Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pembahasan Soal Pretest PPG Biologi SMA | Siap Menghadapi Pretest PPG 2022

Halo rekan guru Biologi di seluruh pelosok nusantara, pada postinga kali Saya akan mencoba mencoba membahas Soal Pretest PPG Biologi SMA Tahun 2019. Saya menulis ini, termotivasi dari kabar yang banyak beredar di dunia maya bahwa soal pretest PPG ini akan sama atau mirip dengan soal yang akan diujikan pada tes PPPK nanti. Terlepas dari benar atau tidaknya, tidak ada salahnya rekan-rekan guru Biologi yang sedang mempersiapkan tes untuk mempelajari ini.

Sebetulnya, postingan ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya Soal Pretest PPG Biologi SMA Tahun 2019 yang hanya soalnya saja. Nah, untuk kali ini InsyaAllah akan dibahas beserta pembahasannya.

Namun, sebelum mempelajari soal alangkah lebih baik memahami struktur soal PPPK yang akan diujikan di awal tahun 2021 nanti. Ada 5 jenis atau mata uji yang harus ditaklukkan oleh rekan-rekan para pejuang ASN. 
Pembahasan Soal Pretest PPG Biologi SMA


Baiklah berikut adalah Pembahasan Soal Pretest PPG Biologi Tahun 2019.

1. Macam atau Jenis RNA polimerase (RNA polimerase I, II, III)

Pembahasan:
RNA polimerase merupakan enzim yang membentuk RNA dari ribonukleosida trifosfat. RNA polimerase ini berbeda dengan DNA polimerase yakni RNA polimerase tidak memerlukan polinukleotida primer. RNA polimerase memiliki 3 jenis yaitu RNA polimerase I, II, dan III.
  • RNA polimerase I : Membuat RNA ribosom besar
  • RNA polimerase II : Mentraskrip gen struktural (intron dan ekson)
  • RNA polimerase III : Membuat RNA kecil seperti tRNA dan rRNA.

2. Tahap-tahap proses sintesis DNA (melibatkan DNA polimerase I, II, III)

Pembahasan:
Sama halnya dengan RNA polimerase, DNA polimerase juga merupakan sebuah enzim. Enzim ini memiliki fungsi mengatalis pemanjangan DNA baru (misalnya pada garpu replikasi) melalui penambahan nukleotida pada ujun 3' rantai yang telah ada. DNA polimerase memiliki beberapa jenis, umumnya DNA polimerase I, II, dan III. Namun pada organisme prokariot misalnya bakteri Escherichia coli bisa memiliki hingga V. Pada replikasi DNA prokariot, DNA polimerase III dan I memainkan peran yang sangat penting.

3. Perbedaan rangkaian proses fotosintesis pada tumbuhan C3, C4, dan CAM
Tumbuhan C3:
Pada umumnya, pengikatan karbon (fiksasi karbon) terjadi melalui rubisko, yakni enzim siklus Calvin yang menambahkan karbondioksida (CO2) ke ribulosa bifosfat. Tumbuhan semacam ini digolongkan kedalam tumbuhan C3 karena produk organik pertama dari fiksasi karbon merupakan senyawa berkarbon-tiga, 3-fosfogliserat. Contoh tumbuhan yang termasuk tumbuhan C3 yaitu padi, gandum, dan kedelai. Stomata pada tumbuhan-tumbuhan ini menutup sebagian di siang hari yang panas dan kering, sehingga menghasilkan gula lebih sedikit gula karena adanya penurunan kadar CO2 dalam daun menghambat siklus Calvin. Disamping itu pula, rubisko dapat mengikat O2 sebagai ganti CO2. Saat CO2 semakin sedikit terdapat dalam rongga-rongga udara daun, rubisko menambahkan O2 ke siklus Calvin, bukan CO2. Produk terurai, dan senyawa berkarbon 2 akan meninggalkan kloroplas.

Tumbuhan C4:
Tumbuhan C4 dinamakan demikian karena memulai siklus Calvin dengan mode alternatif fiksasi karbon (pengikatan karbon) membentuk senyawa berkarbon-empat (produk pertamanya). Contoh tumbuhan yang tergolong C4 yaitu tebu, jagung, dan kelompok rumput-rumputan. Pada tumbuhan C4 ini terdapat dua tipe sel fotosintetik yakni sel seludang berkas pembuluh dan sel mesofil. Siklus Calvin hanya terjadi di kloroplas sel seludang berkas pembuluh. Namun, siklus tersebut didahului oleh penggabungan CO2 ke dalam senyawa organik di dalam sel mesofil. Tahapannya adalah sebagai berikut: (1) Dalam sel mesofil, enzim PEP karboksilase menambahkan CO2 ke PEP. (2) Senyawa berkarbon empat menghantarkan atom karbondioksida ke dalam sel seludang berkas pembuluh melalui celah plasmodesma. (3) Di dalam sel seludang berkas, karbondioksida dilepaskan dan memasuiki siklus Calvin. 

Tumbuhan CAM:

4. Ciri-ciri tumbuhan C3, C4, dan CAM

*Postingan ini masih dalam proses*

Untuk melihat soal-soal lengkap silakan cek di postingan sebelumnya Soal Pretest PPG Biologi.
Terimakasi, semoga membantu.

Post a Comment for "Pembahasan Soal Pretest PPG Biologi SMA | Siap Menghadapi Pretest PPG 2022"