Soal UN beserta Pembahasan Tentang Ruang Lingkup Biologi

Selamat datang kembali Adik-adik di web seputar Biologi yakni banksoalbiologi.com . Berikut Saya posting contoh soal Ujian Nasional SMA materi tentang Ruang Lingkup Biologi. Dengan dipisah seperti ini, Adik-adik dapat mempelajari, memahami, dan membuat strategi dalam mengerjakan soal-soal Ujian Nasional per materi bab. Jadi, Adik-adik dapat menentukan dan memprediksi soal yang akan muncul, karena pada dasarnya jenis soal yang muncul dari tahun ke tahun memiliki kemiripan. Oleh sebab itu, jika tidak ingin “sesat” dalam menaklukkan soal ujian, maka berkenalanlah dari sekarang.

1. Ilmu Biologi berkembang dengan sangat pesat di berbagai bidang kehidupan. Salah satu cabang ilmu Biologi yang termasuk ilmu terapan yaitu bioteknologi. Contoh penerapan Bioteknologi di bidang lingkungan adalah …
A. Pembuatan dan penggunaan bahan sintetik
B. Mengontrol proses kimia dalam tubuh makhluk hidup
C. Mendeteksi penyakit yang menyerang hewan dan tumbuhan
D. Mengendalikan penyebaran penyakit pada suatu daerah
E. tumpahan minyak di pantai dapat dibantu dengan penggunaan bakteri.
Jawab : E
Pembahasan :
Bioteknologi merupakan suatu upaya menghasilkan produk untuk mempermudah kehidupan manusia dengan memanfaatkan kemampuan mikroorganisme, rekayasa genetika, dan pengetahuan lain secara terpadu. Contoh dalam bidang lingkungan yaitu penggunaan bakteri Pseudosomonas putida untuk mendegradasi (bioremediasi) tumpahan minyak di pantai.

2. Reva sedang melakukan pengamatan pertumbuhan pada tumbuhan. Dia ingin membuktikan kedua tumbuhan tersebut, bahwa suhu berpengaruh terhadap kecepatan pertumbuhan. Tumbuhan pertama ditempatkan di tempat gelap sebagai variabel kontrol, sedangkan tumbuhan kedua ditempatkan di tempat terang. Kedua tumbuhan merupakan tumbuhan sejenis. Kesalahan apa yang dilakukan dalam percobaan tersebut?
A. Tidak ada variabel bebas untuk kedua tumbuhan tersebut
B. Tidak melakukan pengukuran suhu lingkungan
C. Menggunakan tumbhan sejenis untuk tempat berbeda
D. Tempat yang dipilih dalam pengamatan tersebut tidak sesuai dengan tujuan pengamatan
E. Tumbuhan kedua seharusnya variabel kontrol
Jawab : A
Pembahasan :
Kesalahan yang dilakukan Reva ialah penentuan variabel bebas yang keliru. Tujuan penelitian Reva ialah ingin membuktikan pengaruh suhu terhadap pertumbuhan tanaman, maka seharusnya yang menjadi variabel bebas adalah variasi utamanya adalah suhu, bukan variasi ada tidaknya cahaya.

3. Mendel telah menemukan bahwa sifat-sifat makhluk hidup dapat diturunkan melalui faktor-faktor keturunan. Penemuan ini selanjutnya dikembangkan melalui penelitian-penelitian yang akhirnya menghasilkan fakta bahwa DNA membawa materi genetik. Melalui perkembangan bioteknologi munculah teknik rekayasa genetika. Dalam bidang kedokteran teknik rekayasa dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan …
A. Vaksin hepatitis B dan interferon alfa
B. Insulin manusia dan antibodi monoklonal
C. Antibiotik dan hormon pertumbuhan
D. Enzim restriksi dan protein sel tunggal
E. Asam amino dan vitamin
Jawab : B
Pembahasan :
Insulin: dilakukan dengan teknik DNA rekombinan. Dalam teknik ini gen pengkode insulin dari DNA manusia akan disambungkan dengan plasmid bakteri sehingga bakteri dapat memproduksi insulin.
Antibodi monoklonal: pembuatan antibodi monoklonal dilakukan dengan teknik hibridoma atau fusi sel. Antibodi monoklonal digunakan untuk mendeteksi penyakit, tes kehamilan, dan mendeteksi sel-sel-kanker.

