Kisi-kisi PSTS Biologi Kelas XI Semester Genap Beserta Penjelasannya

Kisi-kisi PSTS Biologi Kelas XI Semester Genap Beserta Penjelasannya

banksoalbiologi.com
- Adik-adik kelas XI, berikut adalah kisi-kisi soal PSTS Biologi. Silakan pelajari dengan sebaik-baiknya. 

Selamat Belajar😊

MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN

Nomor 1

Indikator Soal:
Disajikan ciri-ciri organ pernapasan, peserta didik mampu menentukan organ penyusun sistem pernapasan manusia yang dimaksud.
Penjelasan:
Pelajari ciri-ciri alat pernapasan (laring, trakea)
Ciri-ciri laring:
  • terdiri dari lempengan-lempengan tulang rawan
  • laring memiliki bentuk seperti saluran tabung
  • dinding bagian dalam digerakkan oleh otot yang dapat membuka dan menutup
  • laring memiliki ukuran sekitar 4-5 cm
Ciri-ciri trakea:
  • Trakea atau biasa disebut batang tenggorokan tersusun dari cicin tulang rawan yang terletak di depan tulang kerongkongan dan berbentuk pipa. 
  • Trakea bagian dalam licin dilapisi oleh selaput lendir dan memiliki lapisan yang terdiri dari sel-sel bersilia (berambut halus).
  • Lapisan bersilia ini memiliki peran untuk menahan debu atau kotoran dalam udara agar tidak masuk ke dalam paru-paru.
Silakan pelajari secara mandiri untuk alat pernapasan yang lainnya.

Nomor 2
Indikator Soal:
Disajikan gambar bagian-bagian rongga hidung, peserta didik mampu menganalisis fungsi dari bagian organ yang ditunjuk

Penjelasan:
Untuk menjawab soal ini, kalian harus mempelajari struktur anatomi rongga hidung. Dalam hidung terdapat bagian-bagian yang memiliki fungsi tertentu, misalnya selaput lendir dan silia yang berperan dalam membunuh mikroorganisme yang masuk ke dalam hidung. Selain itu terdapat sel olfaktori yang berperan dalam indra penciuman karena mampu menerima rangsang bau.

Nomor 3
Indikator Soal:
Disajikan pernyataan tentang bernapas, peserta didik mampu mengurutkan organ pernapasan yang dilewati oleh udara dari awal sampai akhir.
Penjelasan:
Silakan pelajari kembali urutan jalannya udara yang masuk, mulai dari hidung sampai alveolus. Ingat, jangan sampai terbalik.

Nomor 4
Indikator Soal:
Disajikan data hasil uji laboratorium klinis, peserta didik mampu menyimpulkan data hasil uji laboratorium klinis tersebut.
Penjelasan:
Pelajari volume dan kapasitas paru-paru. Pada soal, yang ditanyakan adalah kapasitas vital atau KV. Ingat, untuk menentukan kapasitas vital gunakan rumus KV = VT + VCI + VCE. Hati-hati, jangan salah menjumlahkan.
Dalam soal uraian, juga terdapat soal seperti ini namun tugasnya menghitung KTP (Kapasitas Total Paru-paru)

Nomor 5
Indikator Soal:
Disajikan gambar dan ciri-ciri dari salah satu organ penyusun sistem pernapasan manusia, peserta didik mampu menunjukkan organ pernapasan yang dimaksud.
Penjelasan:
Untuk menjawab soal ini, silakan pelajari ciri-ciri diafragma.
Ciri-ciri diafragma:
  • Merupakan otot yang terletak di bawah paru-paru serta jantung
  • Diafragma memisahkan antara rongga dada dengan rongga perut.
  • Bentuk diafragma kurang lebih menyerupai kubah, dapat bergerak turun naik atau mendatar melengkung saat proses pernapasan

Nomor 6
Indikator Soal:
Disajikan gambar anatomi tubuh ikan, peserta didik dapat menentukan fungsi dari gelembung renang yang terdapat di dalam tubuh ikan.
Penjelasan:
Ikan memiliki gelembung udara tiada lain agar ikan dapat mengatur tubuhnya saat mengapung di dalam air sehingga dapat bebas bergerak. Dengan adanya gelembung udara, ikan dapat dengan mudah bergerak sesuai dengan kedalaman air.

Nomor 7
Indikator Soal:
Disajikan pernyataan tentang sistem respirasi, peserta didik dapat menentukan organ-organ yang termasuk ke dalam sistem pernapasan manusia.
Penjelasan:
Soal mirip dengan nomor 3 di atas. 

Nomor 8
Indikator Soal:
Disajikan gambar metamorphosis amphibi, Peserta didik dapat mengidentifikasi organ pernapasan pada berudu dan katak dewasa.
Penjelasan:
Dalam hal pernapasan, katak dan berudu memiliki perbedaan dalam alat pernapasan. Hal ini karena antara berudu dan katak memiliki perbedaan tempat hidup. Berudu sepenuhnya hidup di air, sedangkan katak tidak demikian. Secara keseluruhan, katak dapat bernapas dengan menggunakan insang, kulit, dan paru-paru.

Nomor 9
Indikator Soal:
Disajikan pernyataan tentang pengaruh asupan oksigen bagi tubuh, Peserta didik dapat menganalisis pernyataan yang tepat mengenai gangguan pada sistem pernapasan manusia.
Penjelasan:
Pelajari gangguan pernapasan seperti asma, emfisema, pneumonia, influenza, dan laringitis.
Asma merupakan penyakit pernapasan dimana saluran pernapasan mengalami penyempitan. Saluran pernapasan pada seseorang yang mengalami asma biasanya lebih sensitif daripada orang normal.
Emfisema merupakan penyakit pada pernapasan, dimana alveolus mengalami kerusakan. Alveolus pada penderita emfisema ini mengalami pecah sehingga terbentuklah satu kantong udara yang besar.
Pneumonia merupakan penyakit pernapasan berupa terjadinya infeksi pada alveolus. Hal ini menyebabkan terdapatnya cairan yang dapat menyebabkan kesulitan bernapas.
Influenza merupakan infeksi yang menyerang saluran pernapasan, disebabkan oleh virus Orthomyxovirus.
Laringitis merupakan peradangan pada alat pernapasan tepatnya laring. Ditandai dengan rasa nyeri pada tenggorokan, dan dapat mengalami perubahan suara menjadi serak.
.
Nomor 10
Indikator Soal:
Disajikan mengenai frekuensi pernapasan, peserta didik dapat menentukan faktor yang memengaruhi frekuensi pernapasan.
Penjelasan:
Silakan pelajari materinya DISINI

Nomor 11
Indikator Soal:
Disajikan gambar dan pernyataan mengenai salah satu organ pernapasan, peserta didik dapat menganalisis fungsi dari organ pernapasan yang dimaksud.
Penjelasan:
Untuk menjawab soal ini, pelajari bronkus.
Ciri-ciri bronkus diantaranya yaitu: merupakan percabangan dari trakea; terdiri atas dua cabang kanan dan kiri; membawa udara untuk pertukaran oksigen dan karbondioksida (keluar dan menuju paru-paru).

Nomor 12
Indikator Soal:
Disajikan pernyataan mengenai pertukaran oksigen dan karbondioksida, Peserta didik dapat mengidentifikasi cara-cara pengangkutan karbondioksida.
Penjelasan:
Untuk menjawab soal ini, silakan pelajari cara darah mengangkut karbondioksida. Pelajari DISINI

Nomor 13
Indikator Soal:
Disajikan pernyataan tentang gangguan pada sistem tubuh manusia, peserta didik dapat mengidentifikasi penyakit pada sistem pernapasan manusia.
Penjelasan:
Pernapasan dapat mengalami gangguan sehingga dapat mengalami sulit bernapas. Penyakit pernapasan yang dimaksud dalam soal ini adalah Adenoid, Polip, dan Hipoksia. 

Nomor 14
Indikator Soal:
Disajikan gambar dan pernyataan hasil rontgen paru-paru, peserta didik mampu menentukan jenis penyakit pada sistem pernapasan yang diakibatkan oleh infeksi.
Penjelasan:
Silakan pelajari beberapa penyakit pada sistem pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi diantaranya yaitu difteri, faringitis, dan pilek. Difteri disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium, faringitis disebabkan oleh bakteri maupun virus, sedangkan pilek disebabkan oleh infeksi virus.

Nomor 15
Indikator Soal:
Disajikan gambar proses pernapasan, peserta didik mampu menentukan pernyataan yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan gambar proses pernapasan.
Penjelasan:
Silakan pelajari mekanisme pernapasan dada. Lihat gambar dan penjelasannya DISINI

Nomor 16
Indikator Soal:
Disajikan pernyataan tentang pernapasan inspirasi, peserta didik mampu menentukan pernyataan yang tepat mengenai pernapasan inspirasi.
Penjelasan:
Soal ini mirip dengan soal nomor 15 di atas. Fokus pahami pada saat inspirasi. Silakan kalian pelajari juga DISINI

Nomor 17
Indikator Soal:
Disajikan informasi mengenai sistem pernapasan, Peserta didik dapat menganalisis pasangan yang tepat antara organ pernapasan dengan fungsinya.
Penjelasan:
Untuk menjawab soal ini, kalian harus paham fungsi organ pernapasan. Sebagai latihan kerjakan soal DISINI

Nomor 18
Indikator Soal:
Disajikan informasi mengenai kelompok hewan vertebrata dan invertebrata, peserta didik mampu menganalisis pasangan yang tepat antara kelompok hewan dengan organ pernapasannya.
Penjelasan:
Silakan kerjakan soal DISINI

Nomor 19
Indikator Soal:
Disajikan informasi mengenai seorang siswa yang mengalami komplikasi penyakit pernapasan, Peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat antara penyakit dengan pengertiannya.
Penjelasan:
Silakan kerjakan soal DISINI

Nomor 20
Indikator Soal:
Disajikan gambar pernapasan dada dan pernapasan perut, Peserta didik mampu menganalisis pasangan mekanisme pernapasan yang tepat.
Penjelasan:
Soal ini mirip dengan soal 15 dan 16 di atas. Silakan pahami mekanisme pernapasan dada dan perut. Pelajarinya DISINI

Nomor 21
Indikator Soal:
Disajikan pengertian dari bernapas, peserta didik dapat menentukan apakah pengertian tersebut benar atau salah.
Penjelasan:
-

Nomor 22
Indikator Soal:
Disajikan pengertian dari respirasi, Peserta didik dapat menentukan apakah pengertian tersebut benar atau salah.
Penjelasan:
Oksigen yang kita hirup digunakan untuk mengoksidasi makanan dengan tujuan menghasilkan energi. Dari proses ini akan dihasilkan karbondioksida dan dibuang ke luar tubuh melalui pernapasan (ekspirasi).
Dalam soal uraian, tugasnya menanyakan peran pernapasan dalam menjaga pasokan oksigen selama aktivitas fisik.  Jawabannya cari sendiri yaa😊

Nomor 23
Indikator Soal:
Disajikan informasi mengenai ciri dan fungsi katup epiglotis, peserta didik dapat menganalisis kebenaran dari informasi yang tersedia.
Penjelasan:
Untuk menjawab soal ini, silakan kalian fokus ke fungsi epiglotis. Fungsi epiglotis yang paling utama yaitu sebagai pengatur masuknya udara dan makanan yaitu dengan cara menutup batang tenggorokan pada saat makan, agar makanan tidak masuk ke saluran pernapasan.

MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH (SISTEM SIRKULASI)

Nomor 24
Indikator Soal:
Disajikan bagan proses pembekuan darah, peserta didik dapat menganalisis proses apa yang terjadi pada bagian yang dikosongkan.
Penjelasan:
Pelajari proses pembekuan darah pada saat terjadi luka. Lihat bagan di bawah ini.

bagan pembekuan darah

Nomor 25
Indikator Soal:
Disajikan pernyataan mengenai fungsi dari salah satu sel penyusun darah, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis sel penyusun darah yang dimaksud.
Penjelasan:
Untuk menjawab soal ini, pahami saja fungsi sel darah merah (eritrosit). Fungsi sel darah merah (eritrosit) yaitu untuk pengangkutan oksigen serta sari-sari makanan ke seluruh tubuh.

Nomor 26
Indikator Soal:
Disajikan gambar organ jantung, Peserta didik dapat menentukan fungsi dari salah satu ruang yang terdapat di jantung.
Penjelasan:
Ruang jantung terdiri dari Atrium (serambi) kanan dan kiri, serta Ventrikel (bilik) kanan dan kiri. Setiap ruang memiliki perannya masing-masing dalam proses pemompaan darah. Atrium kanan berperan menerima darah yang kaya karbondioksida dari seluruh tubuh, ventrikel kanan menerima darah dari atrium kanan dan memompanya ke paru-paru, atrium kiri berperan menerima darah kaya oksigen dari paru-paru, sedangkan ventrikel kiri menerima darah dari atriu kiri dan memompanya ke seluruh tubuh. Dalam soal ini, yang ditanyakan adalah peran atrium kanan.

Nomor 27
Indikator Soal:
Disajikan pernyataan tentang peredaran darah, peserta didik dapat menentukan urutan peredaran darah yang benar.
Penjelasan:
Silakan pelajari urutan peredaran darah mulai dari seluruh tubuh. Berikut merupakan urutan peredaran darah: seluruh tubuh -- serambi (atrium) kanan -- bilik (ventrikel) kanan -- paru-paru -- serambi (atrium) kiri -- bilik (ventrikel) kiri - seluruh tubuh.

Nomor 28
Indikator Soal:
Disajikan gambar dan pernyataan mengenai pembuluh darah, Peserta didik mampu menentukan ciri-ciri dari pembuluh arteri.
Penjelasan:
Untuk menjawab soal ini, kalian fokus ke ciri-ciri pembuluh darah arteri. Berikut adalah ciri-cirinya:
- dinding tebal dan elastis
- aliran darah meninggalkan jantung (atau dari jantung)
- jumlah katup hanya 1
- darah membawa oksigen (kecuali arteri pulmonalis)
- letaknya di dalam tubuh (tidak terlihat dari permukaan)
- tekanan darah kuat

Nomor 29
Indikator Soal:
Disajikan sebuah gambar penampang jantung, peserta didik mampu menentukan bagian yang benar dari jantung.
Penjelasan:
Silakan pelajari DISINI (pelajari terutama bagian vena cava superior, vena cava innferior, dan ruang jantungnya.)

Nomor 30
Indikator Soal:
Disajikan gambar dua preparat darah, peserta didik mampu menyimpulkan pernyataan yang tepat terkait dengan gambar yang tersedia.
Penjelasan:
Untuk lebih jelas, silakan pelajari DISINI

Nomor 31
Indikator Soal:
Disajikan pernyataan tentang katup semilunaris, peserta didik mampu menentukan letak katup semilunaris di jantung
Penjelasan:
Katup semilunaris terletak di antara ventrikel (bilik) dan pembuluh yang membawah darah keluar jantung.  Hal tersebut yakni bilik kiri dan aorta atau pembuluh darah besar.

Nomor 32
Indikator Soal:
Disajikan pernyataan tentang jantung, peserta didik dapat menganalisis peran struktur jantung beserta katup dalam mengatur aliran darah.
Penjelasan:
Macam-macam katup jantung, baca DISINI

Nomor 32
Indikator Soal:
Disajikan gambar sel darah putih, Peserta didik dapat menguraikan macam-macam sel darah putih.
Penjelasan:
Silakan pelajari DISINI

Nomor 33
Indikator Soal:
Disajikan macam-macam sel darah, Peserta didik dapat menganalisis perbedaan karakteristik dan fungsi dari setiap sel darah.
Penjelasan:
Silakan pelajari DISINI

Demikian kisi-kisi PSTS Biologi kelas XI ini, semoga membantu. Jika ada yang hendak didiskusikan, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar atau hubungi guru yang bersangkutan oke.

Post a Comment for "Kisi-kisi PSTS Biologi Kelas XI Semester Genap Beserta Penjelasannya"