Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kisi-kisi Soal PAS (Penilaian Akhir Semester) Biologi Kelas XII

Kisi-kisi Soal PAS (Penilaian Akhir Semester) Biologi Kelas XII

Halo adik-adik kelas XII, tak terasa ya kita sudah berada di penghujung semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Itu artinya, Penilaian Akhir Semester (PAS) sebentar lagi akan segera dilaksanakan. Tentunya, PAS ini wajib dilalui oleh seorang siswa sebagai bentuk evaluasi per semester. 

Postingan ini dibuat tiada lain adalah untuk mempermudah adik-adik dalam menaklukkan soal PAS nanti. Dengan mempelajari kisi-kisi ini, adik-adik akan mendapatkan gambaran bagaimana bentuk soal PAS dan materi apa yang mesti dikuasai.

Tips sukses agar dapat mengerjakan soal PAS dengan mudah, yaitu:

Pelajari kisi-kisi soal PAS, baca dan pelajari soal PTS ganjil, juga pelajari soal pra-PAS

 Baiklah, berikut adalah kisi-kisi soal PAS Biologi Kelas XII. Silakan dipelajari, semoga sukses😍


Materi Bab Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Makhluk Hidup
No Petunjuk / Indikator Soal Keterangan
1 Disajikan pernyataan tentang pertumbuhan dan perkembangan, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri tumbuhan yang telah mengalami dewasa Baca dan pelajari ciri-ciri tumbuhan atau tanda tumbuhan telah mengalami kedewasaan
2 Disajikan gambar biji yang sedang mengalami pertumbuuhan, peserta didik mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi perkecambahan pada biji. Baca dan pelajari faktor utama atau faktor penting yang memengaruhi perkecambahan biji.
3 Disajikan gambar proses perkecambahan biji, peserta didik mampu membedakan tipe perkecambahan epigeal dan hipogeal Pelajari gambar perkecambahan epigeal dan hipogeal
4 Disajikan narasi seorang petani yang melukai bagian tumbuhan, peserta dapat mengidentifikasi faktor hormon asam traumalin dalam menutup luka. Pelajari faktor hormon yang berperan dalam menutup luka pada tumbuhan
5 Disajikan sebuah percobaan pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan, peserta didik mampu menganalisis perbedaan pertumbuhan yang disimpan di tempat gelap dan terang. Pelajari ciri-ciri tumbuhan yang disimpan di tempat gelap dan terang. Bedakan mulai dari tinggi batang, warna daun, besar kecilnya ukuran batang, dsb.
6 Disajikan data hasil percobaan pertumbuhan tanaman kacang hijau, peserta didik mampu menyimpulkan dari percobaan tersebut. Lihat penjelasan kisi-kisi nomor 5.
7 Disajikan narasi seorang petani yang menggunakan bahan kimia untuk mempercepat pemasakan buah, peserta dapat mengidentifikasi jenis zat / hormon yang digunakan oleh petani tersebut. Pelajari hormon yang berperan dalam pemasakan buah.
8 Disajikan data hasil percobaan pertumbuhan tanaman kacang hijau, peserta didik mampu menyimpulkan dari percobaan tersebut. Lihat penjelasan kisi-kisi nomor 5.
9 Disajikan data hasil percobaan pertumbuhan tanaman kacang hijau, peserta didik mampu menyimpulkan dari percobaan tersebut. Lihat penjelasan kisi-kisi nomor 5.
10 Disajikan gambar proses pembengkokan batang, peserta didik mampu menganalisis faktor yang dapat mempengaruhi peristiwa pembengkokan tersebut yang dihubungkan dengan hormon. Pelajari peran hormon auksin, termasuk hubungannya dengan cahaya.

Materi Bab Enzim dan Metabolisme
No Petunjuk / Indikator Soal Keterangan
1 Disajikan pernyataan tentang metabolisme, peserta didik mampu mengidentifikasi yang tergolong katabolisme Baca dan pelajari contoh reaksi katabolisme
2 Disajikan gambar cara kerja enzim, peserta didik mampu menjelaskan sifat enzim yang berhubungan dengan gambar tersebut. Baca dan pelajari cara kerja enzim (spesifik, bekerja bolak-balik, dsb)
3 Disajikan pernyataan reaksi yang terjadi pada saat fotosintesis, peserta didik mampu mengurutkan reaksi gelap. Baca urutan reaksi gelap (fiksasi, reduksi, regenerasi)
4 Disajikan gambar seseorang yang sedang mengalami lelah setelah berolahraga, peserta didik mampu menjelaskan faktor penyebabnya. Baca reaksi fermentasi asam laktat
5 Disajikan tabel perbedaan reaksi terang dan reaksi gelap, peserta didik mampu menjelaskan perbedaan kedua reaksi tersebut. Baca dan pelajari perbedaan reaksi terang dan gelap fotosintesis
6 Disajikan gambar bagan respirasi aerob, peserta didik mampu menganalisis tahap respirasi yang terjadi serta hasil reaksinya. Pelajari tahapan reaksi aerob (glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus Krebs, dan transpor elektron). Pelajari terutama tahap dan hasil reaksinya.
7 Disajikan pernyataan tentang tahapan respirasi, peserta didik mampu mengidentifikasi peristiwa yang terjadi antara glikolisis dan daur Krebs. Baca penjelasan kisi-kisi nomor 7.
8 Disajikan data tabel peristiwa respirasi aerob dan anaerob, peserta didik mampu membedakan antara keduanya. Baca perbedaan respirasi aerob dan anaerob. Untuk memudahkan, baca melalui tabel.

