Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kisi-kisi Soal PAT (Penilaian Akhir Tahun) Biologi Kelas XI

Kisi-kisi Soal PAT (Penilaian Akhir Tahun) Biologi Kelas XI

Assalamu'alaikum Wr. Wb., halo adik-adik SMAPNA sebentar lagi kita akan menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk tahun ajaran 2021/2022. Bagaimana nih udah siap ikut PAT? Atau jangan-jangan lupa bahwa sebentar lagi mau ujian. Kalau begitu gawat😆

Nah, melalui blog BSB ini, adik-adik bisa pelajari kisi-kisi PAT Biologi kelas XI. Tepatnya, ini bukan kisi-kisi sih tapi bocoran soal😁 Yok, langsung saja pelajari berikut ini. Silakan klik unduh aja untuk melihat secara lengkap. Selamat belajar, semoga bermanfaat.

No Indikator Soal Penjelasan
1 Siswa mampu menjelaskan fungsi sistem peredaran darah Pelajari fungsi sistem peredaran darah, terutama dalam hal melindungi tubuh dari berbagai bibit penyakit. Pelajari fungsi dari leukosit, karena sel darah tersebut yang berperan dalam menjaga tubuh dari bibit penyakit.
2 Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, sifat/karakteristik darah Pelajari semua ciri/karakteristik darah. Seperti komponen darah antara plasma darah dan sel-sel darah. Kemudian faktor penyebab warna darah berbeda-beda, seperti ada yang berwarna merah cerah atau terang, merah gelap atau bahkan kebiruan.
3 Siswa mampu membedakan fungsi utama dari eritrosit, leukosit, dan trombosit Pelajari fungsi utama dari eritrosit (sel darah merah), leukosit (sel darah putih), dan juga trombosit atau keping-keping darah. Fungsi eritrosit yang terpenting yaitu mengangkut oksigen dari paru-paru, juga mengangkut karbondioksida untuk dibuang ke lingkungan. Leukosit sangat aktif dalam pertahanan tubuh, sedangkan trombosit berperan dalam pembekuan darah saat luka sehingga tubuh akan terjaga dari kekurangan darah yang terbuang.
4 Siswa mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang berperan dalam proses pembekuan darah Pelajari bagaimana proses pembekuan darah. Untuk memudahkan pelajari dalam bentuk bagan proses pembekuan darah. Salah satu yang berperan penting diantaranya yaitu ion Ca2+ dan vitamin K.
5 Siswa mampu memahami sistem transfusi darah pada manusia Pelajari golongan darah sebagai pendonor dan resipien. Lihat tabel transfusi darah secara lengkap agar memudahkan memahami. Namun, secara umum perlu diingat bahwa gologan darah O termasuk golongan darah donor universal artinya dapat mendonorkan darahnya ke semua golongan darah. Sedangkan golongan darah AB disebut resipien universal, artinya dapat menerima semua golongan darah.
6 Siswa mampu membedakan pembuluh darah arteri dan vena Pelajari perbedaan pembuluh darah arteri dan vena melalui tabel agar lebih mudah dipahami. Faktor pembeda diantaranya dinding pembuluh darah, arah aliran, kaya akan oksigen atau karbondioksida, dsb.
7 Siswa mampu membaca hasil pemeriksaan tekanan darah, terutama dalam menentukan angka sistol dan diastol Pahami dahulu pengertian dari sistole dan diastole, nanti akan lebih mudah dalam membaca angka pada alat pemeriksa tekanan darah.
Silakan klik UNDUH untuk melihat secara lengkap.

Post a Comment for "Kisi-kisi Soal PAT (Penilaian Akhir Tahun) Biologi Kelas XI"