Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jawaban Soal Uraian Biologi Buku Erlangga Kelas XI Bab 3 Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan

Jawaban Soal Uraian Biologi Buku Erlangga Kelas XI Bab 3 Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat.

1. Jelaskan persamaan dan perbedaan otot rangka dengan otot jantung.

Jawab:

Berikut adalah persamaan otot rangka dan otot jantung.
Perbedaan
Otot Rangka
Otot Jantung
Bentuk sel Silindris Silindris dengan bagian unjung bercabang dua atau lebih
Inti sel Jumlah banyak letaknya di pinggir   Jumlah satu terletak di tengah
Aktivitas Kontraksi cepat, kuat, dan mudah lelah Kontraksi cukup kuat, ritmis, otomatis, dan tidak mudah lelah
Pengaruh Saraf Saraf sadar Saraf tidak sadar
Letak Melekat pada tulang rangka Jantung

Sedangkan persamaan otot rangka dengan otot jantung adalah terdapat pita gelap-terang pada miofibril.

2. Apakah perbedaan antara jaringan ikat padat teratur dengan jaringan ikat padat tidak teratur? Berikan contohnya masing-masing.

Jawab:

Jaringan ikat padat teratur tersusun dari serat-serat kolagen yang berhimpun secara paralel dan sangat kuat. Di antara serat-serat tersebut, terdapat sel fibroblas. Contoh jaringan ikat padat adalah tendon. Tendon adalah jaringan yang menghubungkan tulang dengan otot.

Jaringan ikat padat tidak teratur memiliki bentuk seperti lembaran-lembaran dengan serat-serat membentuk anyaman kasar yang kuat. Jaringan ini mengandung banyak serat kolagen kasar serta sedikit serat elastin dan retikular. Contoh jaringan ikat padat tidak teratur terdapat pada fasia (selaput pembungkus atau penyekat), dermis kulit, periosteum (lapisan tulang luar), perikondrium (lapisan luar tulang rawan), dan kapsul pembungkus beberapa organ seperti hati dan testis.

3. Isilah tabel perbedaan tulang rawan hialin, elastik, dan fibroblas berikut.

Jenis Tulang Rawan
Warna
Jenis Matriks
Perikondrium (Ada/Tidak Ada)
Letak
Hialin



Elastik


Fibroblas



Jawab:

Jenis Tulang Rawan
Warna
Jenis Matriks
Perikondrium (Ada/Tidak Ada)
Letak
Hialin Bening atau putih kebiruan Banyak mengandung mukopolisakarida sulfat dan serat kolagen Ada Permukaan sendi tulang, ujung tulang rusuk yang melekat pada tulang dada, hidung, laring, trakea, dan bronkiolus.
Elastik Kuning Banyak mengandung serat elastik dan sedikit serat kolagen Ada Dinding saluran telinga luar, daun telinga, dinding saluran Eustachius, epiglotis, dan laring.
Fibroblas Gelap keruh Banyak mengandung serat kolagen Tidak ada Antarruas tulang belakang, simfisis pubis, persendian tulang bahu dan paha, serta tempat melekatnya tendon dan ligamen

4. Tuliskan 6 faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker.

Jawab:

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker.
(1) Faktor keturunan. Faktor keturunan sangat besar pengaruhnya terhadap risiko kanker. Jenis kanker yang cenderung diturunkan dalam keluarga antara lain kanker payudara, kanker indung telur, kanker kulit, dan kanker usus.

(2) Faktor lingkungan. Lingkungan memberikan pengaruh yang besar bagi timbulnya kanker. Misalnya perokok aktif atau perokok pasif berisiko besar terkena kanker paru-paru, mulut, laring, dan kandung kemih. Contoh lain yaitu sinar ultraviolet dari matahari, radiasi dari sinar rontgen, radiasi dari pembangkit listrik tenaga nuklir, dan reaksi dari ledakan bom atom.

(3) Faktor makanan. Faktor makanan terutama makanan yang mengandung bahan kimia. Misalnya makanan diolah dengan pengasapan, diasamkan, minuman beralkohol, zat pewarna makanan, logam berat, seperti merkuri yang banyak terdapat pada bahan makanan laut yang tercemar (ikan, kerang, dan udang), serta makanan manis yang diproses secara berlebihan.

(4) Virus. Virus yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker diantaranya yaitu virus Papilloma (penyebab kutil alat kelamin, virus hepatitis B (menyebabkan kanker hati), HIV (menyebabkan limfoma atau kanker limfosit dan kanker darah), serta virus Sitomegalo (menyebabkan sarkoma kaposi atau kanker sistem pembuluh darah).

(5) Infeksi. Infeksi diakibatkan oleh infeksi cacing Clonorchis sinensis, cacing Schistosoma sp., bakteri Helicobacter pylori.

(6) Gangguan keseimbangan hormonal. Misalnya kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progesteron menyebabkan meningkatnya risiko kanker payudara, kanker leher rahim, dan kanker
rahim.

(7) Faktor kejiwaan dan emosional. Stres berat dapat menimbulkan gangguan emosional yang akhirnya sel menjadi hiperaktif dan berubah sifat menjadi ganas sehingga menyebabkan kanker.

(8) Radikal bebas. Radikal bebas merupakan suatu atom, gugus atom, atau molekul yang memiliki elektron bebas. Sumber radikal bebas diantaranya produk sampingan dari proses metabolisme dan racun-racun kimiawi dari makanan dan minuman, udara yang terpolusi, serta radiasi sinar ultraviolet dari matahari.

5. Apa yang Anda ketahui tentang transplantasi jaringan dan transplantasi organ yang dilakukan di bidang kedokteran?

Jawab:

Transplantasi yaitu oemindahan sebagian atau seluruh jaringan/organ dari suatu bagian tubuh ke bagian tubuh lain pada individu yang sama atau dari individu berbeda. Tujuan transplantasi ini untuk mengganti jaringan (organ) pasien yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Jaringan dapat diambil dari orang yang masih hidup atau yang baru meninggal. Jaringan yang biasa diambil dari donor hidup misalnya ginjal, kulit, sumsum tulang, dan darah. Sedangkan jaringan yang diambil dari yang sudah meninggal yaitu jantung, hati, ginjal, kornea, pankreas, paru-paru, dan sel otak.

Post a Comment for "Jawaban Soal Uraian Biologi Buku Erlangga Kelas XI Bab 3 Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan"