Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri, Inilah Bahayanya Bagi Kesehatan

Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri, Inilah Bahayanya Bagi Kesehatan

Bagi sebagian orang, makan sambil berdiri merupakan hal yang biasa. Namun, bagi seorang muslim yang taat, tentu hal ini sangat diyakini bahwa makan sambil berdiri merupakan hal yang tidak baik untuk dilakukan. Selain daripada sudah merupakan larangan dalam Islam, juga tidak sehat dilihat dari segi kesehatan. Sudah banyak penelitian mengenai hal ini, namun tak sedikit orang yang mengabaikannya. Mungkin karena efeknya yang tidak langsung dirasakan. Padahal jika kebiasaan buruk ini terus dilakukan dalam waktu yang cukup lama, maka akan berakibat buruk bagi tubuh. 

Dalam Islam, kebiasaan minum sambil berdiri sudah diwanti-wanti oleh Rasulullah. Beliau (Rasulullah) melarang seseorang yang minum sambil berdiri dan bahkan barang siapa yang lupa, maka sebaiknya dimuntahkannya. Jika Rasulullah menganjurkan untuk memuntahkannya, berarti efek dari minum sambil berdiri ini bukan main-main. Ada hal buruk yang mengintai jika kebiasaan buruk ini dilakukan. 

Jika dilihat dari segi kesehatan, minum sambil berdiri dapat menyebabkan jatuhnya cairan secara tiba-tiba ke dalam lambung. Apabila terus dilakukan, maka akan menyebabkan gangguan pada lambung sehingga menyulitkan pencernaan. 

Dr. Ibrahim ar-Rawi mengungkapkan bahwa ketika berdiri, maka keseimbangan pusat-pusat saraf manusia akan berkurang alias tidak rileks, sehingga hal ini jelas akan mengurangi ketenangan. Tenang saat minum atau bahkan makan merupakan syarat yang harus terpenuhi agar pencernaan tetap terjaga dengan baik. Posisi duduk saat minum atau makan maka keadaan akan rileks dan tenang. Dengan posisi duduk juga, organ pencernaan semakin mudah dalam menerima makanan dan minuman. 

Makan dan minum dalam posisi berdiri juga dapat membahayakan dinding lambung, sehingga lambung tersebut rentan mengalami radang. Para pakar kesehatan mengungkapkan bahwa radang lambung kerap terdapat di area-area lambung yang memang biasa mendapatkan benturan oleh makanan dan minuman. Tak sedikit orang yang makan dan minum sambil berdiri tidak menikmati makanan dan minuman yang mereka makan bahkan akan sulit dan terkadang menimbulkan rasa nyeri. 

Itulah artikel singkat mengenai alasan makan dan minum tidak boleh berdiri, semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri, Inilah Bahayanya Bagi Kesehatan"