Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Menentukan Persilangan Golongan Darah

Cara Mudah Menentukan Persilangan Golongan Darah
Gambar dari Pixabay

Siapa yang tak mengenal Golongan Darah? Pasti semua orang tahu. Ya, jelas golongan darah ini memang dimiliki oleh setiap orang. Golongan darah yang biasa kenal ada empat jenis, yaitu A, B, AB, dan O. Sebetulnya ada sistem penggolongan darah lain selain sistem ABO, namun yang paling sering digunakan dan dikenal oleh banyak orang yaitu sistem ABO. Golongan darah ini dibedakan berdasarkan kandungan Aglutinogen dan Aglutinin dalam darahnya. Karena perbedaan inilah, munculah empat jenis golongan darah. 

Pada postingan kali ini, kita tidak akan membahas bagaimana kandungan aglutinogen atau antigen dan aglutinin atau antibodi pada darah beserta transfusinya, namun kita akan fokus kepada bagaimana kemungkinan golongan darah keturunan dari perkawinan orangtuanya. Misalnya ada dua orang menikah yang memiliki golongan darah A dengan O. Nah, bagaimana kemungkinan golongan darah anak-anaknya? Seberapa besar kemungkinan anak-anaknya nanti bergolongan darah A dan O?  Atau mungkinkah muncul golongan darah lain, misalnya B atau AB? Nah, sekarang kita akan membahas semuanya disini. Baca postingannya sampai selesai ya.

Keempat golongan darah seperti yang disebutkan di atas, semuanya ditentukan oleh pasangan alel atau alel ganda IA, IB, IO atau i. 

Golongan darah A memiliki genotipe  IAIA atau IAI

Golongan darah B memiliki genotipe IBIB atau IBI

Golongan darah AB memiliki genotipe IAI

Golongan darah O memiliki genotipe IOIO atau ii

Sebelum kita memahami kemungkinan keturunannya dalam persilangan, kita harus memahami dulu genotipe dari masing-masing golongan darah. Untuk lebih memahaminya, yuk kita simak contoh dari persilangan di bawah ini.

Contoh

Seorang perempuan memiliki golongan darah AB menikah dengan seseorang yang bergolongan darah O. Tentukan bagaimana kemungkinan golongan darah anak-anaknya dari perkawinan tersebut.

Genotipe AB adalah  IAI berarti gametnya IA dan IB

Genotipe O adalah  IOIberarti gametnya IO

Untuk menyilangkannya, dapat menggunakan diagram Punnet berikut.

IO
IA IAIO
IB IBIO

Hasil dari persilangan tersebut adalah:
IAIO = A
IBIO = B

Sebagai bahan latihan, silakan kerjakan soal berikut.
Seorang laki-laki memiliki golongan darah A, menikah dengan seseorang yang memiliki golongan darah AB. Tentukan kemungkinan golongan darah anak-anaknya.

Demikian, pembahasan mengenai Cara Mudah Menentukan Persilangan Golongan Darah ini, semoga membantu. Jika ada yang ingin didiskusikan, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar.

Post a Comment for "Cara Mudah Menentukan Persilangan Golongan Darah"