Panduan Praktikum Uji Golongan Darah

Panduan Praktikum Uji Golongan Darah

banksoalbiologi.com
-  Setiap individu mempunyai satu dari empat golongan darah, yang ditentukan oleh penanda pada sel darah merah yang dinamakan dengan antigen (aglutinogen). Antigen tersebut dapat berupa A, B, keudanya (AB), atau bukan keduanya (O), dan golongan darah diberi nama sesuai antigen tersebut. Sedangkan dalam darah, plasma mengandung antibodi berbeda (isohemaglutinin). COntohnya, seseorang dengan golongan darah A memiliki plasma dengan antibodi B. Apabila digabung dengan yang bergolongan darah B (dengan antibodi A di plasmanya), antibodi A akan menggumpal atau beraglutinasi dengan antigen A. Hal ini merupakan alasan kenapa golongan darah harus sama jika akan melakukan transfusi darah dari donor ke penerima.

Gimana, sobat BSB uadah tahu belum golongan darahnya masing-masing? Jika belum, segera cek dong agar tahu darahnya bergolongan A, B, AB, atau O. Emang sepenting itukah ya tahu golongan darah kita?😦

Jawabnya tentu sangat penting, terutama dalam pemanfaatan transfusi darah. Apa itu transfusi darah? Singkatnya, transfusi darah itu merupakan proses mentransfer darah dari seseorang ke sistem peredaran darah orang lain. Tujuannya tiada lain yakni untuk membantu kehilangan darah dalam jumlah besar akibat dari trauma, operasi, atau tidak berfungsinya organ pembentuk sel darah merah. Tak hanya itu, transfusi juga dapat digunakan untuk mengobati anemia berat (kekurangan darah), trombositopenia (berkurangnya trombosit) yang disebabkan oleh penyakit darah, gangguan pembekuan darah atau hemofilia, dan kelainan darah sel sabit atau siklemia yang memerlukan transfusi darah lebih sering.

Terus, kalau kita ingin membantu orang lain apakah bisa langsung transfusi aja ya? Nah, di zaman modern seperti sekarang ini, kita bisa mentrasfusikan darah melalui program donor darah yang biasa diselenggarakan oleh palang merah. Jadi darah kita hasil donor akan disimpan dalam lemari es untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan memperlambat metabolisme sel. Nantinya, transfusi akan dilakukan 20-30 menit setelah darah dikeluarkan dari lemari tempat penyimpanan agar pasien (penerima darah) tidak menggigil. 

Lalu, bagaimana langkah-langkah uji golongan darah? Untuk uji golongan darah, kita perlu mempersiapkan alat dan bahan mulai dari serum anti-A, serum anti-B, serum anti-Ab, serum anti-D, alkohol 70%, kapas, blood lancet, pengaduk (tusuk gigi), kaca objek atau kartu golongan darah. Selengkapnya silakan download lembar kerjanya DISINI

Selamat praktik😉

Post a Comment for "Panduan Praktikum Uji Golongan Darah"