Widget HTML Atas

Jawaban dan Pembahasan Soal USBN Biologi Terbaru 2019

Jawaban dan Pembahasan soal USBN Biologi ini merupakan jawaban dari postingan sebelumnya, yaitu Soal USBN Biologi Terbaru 2019.

Selamat belajar.

1. Pada soal terdapat dua kata kunci, yaitu lingkungan (kerusakan lingkungan) dan penyakit. Oleh karena itu, maka cabang biologi yang sesuai yaitu ekologi dan patologi. Ekologi yaitu cabang biologi yang mempelajari hubungan timbal-balik (interaksi) antara makhluk hidup dengan lingkungannya, sedangkan patologi yaitu cabang biologi yang mengkaji tentang penyakit.
Jawab: D

2. Gambar pada soal menunjukkan pohon kelapa, pinang, aren, dan kelapa sawit. Tumbuhan tersebut tergolong ke dalam suku palem-paleman (Palmae). Berdasarkan tingkat keanekaragaman hayati, tumbuhan-tumbuhan tersebut termasuk keanekaragaman tingkat jenis karena apabila diamati tumbuhan tersebut memiliki penampaka luar (morfologi) dengan perbedaan yang mencolok, misalnya terdapat variasi dalam bentuk buah dan ukuran tubuhnya.
Jawab: A

3.  Pengelompokkan yang paling mudah untuk kedua kelompok makhluk hidup dapat dilihat dari perkembangbiakannya. Kelompok X berkembang biak dengan spora, sedangkan kelompok Y berembang biak dengan biji yang terdapat dalam buah. Pernyataan yang benar yaitu nomor 1 dan 2.
Jawab: D

4. Makhluk hidup yang termasuk kingdom Protista dapat dibedakan dengan makhluk hidup yang termasuk kingdom Monera karena pada Protista sudah mempunyai membran inti (eukariotik) sehingga pernyataan nomor 4 yaitu salah. Pilihan B, C, dan E salah. Pernyataan nomor 1, makhluk hidup yang tersusun atas satu sel (uniseluler). Pernyataan ini pun merupakan ciri makhluk hidup yang termasuk kingdom Monera karena pada makhluk hidup yang termasuk kelompok Protista, tubuhnya sudah ada yang tersusun atas banyak sel (multiseluler), contohnya pada Protista mirip tumbuhan (ganggang/alga). Jadi pilihan A salah sehingga pilihan yang benar adalah pilihan D.
Jawab: D

5. Pada jaring-jaring makanan tersebut, serangga merupakan konsumen tingkat I yang makanannya berupa tumbuuhan. Serangga dimakan oleh katak dan ayam. Oleh karena itu, apabila serangga mengalami kepunahan maka populasi tumbuhan akan menignkat, populasi katak menurun, dan populasi ayam juga menurun. Di samping itu, tampak bahwa selain serangga, hewan yang berperan sebagai konsumen I adalah tikus dan ulat yang makanannya sama dengan serangga yakni tumbuhan. Jika serangga punah, maka populasi tikus dan ulat akan meningkat karena sumber makanan mereka menjadi lebih banyak.
Jawab: C

6. Berdasarkan diagram siklus karbon di soal, ditunjukkan bahwa B, C, dan D mengalirkan senyawa organik pada A sehingga dapat disimpulkan bahwa A adalah pengurai. A kemudian mengalirkan senyawa organik pada B sehingga B merupakan produsen. B juga mengambil CO2 dari atmosfer untuk fotosintesis dan mengembalikan CO2 ke atmosfer pada saat respirasi. B mengalirkan senyawa organik ke C sehingga C adalah konsumen. C juga mengeluarkan CO2 pada proses respirasinya untuk dikembalikan ke atmosfer. D mendapatkan aliran senyawa organik dari C sehingga D merupakan konsumen. Jadi dapat disimpulkan bahwa A ialah pengurai, B ialah produsen, C dan D ialah konsumen.
Jawab: D

7. peranan tanaman mangrove yang ditanam di pesisir pantai adalah untuk mencegah abrasi, yaitu pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut. Di samping itu, akar tanaman mangrove juga dapat menyaring sedimen yang masuk ke laut bahkan ke terumbu karang karena terbawa oleh gelombang laut dari pantai ke laut. Oleh karena itu, dampak untuk terumbu karang apabila tanaman mangrove ditebang yaitu terumbu karang mengalami kerusakan oleh sedimen yang tidak tersaring.
Jawab: A

8. Keterangan gambar:
Nomor 1: inti sel
Nomor 2: RE
Nomor 3: dinding sel
Nomor 4: membran sel:
Nomor 5: badan golgi
Nomor 6: sitoplasma
Nomor 7: mitokondria
Nomor 8: vakuola
Nomor 9: kloroplas
Awal sintesis protein yaitu terjadi di dalam inti sel, yakni pembentukan RNA oleh DNA. Kemudian protein yang dihasilkan disimpan pada RE, yakni RE kasar. Kemudian protein dibawa oleh badan Golgi melalui membran sel menuju ke sel lainnya yang berfungsi untuk pertumbuhan buah. 
Jawab: A

9. Transpor aktif adalah perpindahan molekul yang membutuhkan ATP sebagai sumber energinya. Energi ini digunakan oleh molekul dalam jumlah sedikit ke molekul dalam jumlah banyak. 
Perpindahan molekul melalui transpor aktif ditunjukkan oleh nomor 1 yang merupakan proses eksositosis dan nomor 2 endositosis.
Jawab: C

10. Osmosis adalah perpindahan molekul air melalui membran semipermeabel dari yang kosentrasi airnya tinggi ke daerah yang konsentrasinya rendah. Setelah dibiarkan selama 30 menit, berat potongan kentang pada gelas A dan B akan berkurang karena air mengalir keluar dari sel-sel kentang melalui membran semipermeabel pada sel-sel kentang tersebut menuju ke larutan gula.
Jawab: D

11. Keterangan gambar:
Nomor 1: stomata. Merupakan derivat epidermis, berfungsi sebagai tempat pertukaran udara.
Nomor 2: jaringan palisade (sel tiang). Banyak mengandung kloroplas, berfungsi tempat fotosintesis.
Nomor3: epidermis. Berfungsi menjaga bagian dalam dan mengurangi terjadinya evaporasi.
Nomor4: pembuluh angkut. Terdiri atas xilem dan floem. Berfungsi dalam pengangkutan.
Jawab: A

12. Jaringan yang terdapat di soal adalah jaringan otot jantung. Hal ini dilihat dari bentuknya, yaitu berbentuk gelendong bercabang, berlurik-lurik dan mempunyai satu atau dua inti di tengah. Jaringan otot jantung berfungsi sebagai penyusun organ jantung.
Jawab: E

13. gerak refleks adalah gerakan yang terjadi secara tiba-tiba di luar kedadaran. Gerak refleks dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:
refleks otak. Contohnya refleks pada mata ketika mendapat rangsang kilat/cahaya.
Urutan penghantaran: reseptor – saraf sensoris – otak besar – saraf motoris – efektor.
Refleks sumsum tulang belakang, contohnya refleks pada kaki saat tempurung lutut dipukul.
Urutan pengantaran impuls: reseptor – saraf sensoris – sumsum tulang belakang – saraf motoris – efektor.
Jawab: C

14. Semakin ke puncak gunung, kadar oksigen semakin sedikit. namun, para pendaki justru membutuhkan oksigen yang lebih banyak untuk pembakaran yang menghasilkan energi. Keadaan ini mengakibatkan kelelahan. Organ pernapasan para pendaki gunung beradaptasi untuk memperoleh oksigen dalam jumlah yang banyak dengan cara mengaktifkan aktivitas alveoli (gelembung-gelembung udara) untuk mempercepat proses pertukaran udara, yaitu memasukkan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Di samping itu, paru-paru semakin elastis sehingga terjadi peningkatan jumlah sel darah merah, menyebabkan pembesaran pada kapasitas vital paru-paru.
Jawab: C

15. Ekstasi merupakan salah satu zat yang termasuk kelompok narkotika. Salah satu efek jangka panjang jika ekstasi dikonsumsi dapat menimbulkan gangguan pada saraf otak. Janin yang sedang dikansung oleh seorang ibu memperoleh semua zat dari apa yang dikonsumsi ibu melalui plasenta dan mengeluarkan zat sisa melalui plasenta. Jika seorang ibu hamil mengonsumsi ekstasi maka secara otomatis zat ini pun akan terkonsumsi oleh janin melalui plasenta tersebut. Akibatnya saraf penyusn otak yang sedanag mengalami pertumbuhan akan terhambat menyebabkan setelah dilahirkan bayi tersebut akan mengalami hambatan pada perkembangan motoriknya.
Jawab: C

16. Peradangan adalah peristiwa membengkaknya jaringan tubuh karena terjadi luka atau mengalami infeksi mikroorganisme. Ketika terjadi luka, sel darah putih basofil dan dua sel mast akan mengeluarkan senyawa kimia  histamin yang menjadi respon awal peradangan. Di samping itu, mikroorganisme yang masuk ke dalam jaringan juga akan mengeluarkan senyawa kimia yang memperkuat sinyal tersebut. Selain itu, leukosit dan jaringan yang rusak akan menghasilkan prostaglandin yang memicu pembesaran dan permeabilitas pembuluh darah. Prostaglandin juga akan meningkatkan aliran darah lokal ke daerah terjadinya luka tersebut. Pembesaran pembuluh darah dan peningkatan aliran darah akan meningkatkan jumlah faktor pembekuan darah agar darah cepat membeku dan menghalangi menyebarnya mikroorganisme ke jaringan lain.
Jawab: B

17. Pada pil KB terdapat hormon sintetik progesteron dan estrogen. Kedua hormon ini digunakan untuk program penjarangan kelahiran. Hal ini dapat terjadi karena kedua hormon sintetik ini dapat menghentikan produksi hormon LH dan FSH. LH berfungsi untuk mematangkan folikel dde Graaf, mendekati permukaan ovarium, dan terjadilah ovulasi. Sedangkan FSH memiliki peran untuk merangsang pertumbuhan folikel dalam ovarium. Berdasarkan fungsinya, kedua hormon ini sangat berperan penting pada proses pembuahan dan terjadi kehamilan.
Jawaban: E

No comments for "Jawaban dan Pembahasan Soal USBN Biologi Terbaru 2019"