Materi Bab Genetik
No Petunjuk / Indikator Soal Keterangan
1 Disajikan pernyataan tentang tentang hubungan materi genetik, peserta didik mampu menghubungkan antara gen, kromosom, dan DNA. Baca dan pelajari hubungan antara gen, kromosom, dan DNA. Pelajari juga soal pra-PAS.
2 Disajikan gambar pita DNA, peserta didik mampu mengurutkan basa nitrogen pada mRNA. Pelajari pasangan basa nitrogen antara DNA dan RNA. Ingat: basa nitrogen pada RNA tidak memiliki Timin (T) sehingga diganti menjadi Urasil (U).
3

Disajikan gambar macam kromosom, peserta didik dapat menunjukkan macam kromosom berdasarkan letak sentromer.

Pelajari gambar kromosom metasentrik, telosentrik, submetasentrik, dan akrosentrik.
4 Disajikan gambar untai nukleotida pada DNA, peserta didik dapat menentukan jumlah nukleotida. Pelajari komponen utama penyusun nukleotida. Ingat, satu nukleotida terdiri dari Posfat - Gula pentosa - Basa nitrogen, disingkat P-G-B. P, G, dan B masing-masng ditandai dengan bentuk tertentu. Jadi, satu nukleotida terdiri dari 3 bentuk berbeda jika dilihat melalui gambar.
5 Disajikan teori replikasi DNA, peserta didik mampu menyebutkan teori replikasi DNA model semikonservatif. Pelajari model semikonservatif. Agar tidak tertukar, bedakan dengan model dispersif dan konservatif.
6 Disajikan gambar materi genetik, peserta didik mampu membedakan struktur DNA dan RNA. Pelajari DNA dan RNA melalui tabel. Pelajari terutama perbedaan letak, penyusun basa nitrogen, bentuk rantai, fungsi utama.
7 Disajikan gambar nukleotida, peserta didik mampu menunjukkan komponen penyusun nukleotida. Baca penjelasan kisi-kisi nomor 4.
8 Peserta didik mampu menyebutkan letak DNA di dalam sel Baca dan pelajari tentang DNA terutama letaknya di dalam sel.
9 Disajikan pernyataan tentang mekanisme transkripsi sintesis protein, peserta didik mampu menjelaskan tahap-tahapnya dengan benar. Baca dan pelajari tahap inisiasi, elongasi, dan terminasi.

Materi Bab Pembelahan Sel
No Petunjuk / Indikator Soal Keterangan
1 Disajikan narasi tentang pembelahan sel, peserta didik mampu membedakan pembelahan mitosis dan meiosis. Pelajari perbedaan mitosis dan meiosis melalui tabel
2 Disajikan gambar tahap-tahap pembelahan, peserta didik mampu menjelaskan ciri tahap pembelahan profase, metafase, anafase, dan telofase. Pelajari gambar tahap pembelahan mitosis
3 Disajikan gambar diagram siklus sel, peserta didik mampu menganalisis tahapan siklus sel beserta ciri-cirinya. Pelajari diagram siklus sel. Pahami urutan tahap Interfase yang terdiri dari dari fase G1, S, dan G2.
4 Disajikan gambar pembelahan mitosis, peserta didik mampu menunjukkan tahapan pembelahan sel metafase dan telofase. Pelajari urutan pembelahan mitosis.
5 Disajikan pernyataan tentang pembelahan sel, peserta didik mampu mengurutkan pembelahan sel mulai dari profase hingga telofase. Pelajari urutan pembelahan mitosis.
6 Disajikan narasi siswa sedang melakukan uji pengamatan pembelahan sel, peserta didik mampu mengidentifikasi tahapan pembelahan sel pada saat telofase. Pelajari ciri-ciri tahap pembelahan telofase pada mitosis.
7 Disajikan gambar pembelahan sel bakteri, peserta didik mampu menyebutkan nama pembelahan sel. Baca dan pelajari tahap pembelahan pada bakteri.

Materi Bab Pola-pola Hereditas
No Petunjuk / Indikator Soal Keterangan
1 Disajikan narasi persilangan tanaman, peserta didik mampu menghitung jumlah keturunan dari persilangan tersebut. Berlatihlah membuat diagram garpu agar mudah menentukan rasio fenotipe dari suatu persilangan.
2 Disajikan narasi percobaan Mendel, pesera didik mampu menyebutkan alasan Mendel memilih kacang ercis dalam eksperimennya. Baca dan pelajari tentang awal eksperimen yang dilakukan oleh Mendel.
3 Disajikan gen-gen yang mewarisi pada beberapa hewan, peserta didik mampu menentukan fenotipe dari alel tertentu. Pelajari bagaimana cara menentukan fenotipe dari suatu pasangan alel. Misal AA adalah merah, Aa adalah merah, aa adalah putih.
4 Disajikan narasi persilangan pada ayam, peserta didik mampu menghitung rasio fenotipe yang dihasilkan dengan konsep atavisme. Kuasai bagaimana cara menentukan diagram garpu. Ingat pula genotipe dan fenotipe pada jengger ayam (Ros, Pea, Walnut, single)
5 Disajikan narasi persilangan pada gandum, peserta didik mampu menghitung rasio fenotipe yang dihasilkan dengan konsep epistasis-hipostasis. Pelajari persilangan dengan konsep epistasis-hipostasis. H epistasis terhadap K.
6 Disajikan narasi persilangan tanaman, peserta didik mampu menghitung persentase keturunannya. Pelajari bagaimana cara menentukan persentase dari persilangan. Hal yang harus dikuasasi terlebih dahulu adalah menentukan diagram anak garpu, kemudian menentukan rasio fenotipe.

Demikian kisi-kisi PAS Biologi kelas XI. Semangat belajar ya😘

Post a Comment for "Kisi-kisi Soal PAS (Penilaian Akhir Semester) Biologi Kelas XII"