Soal dan Pembahasan Materi Pertumbuhan dan Perkembangan, Tes Seleksi Perguruan Tinggi

Halo adik-adik pejuang Tes SBMPTN/SNMPTN, berikut adalah contoh soal dan pembahasan materi pertumbuhan dan perkembangan. 

Selamat Belajar.

1. Hormon yang berperan menghambat pertumbuhan, menutup stomata selama kekurangan air, dan dormansi adalah ...
A. auksin
B. sitokinin
C. giberelin
D. asam absisat
E. etilen

Jawab : D
Pembahasan :
Hormon yang menutup stomata selama kekurangan air, dormansi, dan menghambat pertumbuhan yaitu fungsi dari hormon asam absisat.
⦁ Auksin : Berfungsi dalam pemanjangan dan diferensiasi sel, merangsang pembentukan akar, merangsang pertumbuhan perkembangan, sebagai dominansi apikal, memengaruhi gerak fototropisme.
⦁ Sitokinin : Menghambat penuaan dan pengguguran daun, merangsang pertumbuhan embrio, meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan sel tumbuhan, memengaruhi pertumbuhan dan diferensiasi akar, mendorong pembelahan sel, memengaruhi pembentukan organ.
⦁ Giberelin : Berfungsi merangsang perkecambahan, partenokarpi dan pembungaan, merangsang tumbuhan menjadi tumbuh besar, mendorong perkembangan kuncup dan biji, merangsang pemanjangan batang dan pertumbuhan daun.
⦁ Etilen : Berfungsi menghambat pemanjangan sel, merangsang pemasakan buah, penuaan, dan pengguguran daun.

Soal dan Pembahasan Materi Pertumbuhan dan Perkembangan, Tes Seleksi Perguruan Tinggi


2. Giberelin memacu perkecambahan embrio melalui reaksi enzimatis pada endosperma dengan cara meningkatkan ...
A. pembentukan lipid dari asam lemak
B. pembentukan sukrosa dari glukosa
C. pemecahan amilum menjadi glukosa
D. pemecahan sukrosa menjadi fruktosa
E. pemecahan protein menjadi asam amino

Jawab : C
Pembahasan :
Pada proses perkecambahan air yang masuk akan mengaktifkan embrio untuk melepaskan hormon giberelin. Hormon ini akan mendorong aleuron untuk melepaskan enzim yang menghidrolisis cadangan makanan pada kotiledon dan endosperma. Enzim yang dilepaskan adalah enzim amilase yang mengkatalis pemecahan amilum menjadi glukosa. Glukosa lalu diserap oleh kotiledon selama pertumbuhan embrio menjadi bibit tanaman.

3. Peristiwa pada tanaman yang menunjukkan adanya proses pertumbuhan yaitu ...
A. mekarnya bunga
B. memanjangnya akar
C. membukanya stomata
D. menggulungnya daun
E. menutupnya daun putri malu

Jawab : B
Pembahasan :
Pertumbuhan adalah proses bertambahnya ukuran, jumlah, dan volume sel yang bersifat tidak dapat kembali ke semula. Pertumbuhan dapat dinyatakan secara kuantitatif. Pertumbuhan ditandai dengan bertambah panjangnya organ pada tumbuhan seperti pertambahan panjang akar maupun batang.

4. Rambut akar terdapat pada zona ...
A. sel yang aktif membelah
B. pemanjangan sel
C. pendewasaan sel
D. meristem apikal
E. tudung akar

Jawab : B
Pembahasan :
Rambut akar terdapat pada daerah pemanjangan sel.

5. Dalam pembuatan tanaman bonsai sering dilakukan pemotongan akar sehingga produksi salah satu hormon tumbuhan menurun, yaitu hormon ...
A. sitokinin
B. auksin
C. giberelin
D. etilen
E. absisat

Jawab : A
Pembahasan :
Sitokinin diproduksi di bagian akar sehingga jika suatu tanaman dipotong akarnya akan mengalami penurunan produksi sitokinin. Sedangkan auksin diproduksi di bagian meristem batang dan daun-daun muda. Giberelin diproduksi dalam meristem batang, akar , daun, serta embrio. Etilen diproduksi di jaringan buah yang masuk, ruas batang dan di daun tua. Absisat diproduksi di daun, batang, buah, da biji.

6. Tanaman yang diletakkan di ruang gelap akan cepat bertambah panjang karena ...
A. ruang gelap merupakan tempat ideal untuk pertumbuhan
B. tidak adanya sinar matahari mengakibatkan kerja auksin tidak dihambat
C. metabolisme akan menignkat di ruang gelap
D. sinar matahari merangsang pertumbuhan kuncup
E. ruang gelap merangsang pertumbuhan sekunder

Jawab : B
Pembahasan :
Tanaman yang diletakkan di ruang gelap akan lebih cepat bertambah panjang karena tidak adanya sinar matahari yang menyebabkan hormon auksin terurai. Pertumbuhan yan gcepat di tempat yang gelap dinamakan dengan etiolasi.

7. Tumbuhan berpembuluh umumnya menyerap nitrogen dalam bentuk ...
A. senyawa nitrogrn
B. senyawa nitrit
C. asam amino
D. gas ammonia
E. ion nitrat

Jawab : E
Pembahasan :
Dalam siklus nitrogen, nitrogen bebas di udara akan difiksasi oleh bakteri Rhizobium yang bersimbiosis dengan bintil tanaman kacang-kacangan menjadi amoniak. Amoniak selanjutnya diuraikan melalui proses nitrifikasi menjadi ion nitrat oleh bakteri nitrifikasi. Ion nitrat selanjutnya diserap oleh tumbuhan melalui akar-akar tanaman.

8. Perkecambahan tipe hipogeal dapat dijumpai pada tanaman ...
A. kacang hijau
B. mangga
C. melinjo
D. jagung
E. jeruk
Jawab :
Pembahasan :
Tipe perkecambahan dibagi menjadi dua, yakni epigeal dan hipogeal. Tipe perkecambaan hipogeal dicirikan dengan adanya pemanjangan pada daerah epikotil yang menyebabkan kotiledon tetap tertinggal di dalam tanah, tetapi daun lembaga tetap naik ke atas tanah. Tipe perkecambahan ini misalnya pada jagung. Sedangkan tipe perkecambahan epigeal terdapat pada kacang hijau.

9. Hormon pada tumbuhan yang memperpanjang sel-sel batang adalah ...
A. lignin
B. auksin
C. sitokinin
D. gas etilen
E. giberelin

Jawab : E
Pembahasan :
Hormon yang memacu perpanjangan sel-sel batang pada tumbuhan adalah hormon giberelin. Fungsi hormon giberelin, antara lain: merangsang perkecambahan, partenokarpi dan pembungaan, merangsang tumbuhan menjadi tumbuh besar, mendorong perkecambahan kuncup dan biji, merangsang pemanjangan batang dan pertumbuhan daun.

10. Rida menemukan tumbuhan kerdil di halaman rumahnya. Setelah tumbuhan tersebut diberi sejumlah hormon, pertumbuhannya pulih kembali dan menjadi tumbuhan normal. Hormn yang diberikan tersebut adalah ...
A. etilen
B. giberelin
C. rhizokalin
D. kaulokalin
E. asam absisat

Jawab : B
Pembahasan :
Suatu tumbuhan kerdil akan tumbuh menjadi normal apabila diberikan hormon giberelin, sebab hormon ini memengaruhi pemanjangan sel amupun pembelahan pada tanaman kerdil. Namun, hormon ini tidak berfungsi pada tanaman yang mempunyai batang normal.

Post a Comment for "Soal dan Pembahasan Materi Pertumbuhan dan Perkembangan, Tes Seleksi Perguruan Tinggi"