Kisi-kisi Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap Mata Pelajaran Biologi Kelas XI

Kisi-kisi Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap Mata Pelajaran Biologi Kelas XI

Adik-adik kelas XI, tak terasa kita sudah menginjak perengahan semester genap pada tahun pelajaran 2022/2023. Dengan demikian, pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) akan segera dilaksanakan. Demi hasil yang maksimal, sebelum dimulainya ujian maka pelajari dan pahami kisi-kisi PTS Mapel Biologi. Jadikan kisi-kisi ini sebagai panduan, semoga berhasil.


Materi Sistem Pernapasan
NO INDIKATOR SOAL PENJELASAN
1. Disajikan gambar alat pernapasan manusia, peserta didik mampu menunjukkan nama alat pernapasan beserta fungsinya.  Pelajari nama-nama alat pernapasan pada manusia mulai dari hidung, faring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan alveolus.
2. Disajikan gambar alat pernapasan manusia, peserta didik mampu menjelaskan alveolus beserta fungsinya. Pelajari letak alveolus pada paru-paru, juga fungsinya.
3. Disajikan data volume udara pernapasan seseorang, peserta didik mampu menghitung volume respirasi per menit. Pelajari cara menghitung volume respirasi per menit. Lihat soal-soal latihan yang pernah dikerjakan.
4. Disajikan data volume udara pernapasa, peserta didik mampu menentukan kapasitas vital paru-paru. Pelajari bagaimana cara menghitung volume kapasitas vital paru-paru. Lihat rumus dan contoh soal yang pernah dikerjakan.
5. Disajikan gambar mekanisme pernapasan dada, peserta didik mampu menjelaskan keadaan yang terjadi pada saat ekspirasi. Pelajari mekanisme pernapasan dada pada saat ekspirasi. Pahami keadaan otot antartulang rusuk, tekanan udara, hingga udara keluar dari paru-paru.
6. Disajikan 5 pernyataan tentang mekanisme pernapasan, peserta didik mampu menjelaskan yang termasuk pernapasan dada Pelajari mekanisme pernapasan dada, lihat kembali contoh soal yang pernah dikerjakan.
7. Disajikan gambar mekanisme pernapasan dada, peserta didik mampu menjelaskan keadaan yang terjadi pada saat inspirasi. Pelajari mekanisme pernapasan dada pada saat inspirasi. Pahami keadaan otot antartulang rusuk, tekanan udara, hingga udara masuk kedalam paru-paru.
8. Disajikan reaksi kimia pelepasan oksigen yang terjadi di dalam tubuh pada saat pernapasan, peserta didik mampu menjelaskan reaksi kimia yang dimaksud. Pelajari maksud reaksi pelepasan oksigen oleh Hemoglobin di dalam jaringan tubuh. Lihat kembali contoh soal yang pernah dikerjakan.
9. Disajikan reaksi kimia pengikatan karbondioksida oleh Hemoglobin, peserta didik mampu menjelaskan reaksi kimia yang dimaksud. Pelajari reaksi pengikatan karbondioksida oleh Hemoglobin yang terjadi di jaringan tubuh. Lihat kembali contoh soal yang pernah dikerjakan.
10. Disajikan pernyataan tentang kabut asap hasil pembakaran, peserta didik mampu menjelaskan pengaruh kabut asap terhadap pernapasan. Pelajari alasan mengapa kabut asap dapat menyebabkan sesak napas. 
11. Disajikan pernyataan tentang Coronavirus, peserta didik mampu menjelaskan aktivitas yang dapat menyebabkan meningkatnya penyebaran Coronavirus antar sesama manusia. Pelajari aktivitas yang dapat menyebabkan penyebaran virus Corona.
12. Disajikan artikel mengenai gangguan yang terjadi pada sistem pernapasan, peserta didik mampu menyebutkan ciri-ciri penyakit Dispnea. Pelajari pengertian dan ciri-ciri gangguan penyakit dispnea.
13. Disajikan pernyataan mengenai teknologi pada sistem pernapasan, peserta didik mampu menjelaskan jenis teknologi yang dimaksud. Pelajari jenis teknologi pada sistem pernapasan, seperi terapi oksigen, terapi oksigen hiperbarik, trakeostomi, dan pernapasan buatan metode Silvester. Lihat kembali contoh soal yang pernah dikerjakan
14. Disajikan data mengenai gangguan pada sistem pernapasan, peserta didik mampu menjelaskan jenis gangguan yang dimaksud Pelajari ciri gangguan emfisema, pneumonia, TBC, dan bronkitis.
15. Disajikan suatu rangkaian percobaan pernapasan pada serangga, peserta didik mampu menjelaskan cara kerja dari percobaan tersebut.  Pelajari tujuan percobaan, fungsi KOH, fungsi eosin, serta faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan pernapasan. (*)
16. Disajikan tentang pernyataan tentang rokok, peserta didik mampu menyebutkan senyawa berbahaya pada sebatang rokok. Pelajari senyawa kimia berbahaya yang terdapat pada rokok dan pengaruh nikotin terhadap sistem peredaran darah di jantung. (*)

Untuk melihat contoh soal tentang Sistem Pernapasan, silakan klik link di bawah ini:


Materi Sistem Ekskresi
NO INDIKATOR SOAL PENJELASAN
1. Disajikan pernyataan mengenai urea dalam tubuh sebagai bagian dari ekskresi, peserta didik mempu menjelaskan urutan pemecahannya hingga dibuang ke luar tubuh bersama urine.Dalam tubuh manusia pembentukan urea terjadi sebagai produk akhir dari metabolisme protein yang menghasilkan urea. Urea kemudian mengalami filtrasi di ginjal dan akan disimpan sementara di kandung kemih lalu dibuang ke luar bersama urine.
2. Disajikan gambar organ kulit, peserta didik mampu menjelaskan fungsinya sebagai sistem ekskresi Pelajari fungsi kulit sebagai sistem ekskresi
3. Disajikan gambar organ paru-paru, peserta didik mampu menjelaskan alasannya sebagai organ ekskresi Paru-paru mengeluarkan karbondioksida dan air sebagai hasil dari proses pernapasan yang tidak digunakan lagi.
4. Disajikan pernyataan tentang jumlah urine yang dihasilkan setiap hari, peserta didik mampu menjelaskan tahap reabsorpsi Pelajari tahap reabsorpsi air dalam proses pembentukan urine. 
5. Disajikan pernyataan mengenai elektrolit, peserta didik mampu menjelaskan fungsi elektrolit dan hubungannya dengan ekskresi Pelajari manfaat minuman elektrolit bagi tubuh (hubungkan dengan pengeluaran keringat)
6. Disajikan gambar nefron ginjal, peserta didik mampu menunjukkan tempat terjadinya tahap filtrasi Pelajari gambar nefron, tempat terjadi tahap filtrasi dan prosesnya.
7. Disajikan tabel pembentukan urine, peserta didik mampu menghubungkan tahap, hasil, dan tempat pembentukan urine. Pelajari tahap-tahap pembentukan urine (filtrasi, reabsorpsi, dan augmentasi)
8. Disajikan data hasil pemeriksaan urine, peserta didik mampu menyimpulkan jenis penyakit/gangguan yang dimaksud Pelajari jenis penyakit albuminuria, diebetes melitus, nefritis.
9. Disajikan data hasil pemeriksaan urine, peserta didik mampu menjelaskan penyakit yang dimaksud Pelajari jenis penyakit albuminuria. Serta tempat kerusakannya pada nefron ginjal.
10. Disajikan pernyataan-pernyataan mengenai gangguan penyakit pada ginjal, peserta didik mampu menyebutkan penyakit nefritis. Pelajari ciri-ciri penyakit nefritis.
11. Disajikan gambar hati, peserta didik mampu menjelaskan proses pemecahan sel darah merah (eritrosit) Pelajari gambar kantong empedu pada hati dan proses pemecahan sel darah merah
12. Disajikan skema/bagan pemecahan sel darah merah, peserta didik mampu menjelaskan bagan tersebut Pelajari tahap pemecahan sel darah merah, terutama pemecahan hemin
13. Disajikan gambar hemodialisis / cuci darah, peserta didik mampu menjelaskan proses yang terjadi Pelajari konsep dialisis pada proses cuci darah
14. Disajikan gambar transplantasi ginjal, peserta didik mampu menjelaskan proses dan tahapannya Pelajari gambar transplantasi (cangkok) ginjal
15. Peserta didik mampu menjelaskan proses pemecahan sel darah merah sebagai bagian dari sistem ekskresi Pahami bagan proses pemecahan sel darah merah (*)
16. Disajikan artikel mengenai batu ginjal, peserta didik mampu menjelaskan beberapa hal yang dapat memicu munculnya batu ginjal Pelajari beberapa hal/aktivitas yang dapat memunculkan batu ginjal.

Untuk melihat contoh soal tentang Sistem Ekskresi, silakan klik link di bawah ini:

Materi Sistem Saraf
NO INDIKATOR SOAL PENJELASAN
1. Disajikan gambar neuron, peserta didik mampu menunjukkan bagian-bagian neuron Pelajari bagian akson, dendrit, dan badan sel
2. Disajikan gambar neuron, peserta didik mampu menjelaskan fungsi bagian akson Pelajari fungsi akson
3. Disajikan gambar neuron (sel saraf) dan sel pendukung (neuroglia), peserta didik mampu menunjukkan bagian-bagiannya Pelajari bagian sel saraf (dendrit, akson, badan sel) dan sel neuroglia (glial). 
Lihat kembali gambar yang pernah di-share.
4. Disajikan pernyataan mengenai gerak yang dipengaruhi sistem saraf, peserta didik mampu menyebutkan jalur gerak yang dipengaruhi oleh sistem saraf disadari Ingat, gerak disadari sistem saraf pusatnya yaitu otak. 
5. Disajikan gambar otak, peserta didik mampu menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk. Pelajari fungsi lobus pada otak, seperti lobus oksipital, lobus temporal.
6. Disajikan gambar seseorang yang sedang berolahraga, peserta didik mampu menyebutkan jalur gerak yang dipengaruhi oleh sistem saraf disadari Ingat, gerak disadari sistem saraf pusatnya yaitu otak. 
7. Disajikan gambar neuron (sel saraf), peserta didik mampu menyebutkan keadaan serabut saraf berdasarkan muatannya. Pelajari keadaan muatan didalam dan diluar neuron. Pahami perbedaan polarisasi dan depolarisasi.
8. Disajikan pernyataan mengenai gerak yang dipengaruhi sistem saraf, peserta didik mampu menyebutkan jalur gerak yang dipengaruhi oleh sistem saraf tidak disadari (refleks) Ingat, gerak refleks dipengaruhi oleh sumsum tulang belakang sebagai pusat sarafnya.
9. Disajikan pernyataan mengenai jenis-jenis neuron, peserta didik mampu menyebutkan fungsinya. Pelajari fungsi neuron sensorik dan neuron motorik
10. Disajikan gambar lengkung refleks, peserta didik mampu menunjukkan bagian yang ditunjuk beserta fungsinya Pelajari gambar lengkung refleks yang pernah di-share. Pahami tanda neuron sensoris dan motoris, juga fungsinya.
11. Disajikan tanda atau ciri-ciri gangguan pada sistem saraf, peserta didik mampu menyebutkan jenis gangguan yang terjadi. Pelajari gangguan saraf seperti Alzheimer, ensefalis, meningitis, neuritis, dan gegar otak.
12. Disajikan pernyataan tentang dampak buruk penyalahgunaan NAPZA, peserta didik mampu menyebutkan gangguan fisioneurologic. Pelajari dampak NAPZA terhadap fisioneurologic atau gangguan fisik.
13. Peserta didik mampu menyebutkan pengaruh NAPZA terhadap sistem saraf Cari di internet, pengaruh NAPZA terhadap sistem saraf (neuron). (*)



Untuk melihat contoh soal tentang Sistem Ekskresi, silakan klik link di bawah ini:

Catatan: 
Penjelasan indikator soal yang bertanda (*) merupakan soal uraian.

Demikian, kisi-kisi Penilaian Tengah Semester (PTS) Biologi, semoga sukses.

Post a Comment for "Kisi-kisi Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap Mata Pelajaran Biologi Kelas XI"