Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Soal dan Pembahasan Materi Ekosistem dan Pencemaran Lingkungan | Materi IPA SMP

 Hallo adik-adik SMP, pada postingan kali ini akan dibahas contoh soal Materi Ekosistem dan Pencemaran Lingkungan.

Selamat belajar.

1. Di dalam suatu kolam yang terletak di daaerah pertanian terdapat beberapa jenis ikan, katak, serangga air, dan juga plankton. Beberapa hari kemudia, warna air pada kolam tersebut perlahan-lahan berubah menjadi hijau gelap. Kolam dipenuhi oleh eceng gondok dan banyak ikan yang mati. Usaha yang dapat dilakukan untuk membuat air kolam menjadi bersih kembali yaitu ...

a. menambah jenis ikan di kolam

b. menyemprot herbisida, ke dalam kolam

c. mengurangi eceng gondok dari kolam

d. mengeruk dasar kolam agar lebih dalam


Jawab: B

Pembahasan:

Usaha yang dapat dilakukan untuk membuat air kolam menjadi kembali jernih yaitu mengurangi atau membasmi eceng gondok yang ada di kolam tersebut. Caranya yaitu dengan menyemprotkan herbisida ke dalam kolam tersebut. Herbisida merupakan zat kimia yang memiliki kegunaan untuk membasmi gulma. Gulma dalam hal ini yaitu eceng gondok. Namun perlu diperhatikan, pemakaian herbisida harus sesuai dan tidak berlebihan, karena akan merusak lingkungan dan juga membuat gulma yang disemprot dengan herbisida tersebut menjadi resisten atau kebal.


2. Perhatikan gambar kondisi lingkungan di bawah ini!

Soal dan Pembahasan Materi Ekosistem dan Pencemaran Lingkungan | Materi IPA SMP   Setelan entri Label IPA SMP Tidak ada saran yang cocok Dipublikasikan pada 03/10/20 21.15 Permalink Lokasi Deskripsi Penelusuran Opsi Tag Robot Kustom

Upaya yang tepat untuk menghindari keadaan lingkungan seperti gambar di atas adalah ...

a. membakar sampah tersebut di pekarangan rumah

b. menimbun sampah anorganik dalam tanah

c. melakukan kegiatan reuse, reduce, dan recycle

d. membuang sampah organik ke sungai


Jawab: C

Pembahasan:

Gambar pada soal jelas menunjukkan sampah yang menggunung di suatu tempat. Sampah ini kebanyakan termasuk kedalah sampah anorganik. Sampah anorganik umumnya merupakan sampah yang sangat sulit untuk diuraikan oleh mikroorganisme pengurai. Oleh sebab itu, usaha yang paling tepat untuk menghindari terjadinya penumpukkan sampah anorganik adalah dengan melakukan kegiatan reuse, reduse, dan recycle. Reuse berarti menggunakan kembali, reduce berarti mengurangi penggunaan, dan recycle berarti mendaur ulang. 


3. Dalam ekologi, kingdom Fungi memiliki peranan sebagai ...

a. produsen

b. konsumen tingkat 1

c. konsumen tingkat 2

d. dekomposer


Jawab: D

Pembahasan:

  • Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri. Biasanya tumbuhan, karena mampu melakukan fotosintesis.
  • Konsumen merupakan makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanannya sendiri sehingga makanannya diperoleh dari makhluk hidup lainnya. Konsumen dapat dibedakan menjadi konsumen tingkat 2, tingkat 2, tingkat 3, dan seterusnya. Contohnya yaitu hewan.
  • Pengurai atau dekomposer merupakan makhluk hidup yang menguraikan makhluk hidup lainnya yang sudah mati. Hasil penguraiannya tersebut dibutuhkan oleh tumbuhan sebagai sumber mineral dari dalam tanah. Contohnya yaitu jamur dan bakteri.
4. Banjir yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan meluapnya air sungai karena pendangkalan dan aliran yang terhambat oleh sampah anorganik yang menumpuk tergolong kedalam gejala alam ...
a. biotik
b. abiotik
c. abiotik dan biotik
d. anorganik

Jawab: B
Pembahasan:
Bencana seperti banjir termasuk gejala alam biotik karena curah hujan yang tinggi sehingga jumlah air bertambah dan tidak tertampung. Selain itu, penumpukan sampah di sungai menyebabkan aliran sungai sungai jadi terhambat dan sungai akan menjadi dangkal.

5. Perhatikan data di bawah ini
(1) sampah
(2) kekurangan pangan
(3) penebangan hutan
(4) gas karbondioksida
(5) kekurangan perumahan
(6) air mengandung merkuri
(7) gas oksigen
Dari data di atas yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan ditunjukkan oleh nomor ...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 4, dan 6
c. 2, 5, dan 7
d. 3, 5, dan 7

Jawab: B
Pembahasan:
Pencemaran lingkungan dapat dibedakan menjadi 3 yakni pencemaran air, udara, dan tanah. 
  • Bahan pencemar air: limbah industri (zat kimia berbahaya dan beracun)
  • Bahan pencemar udara: gas dan partikel hasil pembakaran kendaraan bermotor, gas buang hasil industri, dsb.
  • Bahan pencemar tanah: masuknya polutan bahan cair seperti limbah rumah tangga, limbah industri, dan limbah pertanian ke dalam tanah.


Post a Comment for "Soal dan Pembahasan Materi Ekosistem dan Pencemaran Lingkungan | Materi IPA SMP"