Bagian-bagian Gigi Manusia dan Fungsinya

Gigi terdiri atas tiga bagian, yakni mahkota gigi (korona), leher gigi (korum), dan akar gigi (radius). Gigi berasal dari dua jaringan embrional, yaitu ektoderm (lapisan luar) dan mesoderm (lapisan tengah). Ektoderm membentuk lapisan gigi paling luar atau email. Email adalah lapisan keras yang menutupi permukaan gigi. Email berfungsi untuk melindungi gigi saat mengunyah. Email juga berperan gigi terhadap asam yang dapat melarutkan dentin. Mesoderm membentuk dentin (tulang gigi) yang terdapat di dalam email, sementum (lapisan luar akar gigi), dan pulpa (rongga gigi) yang banyak mengandung serabut saraf dan pembuluh darah.

Bagian-bagian Gigi Manusia dan Fungsinya
Gambar. Struktur gigi

Berdasarkan bentuknya gigi manusia terdiri dari gigi seri (insisivus), gigi taring (kaninus), dan gigi graham depan (premolar) serta gigi graham belakang (molar).

Pertumbuhan gigi manusia melalui dua tahap, yaitu gigi susu dan gigi permanen. Gigi susu tumbuh pada saat pertumbuhan bayi 6 – 7 bulan sampai 26 bulan. Setelah berumur enam sampai empat belas tahun, gigi susu tersebut akan digantikan dengan gigi tetap atau gigi permanen. Gigi pada anak-anak berjumlah 20 buah sedangkan pada orang dewasa berjumlah 32 buah.


0 Response to "Bagian-bagian Gigi Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel