Pahami, Inilah Jenis Soal UN Biologi yang Biasanya Muncul, beserta Pembahasannya


       Ujian Nasional (UN) adalah salah satu tahap akhir yang harus dilalui oleh siswa kelas 6 SD, 9 SMP, maupun 12 SMA. UN ini pun menjadikan momok yang menakutkan di kalangan pelajar yang hendak melaksanakan ujian walaupun untuk saat ini nilai UN tidak menjadikan syarat dalam kelulusan. Namun demikian, banyak diantaranya para pelajar yang rela menghabiskan waktunya untuk terus belajar, bahkan ada yang rela mengeluarkan uang untuk kegiatan bimbel (bimbingan belajar) yang tidak sedikit. 

       Untuk jenjang SMA, mata pelajaran yang diujiankan lebih sedikit daripada ujian-ujian tahun sebelumnya, yakni hanya empat mata pelajaran saja yaitu umum dan  jurusan. Mata pelajaran umum yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Sedangkan mata pelajaran jurusan hanya memilih salah satu, Misalnya untuk jurusan IPA, berarti memilih antara Fisika, Kimia, atau Biologi. Begitupula dengan IPS, yakni Geografi, Ekonomi, atau Sosiologi.

       Walaupun, UN tidak dijadikan syarat untuk kelulusan, aura "menegangkan" masih sulit untuk dihilangkan. Sebab, nilai UN dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk masuk ke Perguruan Tinggi. Sayang kan, jika nilai UN-nya rendah, tidak bisa membidik Perguruan Tinggi yang didambakan. 

    Kenalilah Musuhmu, Maka Kamu akan Menang

       Adik-adik yang kebetulan sekarang kelas 12 dan tengah mencari soal-soal UN khususnya BIOLOGI, maka inilah tempat atau alamat yang tepat yaitu banksoalbiologi.com. Di web ini adik-adik bisa mempelajari dan memahami bentuk-bentuk serta jenis soal Biologi yang biasanya muncul saat ujian. Seperti kata pepatah "kenalilah musuhmu, maka kamu akan menang" mungkin bisa dibilang tepat. Karena sehebat apapun cara belajarmu, sehebat apapun daya ingatmu jika tidak mengenal jenis dan bentuk soal, maka hasilnya pun tidak akan maksimal. Maka dari itu, pelajarilah mulai dari sekarang.

       Langsung saja, berikut adalah contoh tipe-tipe soal UN Biologi yang biasanya selalu muncul saat ujian nasional.

       Selamat belajar!
Soal UN Biologi beserta pembahasannya

    Soal dan Pembahasan UN Biologi beserta Pembahasannya

1.       Seorang siswa memerhatikan bahwa dalam setahun terakhir, hasil panen sawah keluarganya semakin menurun, kemudia menemukan bahwa ia tidak menemukan lagi capung di sekitar desanya sehingga populasi belalang semakin meningkat. Siswa tersebut pun memperkirakan bahwa hilangnya capung sebagai predator alami belalang membuat belalang semakin banyak sehingga hasil panen menurun. Berdasarkan langkah-langkah metode ilmiah, hal yang dilakukan siswa tersebut adalah …
A.   Membuat analisis data
B.    Melakukan eksperimen
C.    menyusun hipotesis
D.   Membuat kesimpulan
E.    Mengumpulkan data
Jawab: C
Pembahasan :
Proses yang dilakukan siswa tersebut adalah menyusun hipotesis, yaitu membuat dugaan sementara terhadap permasalahan yang ada. Langkah–langkah dalam metode ilmiah adalah sebagai berikut.
·       Menemukan dan merumuskan masalah.
·       Mengumpulkan informasi (data–data).
·       Menyusun hipotesis atau dugaan sementara.
·       Melakukan percobaan untuk menguji kebenaran hipotesis.
·       Mengolah hasil percobaan (analisis data).
·       Membuat kesimpulan.
·       Mengomunikasi hasil penelitian kepada khalayak.

2.       Sampai saat ini, para ahli masih memperdebatkan apakah virus termasuk ke dalam makhluk hidup atau tidak karena virus tidak memiliki ciri-ciri makhluk hidup pada umumnya. Ciri-ciri makhluk hidup yang dimiliki oleh virus adalah …
A.      Tumbuh
B.      Melakukan reproduksi
C.      Memiliki sel sebagai unit terkecil
D.      Peka terhadap rangsangan
E.       Membutuhkan makan
Jawab: B
Pembahasan:
Virus tidak dapat dikelompokkan ke dalam makhluk hidup karena tidak memiliki sel (dinamakan aseluler), tidak bergerak dan membutuhkan makanan atau nutrisi, tidak tumbuh, serta tidak memberi respon jika diberi rangsangan. Namun, virus memiliki materi genetik dan dapat memperbanyak diri yang termasuk ke dalam ciri-ciri makhluk hidup. Inilah yang menjadikan alasan mengapa virus dapat dikatakan sebagai makhluk hidup, karena dapat bereproduksi walaupun didalam tubuh organisme lain.

3.         Perhatikan ciri-ciri organisme berikut.
(1)    Uniseluler
(2)    Makan dengan fagositosis
(3)    Hidup bebas
(4)    Berkembang biak dengan membelah diri
(5)    Bentuknya selalu berubah-ubah
Berdasarkan ciri-ciri di atas, alat gerak dari makhluk hidup tersebut adalah …
A.      Kaki semu
B.      Kaki amulakral
C.      Silia
D.      Flagel
E.       Tidak memiliki alat gerak
Jawab: A
Pembahasan:
Berdasarkan ciri-ciri di atas, makhluk hidup tersebut yaitu Amoeba yang tergolong protista mirip hewan. Protista tersebut tergolong Rhizopoda yang bergerak dengan pseudopodia atau kaki semu.

4.       Salah satu cara reproduksi bakteri adalah dengan konjugasi. Pernyataan berikut yang menunjukkan bahwa konjugasi merupakan salah satu bentuk reproduksi generatif adalah …
A.      Konjugasi menghasilkan empat sel anakan
B.      Ketika konjugasi, terjadi pertukaran materi genetik dari dua individu
C.      Konjugasi merupakan istilah lain dari pembelahan biner
D.      Diperlukan dua individu untuk melakukan konjugasi
E.       Konjugasi membentuk koloni bakteri
Jawab: B
Pembahasan:
Bakteri dapat berkembang biak aseksual (pembelahan biner) dan seksual. Secara seksual, dapat dengan cara transformasi, transduksi, dan konjugasi. Reproduksi secara konjugasi yaitu dengan cara pembentukan jembatan diantara dua bakteri yang berbeda. Setelah terbentuk jembatan, terjadilah pertukaran genetik.

5.       Oomycota merupakan salah satu jenis Protista mirip jamur. Ciri yang paling membedakan Oomycota sehingga tidak dimasukkan ke Kingdom Fungi adalah …
A.      Oomycota hidup di air
B.      Berkembang biak dengan spora
C.      Spora Oomycota memiliki flagel
D.      Mengadung spora
E.       Merugikan manusia
Jawab: C
Pembahasan:
Oomycota tidak dikelompokkan ke dala kingdom Fungi karena memiliki dinding sel dari selulosa, berbeda dengan Fungi yang tersusun dari kitin. Oomycota dapat melakukan reproduksi secara aseksua dengan membentuk zoospora yang memiliki dua flagel dan reproduksi seksual membentuk spora berdinding tebal yang disebut oospora.

6.       Perhatikan hewan-hewan berikut.
Jenis Soal UN Biologi yang Biasanya Muncul, beserta Pembahasannya
Berdasarkan gambar, tingkatan takson dari dasar pengelompokkan …
A.      Spesies – dapat bereproduksi dan menghasilkan keturunan fertil
B.      Ras – varian dari spesies yang berbeda
C.      Genus – dapat bereproduksi dan menghasilkan keturunan steril
D.      Famili – memakan daging
E.       Ordo – memiliki tubuh yang bertotol-totol
Jawab: C
Pembahasan:
Secara taksonomi, harimau dan macan tutul dikelompokkan ke dalam Genus Panthera. Hewan dalam genus yang sama biasanya dapat saling kawin dan menghasilkan keturunan, tetapi keturunan yang menghasilkan steril.

7.         Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut.
(1)    Bagian tubuh sangat sulit dibedakan
(2)    Mengalami metagenesis/pergiliran keturunan
(3)    Berkembang biak secara generatif dengan spora
(4)    Generasi gametofit lebih dominan
Kelompok tumbuhan yang memiliki ciri-ciri tersebut adalah …
A.      Bryophyta
B.      Pteridophyta
C.      Gymnspermae
D.      Dicotyledoneae
E.       Monocotyledoneae
Jawab: A
Pembahasan:
Sebelum menjawab soal di atas, kita harus tahu terlebih dahulu istilah-istilahnya. Bryophyta yaitu kelompok lumut. Pteridophyta yaitu paku. Gymnospermae yaitu tumbuhan biji terbuka. Dicotyledoneae yaitu tumbuhan biji berkeping dua. Monocotyledoneae yaitu tumbuhan biji berkeping satu. Ciri-ciri yang ditunjukkan yaitu termasuk kedalam Bryophyta.
Bryophyta memiliki ciri-ciri bentuk tubuh peralihan antara talus dan kormus, mengalami metagenesis atau pergiliran keturunan, tidak memiliki pembuluh atau non-tracheophyta, generasi gametofit lebih dominan daripada sporofit, menghasilkan spora.

8.       Ciri khas dari Filum Cnidaria adalah mengalami metagenesis atau pergiliran keturunan, yaitu polip yang menetap dan medusa yang bergerak bebas, tetapi tidak semuanya mengalami proses tersebut. Kelas dari Cnidaria yang tidak mengalami tahap medusa adalah …
A.      Hydrozoa
B.      Cubozoa
C.      Scyphozoa
D.      Anthozoa
E.       Metazoa
Jawab: D
Pembahasan:
Anthozoa merupakan Kelas Cnidaria yang tidak mengalami tahap medua sehingga seluruh hidupnya hanya akan diam di satu tempat.

9.       Perhatikan gambar hewan berikut.
Jenis Soal UN Biologi yang Biasanya Muncul, beserta Pembahasannya

Ciri khas yang membedakan kedua jenis ikan tersebut adalah ...
A.      Jenis tulang yang menyusun tubuhnya
B.      Jenis makanannya
C.      Habitat tinggal
D.      Cara reproduksi
E.       Jumlah ruang jantung
Jawab: A
Pembahasan:
Gambar di atas yaitu ikan hiu dan ikan mas. Ikan hiu tergolong kelompok ikan Chondrichthyes, yaitu kelompok ikan bertulang rawan. Sedangkan ikan mas tergolong kelompok ikan Osteichthyes yaitu kelompok ikan bertulang sejati.

10.    Hutan hujan tropis selalu hijau dengan pepohonan yang tumbuh lebat hingga cahaya matahari hampir tidak dapat menjangkau dasar hutan. Penyebab dari kondisi tersebut adalah …
A.      Tidak adanya hewan yang memakan tumbuhan
B.      Curah hujan yang sangat tinggi hampir sepanjang tahun
C.      Daerah yang terisolasi
D.      Ada satu jenis tumbuhan yang mendominasi
E.       Sumber air sangat jauh
Jawab: B
Pembahasan:
Daerah tropis memiliki curah hujan yang sangat tinggi sehingga pepohonan dapat tumbuh dengan pesat dan membentuk kanopi yang menutupi dasar hutan. Oleh kaeran itu, karena kondisinya lebih stabil maka banyak tumbuhan serta hewan yang hidup pada daerah hutan tersebut.

11.     Perhatikan siklus karbon berikut.
siklus karbon
Bagian X dan Y pada skema tersebut adalah …
A.      Fotosintesis dan penguraian
B.      Fotosintesis dan dekomposisi
C.      Transpirasi dan pembakaran
D.      Senyawa karbon dan respirasi
E.       Dekomposisi dan penguapan
Jawab: B
Pembahasan:
Skema tersebut merupakan siklus karbon. Proses yang terjadi pada karbon di udara adalah fotosintesis (X) yang dilakukan tumbuhan. Bakteri, tumbuhan, dan hewan yang telah mati akan mengalami dekomposisi (Y) oleh pengurai menjadi senyawa karbon.

12.     Perhatikan beberapa sifat pencemar berikut.
(1)    Larut dalam lemak
(2)    Memicu eutrofikasi
(3)    Sangat stabil di lingkungan
(4)    Mudah terasimilasi
(5)    Bersifat radioaktif
DDT merupakan insektisida yang telah dilarang penggunaannya karena memiliki sifat yang ditunjukkan oleh nomor …
A.      1 dan 2
B.      1 dan 3
C.      2 dan 3
D.      2 dan 4
E.       4 dan 5
Jawab: B
Pembahasan:
DDT memiliki sifat nonpolar sehingga larut dalam lemak dan sangat mudah masuk ke dalam tubuh makhluk hidup. Selain itu, DDT juga sangat stabil sehingga dapat bertahan sangat lama di lingkungan maupun dalam tubuh makhluk hidup.

Untuk soal UN Biologi pada Materi Kelas 11 yang biasa muncul, silakan cek DISINI

0 Response to "Pahami, Inilah Jenis Soal UN Biologi yang Biasanya Muncul, beserta Pembahasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel