Widget HTML Atas

Jawaban dan Pembahasan Soal USBN Biologi Terbaru Tahun 2019 (2)

Jawaban dan Pembahasan Soal USBN Biologi Terbaru Tahun 2019 (2)
Berikut ini merupakan kunci dan pembahasan soal USBN Biologi SMA mulai dari nomor 18 s.d 35. Untuk melihat soal sebelumnya (nomor 1 sd 17) silakan klik DISINI.

Naskah soal nomor 18 s.d 35 silakan cek DISINI.

18. Berdasarkan diagram usus halus di soal, nama dan fungsinya yang benar adalah sebagai berikut.
a. nomor 1 = pembuluh limfa atau pembuluh kil, berfungsi untuk menyerap lemak yang dicerna.
b. nomor 2 = kapiler darah, berfungsi untuk menyerap glukosa.
c. nomor 3 = epitel, berfungsi untuk menghasilkan enzim.
d. nomor 4 = sel goblet, berfungsi untuk menghasilkan lendir.
Jawab: A

19. Berdasarkan siklus enstruasi pada soal, ditunjukkan bahwa perempuan tersebut menstruasi pada tanggal 2-6 dan tanggal 29-30. Hal ini menunjukkan bahwa perempuan tersebut memiliki siklus menstruasi selama 28 hari. Ovulasi terjadi pada tanggal 15 sehingga pembuahan akan terjadi jika sperma dilepaskan ke dalam vagina pada tanggal 11, 12, 13, atau 14. Hal ini dikarenakan sperma hanya dapat bertahan hidup di dalam saluran reproduksi perempuan hanya 3 atau 4 hari. Oleh karena itu, pembuahan tidak akan terjadi apabila sperma dilepaskan ke dalam vagina pada tanggal 8 karena kemungkinan besar sperma-sperma tersebut semuanya sudah mati.
Jawab: B

20. Hasil tes urine menunjukkan bahwa di dalam urinenya masih mengandung glukosa. Keberadaan glukosa di dalam urine tersebut menunjukkan adanya kelainan pada bagian tkp (tubulus kontortus proksimal) yang berperan sebagai tempat penyaringan kembali (reabsorpsi) zat-zat yang masih berguna, seperti glukosa dan asam amino.
Jawab: B

21. Pertumbuhan tanaman dipengaruhi oleh faktor dalam (internal) dan faktor luar (eksternal). Faktor dalam yang emengaruhi pertumbuhan tanaman yaitu gen dan hormn (zat tumbuh). Sedangkan faktor luar yang memengaruhi pertumbuhan tanaman yaitu suhu, cahaya, pH, dan kelembapan.
Jawab: B

22. Berdasarkan hasil percobaan diperoleh bahwa pertumbuhan yang paling cepat terdapat pada tanaman yang ditanam pada tanah humus karena banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tanaan untuk tumbuh. Nutrisi dihasilkan dari proses pembusukkan daun-daun oleh mikroorganisme pengurai.
Jawab: C

23. Perbedaan materi gentik DNA dan RNA diantaranya adalah sebagai berikut.
Struktur: DNA rantai ganda, sedangkan RNA rantai tunggal.
Basa nitrogen: DNA terdiri dari guanin, sitosin, dan timin. Sedangkan RNA adalah adenin, guanin, sitosin, dan urasil.
Gula pentosa: DNA yaitu deksiribosa dengakan RNA yaitu ribosa.
Jawab: E

24. Pada soal terdapat penyataan: enzim protease memecah protein menjadi asam amino. Artinya yakni gembok adalah enzim protease dan kunci adalah protein. Asam amino merupakan produk.
Jawab: C

25. Percobaan enzim katalase dilakukan menggunakan dua organ, yaitu hati dan jantung. Adapun parameter luar yang dilihat adalah pH dan suhu (temperatur). Beberapa hal yang dapat ditarik kesimpulan dari percobaan enzim katalase ini yaitu sebagai berikut.
Enzim katalase bekerja optimal pada kondisi netral dan suhu lingkungan (37°C).
Pada hati maupun jantung, kerja enzim katalase dipengaruhi oleh pH dan temperatur.
Enzim katalase lebih banyak ditemukan di hati daripada di jantung.
Jawab: D.

26. Katabolisme merupaka proses perombakan senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang terjadi di dalam sel dengan tujuan menghasilkan energi. Contoh katabolisme yaitu respirasi. Respirasi dibedakan menjadi respirasi aerob dan respirasi anaerob. Respirasi aerob dibagi menjadi empat tahap yaitu glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, siklus Krebs, dan transpor elektron.
Siklus Krebs berlangsung di sitoplasma
Dekarboksilasi oksidatif berlangsung di matriks mitokondria
Siklus Krebs berlangsung di matriks mitokondria
Transpor elektron berlangsung di krista mitokondria
Jawab: E.

27. Pada tahap dekarboksilasi oksidatif terjadi peristiwa pengubahan asam piruvat menjadi asetil KoA.
Jawab: B

28. Berdasarkan bagan siklus Calvin dalam soal, X menunjukkan tahap 1 yaitu fiksasi CO2. Y menunjukkan tahap 2 yaitu reduksi NADPH menjadi NADP+ + H+.
Jawab: A.

29. Diketahui:
P: BbKK >< Bbkk
G: BK, bK Bk, bk
F:
BBKk : bulat kuning
BbKk : bulat kuning
BbKk : bulat kuning
bbKk : kisut kuning
Rasio genotipe:
BBKk : BbKk : bbKk
1        :    2     : 1
Rasio fenotipe:
Bulat kuning : kisut kuning
3       : 1
Jawab: C

30. Diketahui: Genotipe AaBbCc
Terjadi pautan antara gen A-B dan a-b
Ditanyakan: kemungkinan macam gamnet yang dapat terbentuk?
Jawab:
Karena terjadi pautan antara gen A-B dan a-b maka kedua gen ini tidak dapat memisah secara bebas. Oleh karena itu, gamet yang terbentuk adalah ABC, Abc, abC, dan abc.
Jawab: D

31. Diketahui: golongan darah anak O (IoIo)
Ditanyakan: golongan darah yang tidak mungkin pada pasangan suami isteri?
Jawab:
Kemungkinan golongan darah yang tidak mungkin dimiliki oleh pasangan suami istri yang memiliki anak golongan darah O adalah suami golongan darah Ab dan istri golongan darah O, adalah sebagai berikut:
Suami golongan darah AB (IAIB) dan istri golongan darah O (IoIo)
P: IAIA (AB) >< IoIo (O)
G: IA, IB Io
F: IAIo (A) dan IBIo (B)
Jawab: D

32. Berdasarkan gambar dalam soal, terlihat kromosom mengalami pengurangan segmen kromosom sehingga mengalami mutasi. Peristiwa ini disebut delesi.
Jawab: D.

33. Pernyataan Lamarck ditunjukkan oleh pernyataan (1) dan (3). Pernyataan (2) dan (4) merupakan pernyataan yang sesuai unutk teori evolusi Darwin. Sedangkan pernyataan (5) merupakan pernyataan yang salah.
Jawab: B

34. Bioteknologi dibedakan menjadi dua, yaitu bioteknologi tradisional atau konvensional dan bioteknologi modern. Kedua bioteknologi ini dapat dibedakan berdasarkan proses pengerjaannya. Pada bioteknologi tradisional, pengerjaannya relatif mudah dan sederhana. Oleh karena itu, pada bioteknologi tradisional hanya dibutuhkan pengetahuan tentang dasar mikrobiologi, biokimia, dan fermentasi.
Jawab: C

35. Teknologi plasmid merupakan suatu teknologi untuk memanipulasi gen suatu organisme untuk memperoleh produk baru. Rekayasa genetika dilakukan dengan cara membuat DNA rekombinan melalui penyisipan gen dengan plasmid sebagai vektornya. Contoh produk bioteknologi yang dihasilkan menggunakan teknologi plasmid ialah pembuatan hormon insulin.

Untuk melihat contoh soal uraian USBN Biologi, cek di Contoh Soal Uraian USBN Biologi Tahun 2019

No comments for "Jawaban dan Pembahasan Soal USBN Biologi Terbaru Tahun 2019 (2)"