Download Program Tahunan dan Program Semester Biologi Kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024

Download Program Tahunan dan Program Semester Biologi Kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024

banksoalbiologi.com
- Halo sahabat guru Biologi, selamat datang di blog banksoalbiologi.com. Tak terasa ya, setelah libur yang cukup panjang kini saatnya bapak dan ibu untuk memulai rutinitas kembali ke sekolah masing-masing, walaupun sebenarnya guru itu tak ada liburnya juga sih ya😁 Ya, karena selama "libur" guru tetap dituntut untuk membuat atau mempersiapkan segala administrasi untuk ajaran baru. Nah, ngomong-ngomong soal administrasi guru tentu bapak dan ibu sudah sangat paham apa saja yang wajib dibuat untuk menyambut ajaran baru. Mulai dari Program Tahunan (Prota), Program Semester (Prosem/Promes), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / Modul Ajar, Penilaian Peserta Didik, dsb. Intinya, bapak dan ibu sudah sangat mengerti karena hal tersebut dijadikan makanan sehari-hari. 

Nah, pada postingan kali ini saya khususkan bagi bapak dan ibu yang belum sempat untuk menyusun perangkat pembelajaran karena mungkin banyak kesibukan lain, maka saya akan share contoh program tahunan dan semester untuk dijadikan referensi bagi bapak dan ibu. Ingat ya, ini hanyalah contoh selebihnya silakan sesuaikan dengan kondisi sekolah bapak dan ibu. 

Program tahunan dan program semester ini disusun berdasarkan Kurikulum 2013, namun untuk pemilihan Kompetensi Dasar (KD) menyesuaikan dengan CP atau Capaian Pembelajaran yang ada dalam Kurikulum Merdeka. Namun dalam kenyataannya di kelas, tetap KD yang tidak tercantum di program tahunan dan semester juga disampaikan kepada peserta didik, hanya saja sebagai pengantar alias sekilas. Hal ini kami lakukan karena menyesuaikan dengan kurikulum merdeka. 

Sebelum bapak dan ibu mengunduh file yang dibagikan, saya informasikan materi pokok Biologi kelas XII 

Semester Ganjil

1. Pertumbuhan dan perkembangan

2. Enzim dan Metabolisme

3. Pewarisan sifat (meliputi pola-pola hereditas dan hereditas pada manusia)

Semester Genap

1. Evolusi 

2. Bioteknologi

Jadi, ada beberapa KD yang tidak dicantumkan dalam program yaitu materi genetik (DNA, RNA, sintesis protein), pembelahan sel, dan mutasi genetik). Untuk materi-materi ini, tetap disampaikan hanya porsinya sedikit.

Baiklah bapak dan ibu, berikut adalah link program tahunan dan program semester yang dapat diunduh.

Unduh Program Tahunan dan Program Semester Biologi kelas XII

Cukup sekian postingan singkat kali ini, semoga beramanfaat. Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar, apabila ada hal yang perlu didiskusikan.


Post a Comment for "Download Program Tahunan dan Program Semester Biologi Kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024"