4. Pemindahan pembangunan pabrik ke luar kota merupakan solusi untuk mengurangi kepadatan penduduk di perkotaan sekaligus mengurangi polusi yang terjadi di kota besar. Dilihat dari sudut ilmu biologi maka tindakan tersebut kurang tepat karena …
A. Akan mendorong dilaksanakannya penghijauan di kota besar
B. Mengurangi keanekaragaman hayati di kota tersebut
C. Dapat mengurangi kesuburan tanah dan persediaan air tanah di kota besar
D. Dapat memperluas areal yang tercemar jika tidak ada upaya netralisasi limbah
E. Mempersempit lahan persawahan dan perkebunan di kota
Jawab : D
Pembahasan :
Pemindahan pabrik ke luar kota dapat memperluas area tercemar apabila tidak diiringi dengan netralisasi limbah yang dihasilkan. Solusi untuk menangani kepadatan penduduk adalah mengefektifkan program KB atau dengan program transmigrasi ke pulau atau daerah yang masih belum padat. Sedangkan untuk mengatasi polusi adalah dengan melakukan pembatasan penggunaan kendaraan bermotor di kota, pelaksanaan bioremediasi limbah sebelum dibuang atau dengan penghijauan. Dengan cara-cara tersebut, maka polusi dapat dikurangi.

5. Di suatu rumah sakit A terdapat kasus dua anak perempuan yang tertukar, yaitu anak perempuan berkulit putih (X) dan anak perempuan berkulit sawo matang (Y). dua keluarga tersebut mengakui X sebagai anak kandungnya karena orang tua dari kedua keluarga merasa memiliki kulit putih. Untuk mencari solusi dari kasus tersebut, kita dapat merujuk pada ahli bidang …
A. Fisiologi
B. Patologi
C. Genetika
D. Biokimia
E. Embriologi
Jawab : C
Pembahasan :
Berdasarkan kasus di atas, solusinya yaitu dengan merujuk pada ahli bidang Genetika. Genetika merupakan cabang ilmu Biologi yang mengkaji tentang pewarisan sifat keturunan dari induk ke anaknya. Peristiwa tertukarnya bayi dapat dibantu dengan tes DNA. Dengan tes DNA tersebut maka akan dapat diketahui mana orangtua yang sebenarnya.

6. Pemanfaatan ilmu biologi dalam bidang produksi pangan yang tidak berdampak negatif pada lingkungan adalah …
A. Pemberantasan hama dengan pestisida
B. Penanaman dengan sistem monokultur
C. Hibridisasi untuk mendapatkan bibit unggul
D. Penggunaan pupuk kimia
E. Ekstensifikasi melalui ladang berpindah
Jawab : C
Pembahasan :
Pemanfaatan ilmu biologi pada bidang pangan yang tidak memiliki dampak negatif yaitu hibridisasi untuk mendapatkan bibit unggul. Hibridisasi ini justru lebih besar manfaatnya, karena dengan teknik ini maka akan dihasilkan bibit yang unggul yang diharapkan.
Pemberantasan hama dengan pestisida akan memberikan dampak yang negatif, diantaranya yaitu kualitas tanah yang akan menurun, bersifat racun, serta memberikan resistensi terhadap hama sehingga semakin sering dalam penggunaannya akan menciptakan hama baru yang akan lebih tahan pestisida.

