Soal P3K Biologi SMA Tahap 2 Beserta Pembahasan Berdasarkan FR [Part 1]

Banksoalbiologi.com – Halo sahabat guru, khususnya yang sedang berjuang menghadapi tes PPPK (P3K) tahap 3 tahun 2021, pada postingan kali ini saya bagikan contoh soal P3K mata pelajaran Biologi SMA berdasarkan FR (pengalaman). Soal ini tidak sama persis dengan tes P3K kemarin, namun memiliki tipe dan jenis yang sama. Tak ada salahnya, rekan-rekan mempersiapkan diri dengan matang dalam menghadapi tes nanti. Untuk lebih lengkapnya mengenai FR atau jenis soal yang keluar pada tahap 3, silakan pelajari pada postingan sebelumnya Soal P3K Biologi Tahap 2 Berdasarkan Pengalaman (FR).

Selamat belajar, semoga membantu. 

Soal P3K Biologi SMA Tahap 2 Berdasarkan FR


Topik: Mekanisme Pernapasan pada Manusia

Contoh Soal 1

Perhatikan pernyataan berikut ini mengenai pernapasan pada manusia.

(1) Ruas antar tulang rusuk berkontraksi – tulang rusuk terangkat – volume rongga dada membesar – tekanan udara dalam paru-paru mengecil – udara masuk.

(2) Otot diafragma berkontraksi – diafragma mendatar – volume rongga dada membesar – tekanan udara dalam paru-paru mengecil – udara masuk.

(3) Ruas antar tulang rusuk berelaksasi – tulang rusuk turun – volume rongga dada mengecil – tekanan udara dalam paru-paru membesar – udara keluar. 

(4) Otot diafragma berelaksasi – diafragma melengkung – volume rongga dada mengecil – tekanan udara dalam paru-paru membesar – udara keluar.

Berdasarkan pernyataan di atas yang menunjukkan mekanisme pernapasan dada yaitu ...

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 1 dan 3

D. 2 dan 4

E. 3 dan 4

Jawab: C

Pembahasan:  

Mekanisme pernapasan pada manusia terdiri dari dua proses yakni inspirasi dan ekspirasi. Inspirasi tiada lain menghirup udara, sedangkan ekspirasi mengeluarkan udara. Ada kata kunci sederhana yang bisa diingat dalam mengerjakan soal topik ini. Ingat, pernapasan dada itu melibatkan otot dada, sedangkan pernapasan perut menggunakan otot diafragma. Kita tak perlu menganalisis satu per satu dari pernyataan pada soal, sebab semua pernyataan di atas benar semua, tugas kita hanya membedakan antara mekanisme pernapasan dada dengan pernapasan perut. 

Contoh Soal 2 (suplemen latihan)

Pernapasan pada manusia, masuknya udara atau inspirasi terjadi apabila ...

A. Otot antartulang rusuk dalam dan otot diafragma berkontraksi

B. Otot antartulang rusuk luar otot dan perut berkontraksi

C. otot diafragma dan otot antartulang rusuk luar berkontraksi 

D. otot antartulang rusuk luar berelaksasi dan otot diafragma berkontraksi 

E. otot diafragma dan otot dinding perut berkontraksi

Jawab: A

Pembahasan:

Pernapasan manusia dibedakan menjadi pernapasan dada dan juga pernapasan perut. Mekanisme pemasukan udara pernapasan pada pernapasan dada, yaitu otot antartulang rusuk dalam berkontraksi, tulang rusuk terangkat, volume rongga dada membesar, tekanan udara dalam rongga dada mengecil, kemudian udara masuk kedalam paru-paru. Bagaimana dengan pernapasan perut? Mekanisme inspirasi atau pemasukan udara pernapasan pada pernapasan perut, yaitu otot diafragma berkontraksi sampai pada posisi mendatar, volume rongga dada membesar, tekanan udara dalam paru-paru mengecil, udara masuk ke dalam paru-paru. Jadi, masuknya udara pernapasan pada manusia itu terjadi jika otot antartulang rusuk bagian dalam dan otot diafragma berkontraksi. 

Baca juga: Soal P3K Biologi dan Pembahasan Part 1


Post a Comment for "Soal P3K Biologi SMA Tahap 2 Beserta Pembahasan Berdasarkan FR [Part 1]"