Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Soal Biologi Tentang Jaringan Tumbuhan Lengkap Dengan Pembahasan, Materi Kelas XI

Berikut adalah soal Biologi materi tentang jaringan tumbuhan lengkap dengan pembahasannya. Selamat belajar, semoga bermanfaat.

Soal Biologi Tentang Jaringan Tumbuhan Lengkap Dengan Pembahasan, Materi Kelas XI

1. Jaringan penyokong dimana sel-selnya terdiri dari sel hidup dan berdinding tebal, tersusun atas selulosa untuk mengokohkan batang muda. Jaringan yang dimaksud adalah ...

a. epidermis

b. kolenkim 

c. sklerenkim 

d. parenkim

e. meristem 

Jawaban: B

Pembahasan:

Jaringan pada tumbuhan dibedakan menjadi jaringan meristem dan jaringan dewasa atau permanen berdasarkan kemampuan membelahnya. 

  • Jaringan epidermis merupakan jaringan yang memiliki peran sebagai pelindung bagian dalam tumbuhan karena menutupi seluruh permukaan tubuh tumbuhan.
  • Jaringan kolenkim merupakan jaringan penyokong yang terdiri dari sel-sel hidup dan berdinding tebal dan tersusun atas selulosa untuk mengokohkan batang muda.
  • Jaringan sklerenkim merupakan jaringan penyokong yang berdinding tebal dan tersusun atas lignin untuk mengokohkan batang yang sudah dewasa atau tua.
  • Jaringan parenkim merupakan jaringan dasar, tersusun atas sel-sel yang hidup dan mempunyai kemampuan membelah diri untuk melakukan regenerasi.
  • Jaringan meristem disebut juga jaringan embrionik karena tersusun atas sekelompok sel yang tetap mengalami kemampuan untuk membelah diri.

2. Perhatikan macam-macam jaringan pada tumbuhan berikut ini.

(1) epidermis 

(2) kolenkim

(3) kambium

(4) meristem

(5) sklerenkim 

Diantara jaringan-jaringan tersebut yang setiap saat sel-selnya dapat membelah untuk menunjang pertumbuhan adalah ...

a. 1 dan 2

b. 2 dan 3

c. 3 dan 4

d. 4 dan 5

e. 5 dan 1

Jawaban: C
Pembahasan: 

Jaringan yang setiap saat sel-selnya dapat membelah dinamakan jaringan embrional atau biasa disebut juga jaringan meristem. Jaringan meristem tersebut dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan asal usul terbentuk dan juga letaknya pada tumbuhan. Kambium termasuk kedalam golongan jaringan meristem, yakni jaringan meristem sekunder. Sedangkan selain jaringan meristem, maka digolongkan kedalam jaringan permanen atau jaringan dewasa. Jaringan permanen diantaranya epidermis sebagai jaringan pelindung, jaringan penyokong yaitu kolenkim dan sklerenkim, jaringan parenkim, jaringan pengangkut, dsb.


3. Perhatikan gambar di bawah ini!

Soal Biologi Tentang Jaringan Tumbuhan Lengkap Dengan Pembahasan, Materi Kelas XI
Jaringan yang ditunjuk oleh X pada gambar di atas berfungsi untuk ...
a. menguatkan tumbuhan
b. melindungi bagian dalam
c. menyimpan cadangan makanan
d. tempat berlangsungnya proses fotosintesis
e. tempat berlangsungnya pertukaran gas

Jawaban: D
Pembahasan: 
Jaringan yang ditunjuk oleh furuf X pada gambar merupakan jaringan tiang (jaringan palisade). Jaringan palisade ini banyak mengandung klorofil sehingga berperan sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis. 

4. Suatu jaringan pada tumbuhan mempunyai sifat-sifat: merupakan jaringan dasar yang terdiri atas sel-sel hidup, mempunyai struktur morfologi yang bervariasi, masih dapat membelah, dan berfungsi dalam pembentukan tunas. Jaringan yang dimaksud adalah ...
a. epidermis
b. xilem 
c. kolenkim 
d. parenkim 
e. sklerenkim

Jawaban: D
Pembahasan:
Jaringan dasar merupakan istilah lain dari jaringan parenkim, alasannya karena dapat ditemukan hampir di setiap bagian tumbuhan. Jaringan parenkim mempunyai kemampuan untuk melakukan pembelahan hingga dewasa, bertujuan untuk melakukan regenerasi. Jaringan parenkim ini jika dilihat dari bentuknya maka dibedakan menjadi parenkim palisade, parenkim bunga karang, parenkim bintang, dan parenkim lipatan. 

5. Perhatikanlah pernyataan berikut ini yang merupakan ciri-ciri jaringan.
(1) sel-sel mengalami penebalan sekunder dengan lignin.
(2) berfungsi sebagai pelindung, dilengkapi dengan lapisan lilin.
(3) bentuknya memanjang tegak dan banyak mengandung klorofil
(4) sel-sel jaringan muda selalu membelah atau bersifat embrional
(5) dapat mengalami modifikasi menjadi stomata dan rambut di beberapa tempat
Ciri-ciri jaringan epidermis tumbuhan adalah ...
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 2 dan 5
d. 3 dan 4
e. 4 dan 5

Jawaban: C
Pembahasan: 
Fungsi utama dari jaringan epidermis pada tumbuhan adalah sebagai pelindung karena menutupi seluruh permukaan tubuh tumbuhan. Karena berada paling luar, epidermis dilengkapi juga oleh sebuah lapisan yakni lapisan lilin atau kutikula. Sel-sel penyusun jaringan epidermis dapat mengalami modifikasi bentuk dan fungsi tertentu, misalnya modifikasi menjadi stomata, lentisel, trikoma, sel kipas, dan sel gabus. 


Post a Comment for "Soal Biologi Tentang Jaringan Tumbuhan Lengkap Dengan Pembahasan, Materi Kelas XI"