7. Dalam suatu pengamatan pertumbuhan tanaman jagung, sebelum dilakukan perlakuan diamati beberapa faktor seperti suhu, cahaya, air, pH, dan tanah. Faktor-faktor tersebut merupakan …
A. Variabel bebas
B. Variabel terikat
C. Variabel kontrol
D. Hasl eksperimen
E. Faktor pertumbuhan
Jawab : C
Pembahasan :
Faktor-faktor seperti suhu, cahaya, air, pH, dan tanah merupakan variabel kontrol. Sebelum dilakukan pengamatan maka faktor-faktor tersebut harus diamati terlebih dahulu. Setalah itu baru ditentukanlah variabel bebasnya.
Variabel dalam percobaan dapat dibedakan menjadi variabel bebas, variabel terikat, variabel kontrol, dan variabel pengganggu.
a. Variabel bebas, (variabel manipulasi), adalah perlakuan yang berbeda-beda dalam percobaan. Varibel bebas sengaja dibuat berbeda untuk mengetahui pengaruh variabel terhadap variabel terikat.
b. Variabel terikat (variabel respons) adalah hasil dari perlakuan yang berbeda dalam perecobaan.variabel terikat merupakan akibat dari variabel bebas.
c. Variabel kontrol (variabel terkendali) adalah perlakuan yang sama pada semua percobaan. Oleh karena perlakuan yang sama, maka pengaruhnya juga sama pada semua kelompok percobaan (terkendali). Variabel kontrol merupakan variabel yang tidak diteliti pengaruhnya dan hanya digunakan sebagai pembandingan.
d. Variabel pengganggu adalah variabel yang tidak dikehendaki, tetapi dapat memengaruhi hasil percobaan. Variabel pengganggu harus dihindari agar hasil percobaan sesuai dengan yang diharapkan.
Untuk lebih jelasnya silakan pelajari Keterampilan Proses dalam Melakukan Sebuah Penelitian

8. Penyakit kusta sudah lama diketahui penyebab dan cara penyembuhannya berkat perkembangan penelitian pesat di bidang …
A. Virologi
B. Parasitologi
C. Farmakologi
D. Bakteriologi
E. Mikologi
Jawab : D
Pembahasan :
Penyakit kusta disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae, sehingga penelitian mengenai penyakit ini dipelajari dalam cabang biologi Bakteriologi.
Parasitologi merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji tentang organisme yang menjadi parasit tubuh.
Mikologi merupakan cabang biologi yang mempelajari tentang jamur.
Farmakologi merupakan cabang ilmu biologi mengenai jenis-jenis pengobatan, struktur, dan fungsinya, serta cara penggunaannya.

9. Perluasan lahan perkebunan kelapa sawit dan karet dengan menebangi pohon-pohon di hutan tropis dapat memengaruhi keseimbangan alam karena hutan hujan tropis memiliki …
A. Sumber daya alam yang lebih mahal
B. Lebih banyak cadangan oksigen dibandingkan lahan perkebunan
C. Cadangan air yang lebih banyak
D. Keanekaragaman hayati yang lebih tinggi
E. Kemampuan menyerap karbondioksida yang lebih tinggi
Jawab : D
Pembahasan :
Hutan hujan tropis merupakan hutan yang kaya akan jenis keanekaragaman hayati-nya. Di hutan hujan tropis tumbuh berbagai jenis tumbuhan, mulai dari tumbuhan tingkat rendah sampai tumbuhan dengan ukuran tubuh yang sangat tinggi. Jika ada kegiatan penebangan pohon-pohon di hutan hujan tropis ini maka tentu saja dapat merusak keseimbangan alam.

10. Seorang siswa mengamati tumbuhan putri malu yang bergerak menutup daunnya jika disentuh. Apabila siswa tersebut berpikir kritis, maka sesuai dengan metode ilmiah, langkah pertama yang dilakukan oleh siswa itu adalah …
A. Merumuskan hipotesis berdasarkan kajian teori
B. Melakukan eksperimen untuk membuktikan teori
C. Membuat pertanyaan untuk merumuskan masalah
D. Menganalisis data hasil pengamatan
E. Menarik kesimpula berdasarkan pengamatan
Jawab : C
Pembahasan :
Dalam metode ilmiah, para ilmuwan mempunyai tahapan–tahapan tertentu yang disebut metode  ilmiah. Metode ilmiah merupakan suatu cara yang sistematis yang memecahakan masalah. Metode ilmiah digunakan oleh para ahli dalam melakukan penelitian dan bereksperimen untuk menghasilkan penemuan–penemuan baru.  Langkah–langkah dalam metode ilmiah adalah sebagai berikut.
Menemukan dan merumuskan masalah.
Mengumpulkan informasi (data–data).
Menyusun hipotesis atau dugaan sementara.
Melakukan percobaan untuk menguji kebenaran hipotesis.
Mengolah hasil percobaan (analisis data).
Membuat kesimpulan.
Mengkomunikasi hasil penelitian kepada khalayak.

Download file lengkap : Bab 1 Ruang Lingkup Biologi dan Password untuk Membuka File


0 Response to "Soal UN beserta Pembahasan Tentang Ruang Lingkup Biologi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel