Soal dan Pembahasan Biologi Tes Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Materi Tentang Sel

Halo adik-adik yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi, berikut adalah contoh soal ujian masuk perrguruan tinggi mata pelajaran biologi dengan materi tentang sel.

Selamat berjuang ya.

1. Organel yang tidak bermembran adalah ...
A. Badan mikro
B. Peroksisom
C. Lisosom
D. Vakuola
E. Ribosom 

Jawab : D
pembahasan : 

Soal dan Pembahasan Biologi Tes Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Materi Tentang Sel

Sel tersusun oleh berbagai macam organel. Organel sel ada yang memiliki membran dan tidak memiliki membran. Beberapa organel sel yang memiliki membran contohnya badan mikro, peroksisom, lisosom, dan ribosom. Membran tersebut memisahkan bagian dalam dan luar organel. Sementara itu, contoh organel yang tidak mempunyai membran adalah vakuola. Vakuola merupakan rongga yang terdapat di dalam sel tanpa membran.

2. Retikulum endoplasma halus berfungsi ...
A. protein
B. lipid
C. karbohidrat
D. asam nukleat
E. asam amino 

Jawab : B
Pembahasan :
Retikulum endoplasma halus berperan dalam sintesis lipid. Sementara itu, protein disintesis di ribosom. Sintesis karbohidrat berlangsung di kloroplas. Sedangkan pembentukan asam nukleat dan asam amino berlangsung dalam inti sel.

3. Membran sel bersifat impermeabel terhadap zat-zat berikut ini, kecuali ...
A. Pati
B. Polisakarida
C. Protein
D. Asam amino
E. Glikogen 

Jawab : E
Pembahasan :
Membran sel mempunyai sifat impermeabel, karena selain melewatkan air dan beberapa molekul lembut seperti gas-gas juda dapat melewatkan zat-zat lain seperti glukosa, asam amino, asam lemak, gliserol, dan berbagai ion.

4. Struktur berikut ditemukan pada sel prokariotik, kecuali ...
A. flagela
B. ribosom
C. DNA
D. retikulum endoplasma
E. heterokis 

Jawab : D
Pembahasan :
Sel prokariotik merupakan sel yang susunannya sederhana dan tidak mempunyai membran inti. Selain tidak mempunyai membran inti, sel prokariotik juga tidak mempunyai berbagai organ lainnya seperti retikulum endoplasma, badan golgi, dan mitokondria. Beberapa bagian yang dapat ditemukan pada sel prokariotik selain ribosom adalah flagela, dinding sel, DNA, RNA, heterokis, dan mesosom.

5. Sel fagosit berperan penting dalam memangsa benda asing yang masuk ke dalam tubuh sehingga organel yang paling banyak terdapat di dalam sel ini yaitu ...
A. Badan golgi
B. Retikulum endoplasma
C. Mitokondria
D. Lisosom
E. Ribosom 

Jawab : D
Pembahasan :
Sel fagosit merupakan sel yang berperan memangsa dan menghancurkan benda asing yang masuk ke dalam sel. Dengan demikian, dalam sel tersebut akan ditemukan banyak organel yang berperan dalam pencernaan intrasel, yaitu lisosom. Lisosom terbungkus selapis membran dan mengandung enzim pencerna hidrolitik. Lisosom terdapat hampir semua sel eukariotik, terutama lebih banyak terdapat pada sel-sel yang mempunyai kegiatan fagositik misalnya sel darah putih.

6. Sel tumbuhan berbeda dengan sel hewan karena memiliki ...
A. Dinding sel dari lignin
B. Nukleus
C. Ribosom
D. Mitokondria
E. Aparatus golgi 

Jawab : A
Pembahasan :
Sel tumbuhan dan sel hewan mempunyai beberapa perbedaan. Pada sel hewan terdapat organel yang tidak ditemukan pada sel tumbuhan, yaitu sentriol. Sebaliknya, sel tumbuhan juga mempunyai beberapa organel yang tidak ditemukan pada sel hewan, yaitu dinding sel, plastida (kloroplas), dan vakuola. Sedangkan nukleus, ribosom, mitokondria, dan aparatus golgi dimiliki oleh kedua sel.

7. Bagian sel di bawah ini yang berperan dalam proses fotosintesis adalah ...
A. aparatus Golgi
B. retikulum endoplasma kasar
C. mitokondria
D. ribosom
E. plastida 

Jawab : E
Pembahasan :
Plastida merupakan organel yang terdapat pada sel tumbuhan. Terdapat beberapa jenis plastida, yaitu kloroplas, kromoplas, dan leukoplas. Kloroplas mengandung klorofil yang berperan dalam proses fotosintesis.

8. Organel sel yang berperan dalam proses pencernaan adalah ...
A. aparatus Golgi
B. retikulum endoplasma
C. mitokondria
D. ribosom
E. lisosom 

Jawab : E
Pembahasan :
Organel-organel penyusun sel memiliki fungsi berbeda. Lisosom berperan dalam pencernaan intrasel.

9. Hal pertama kali terjadi ketika eritrosit manusia dimasukkan ke dalam medium akuades adalah ...
A. Air sel keluar
B. Hemoglobin keluar
C. Akuades masuk ke dalam sel
D. Membran sel mengkerut
E. Sel pecah 

Jawab : C
Pembahasan :
Hal pertama kali yang terjadi ketika eritrosit dimasukkan dalam medium akuades (hipotonis), maka akuades masuk ke dalam sel sehingga sel menggebung. Jika akuades masuk terus-menerus, sel eritrosit bisa pecah atau lisis.

10. Membran plasma tersusun atas komponen berikut, kecuali ...
A. Fosfolipid
B. Protein
C. Glikolipid
D. Glikoprotein
E. Selulosa 

Jawab : E
Pembahasan :
Komponen yang menyusun membran plasma yaitu fosfolipid dan protein yang membentuk dua lapisan sehingga dinamakan fosfolipid bilayer. Selain itu, membran plasma juga tersusun dari karbohidrat. Karbohidrat yang berikatan dengan lipid sinamakan glikolipid, sedangkan karbohidrat yang berikatan denga protein disebut glikoprotein. Sementara itu, selulosa merupakan penyusun dinding sel.

Post a Comment for "Soal dan Pembahasan Biologi Tes Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Materi Tentang Sel"