan Soal UP PPG Biologi Beserta Pembahasannya Berdasarkan Kisi-kisi dari Kemendikbud. Saya yakin, rekan-rekan yang datang ke blog ini tentunya sedang mencari referensi sebagai bahan untuk melakukan ujian UP PPG Biologi. Iya kan? Terlepas apakah itu memang nyasar kesini atau bukan tapi yang pasti artikel ini akan membahas contoh soal UP PPG Biologi yang sudah pasti dibutuhkan oleh rekan-rekan guru Biologi sekalian. Silakan pelajari sampai akhir, pelajari setiap butir soalnya dengan baik, admin doakan semoga LULUS ujiannya ya. Aamiin Yaa Robbal 'alamin.

Soal UP PPG Biologi Beserta Pembahasan Berdasarkan Kisi-kisi Part 5 Materi Ekosistem

Oh iya, soal-soal yang dibahas pada artikel ini bukan hanya asal-asalan atau asal comot saja tetapi sudah disesuaikan dengan kisi-kisi yang telah diberikan oleh pemerintah. Intinya, soal-soal yang dibahas sebagai bahan rekan-rekan untuk menghadapi ujian UP nanti. Nggak ada salahnya juga ya mempelajari soal dari tulisan ini. 

Silakan simak soal-soal berikut ini.

Kisi-kisi
CMPK: Mampu menganalisis konsep dan prinsip-prinsip esensial energi,materi dan organisasi kehidupan
Materi/Topik: Organisasi kehidupan
Sub materi/Sub Topik: Ekologi
Indikator: 16. Disajikan bagan jaring-jaring makanan, peserta dapat memprediksi yang akan terjadi pada populasi yang ada jika ada pengurangan pada satu atau dua populasi tertentu

Soal 1
Perhatikanlah jaring-jaring makanan yang terbentuk di ekosistem sawah berikut ini.
untuk melihat gambar klik DISINI
Untuk meningkatkan produksi padi yang lebih besar, petani menggunakan rodentisida untuk mengendalikan populasi hama pemakan padi. Namun, apabila kegiatan ini dilakukan secara terus-menerus dapat mengakibatkan terjadinya hal-hal berikut ini yaitu ...
A. meningkatnya populasi tikus secara tidak terkendali sehingga mengakibatkan gagalnya panen
B. menurunnya populasi belalang sehingga populasi katak juga mengalami penurunan yang signifikan
C. menurunnya populasi tikus yang diikuti penurunan populasi ular dan elang
D. menurunnya populasi ayam yang mengakibatkan penurunan populasi ular
E. meningkatnya populasi belalang sehingga produksi padi justru semakin menurun

Jawab: C
Pembahasan:
Rodentisida adalah pestisida untuk membasmi hewan pengerat, salah satunya adalah tikus. Mengapa menggunakan rodentisida, alasannya yakni agar produksi padi semakin meningkat. Namun, apabila kegiatan ini dilakukan secara terus-menerus dapat mengganggu keseimbangan ekosistem. Penurunan tikus ini dapat mengakibatkan penurunan hewan pemangsa yaitu ular dan elang. Walaupun sebenarnya, ular ini dapat memangsa hewan lain sepeti ayam dan katak, tetapi penurunan populasi tikus secara drastis akan memengaruhi populasi ular dan elang.

Soal 2
Perhatikanlah gambar jaring-jaring makanan berikut ini.
untuk melihat gambar klik DISINI
Berdasarkan gambar di atas, pernyataan yang tepat adalah ...
A. punahnya alap-alap akan memberikan dampak meningkatnya populasi burung
B. menurunnya populasi burung kutilang akan meningkatkan produksi padi
C. penggunaan insektisida dapat mengurangi populasi belalang, ulat, dan burung kutilang
D. apabila burung kutilang populasinya menurun, maka tanaman jagung akan tumbuh dengan baik
E. punahnya alap-alap akan meningkatkan populasi tikus dan menurunnya populasi katak

Jawab: C
Pembahasan:
Penggunaan insektisida bertujuan untuk mengendalikan populasi hama belalang dan ulat. Oleh karena itu, penggunaan insektisida dapat mengakibatkan penurunan populasi ulat dan belalang. Penurunan populasi ulat dan belalang ini dapat mengakibatkan burung kutilang kesulitan mendapatkan makanan. Akibatnya itu, populasi burung kutilang akan menurun. Penurunan populasi burung ketilang ini akan mengakibatkan peningkatan populasi hama tanaman, seperti ulat dan belalang. Sehingga tanaman padi dan jagung tidak dapat tumbuh dengan baik, dan populasinya menjadi berkurang.

Demikian soal UP PPG Biologi ini, semoga bermanfaat. 

Post a Comment for "Soal UP PPG Biologi Beserta Pembahasan Berdasarkan Kisi-kisi Part 5 Materi Ekosistem"